Tidak Percaya Diri? Ini Cara Menghilangkan Mata Sembab

13 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Beraktivitas dengan kondisi mata yang sembab, tentunya membuat rasa percaya diri berkurang. Oleh karena itu, mata sembab ini perlu segera dihilangkan agar Sobat Pintar bisa beraktivitas dengan percaya diri kembali. Lantas bagaimana cara menghilangkan mata sembab? 

Cara Menghilangkan Mata Sembab

Tidak perlu khawatir, karena di dalam artikel kali ini akan dijelaskan dengan detail cara menghilangkan mata sembab yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah. Cara-cara yang akan dijelaskan berikut hanya menggunakan bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan, jadi Sobat Pintar tentu bisa melakukannya di rumah. 

Baca Juga: Pengertian, Penyebab, dan Ciri Demam Berdarah

Mengenal Penyebab Mata Sembab

Cara Menghilangkan Mata Sembab

Sebelum Sobat Pintar mengetahui apa saja cara menghilangkan mata sembab, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengapa mata bisa sembab. Salah satu penyebab paling umum mata sembab yaitu karena menangis yang terlalu lama. Namun tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa hal lain yang menyebabkan mata menjadi sembab.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab mata sembab selain karena menangis. 

  • Posisi tidur yang salah

Penyebab mata sembab yang pertama yaitu karena posisi tidur yang salah. Beberapa posisi tidur yang sebaiknya Sobat Pintar hindari yaitu  posisi menyamping ataupun tengkurap. Kedua posisinya akan membuat cairan berkumpul di bawah mata sehingga mata akan menjadi sembab. 

  • Kurang tidur

Selain posisi tidur yang salah, mata sembab juga dapat disebabkan oleh waktu tidur yang kurang. Pasalnya, saat Sobat Pintar kurang tidur, maka akan membuat kulit menjadi kusam dan pucat. Kondisi ini akan membuat jaringan pembuluh darah di bawa mata menjadi gelap dan terlihat jelas. 

  • Alergi 

Penyebab mata sembab yang terakhir yaitu karena alergi. Beberapa zat alergen yang bisa menyebabkan mata sembab yaitu bulu hewan, debu, serbu tanaman hingga asap.  Oleh karena itu, sebisa mungkin  hindari berbagai zat penyebab mata sembab tersebut. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Cara Menghilangkan mata Sembab

Cara Menghilangkan Mata Sembab

Lantas bagaimana cara menghilangkan mata sembab tersebut? Tidak perlu berlama-lama lagi, mari simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk menghilangkan mata sembab dengan mudah. 

  1. Kompres menggunakan air dingin

Cara yang bisa Sobat Pintar lakukan pertama untuk menghilangkan mata sembab yaitu dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Kompres dingin ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi disekitar mata. Oleh karena itu Sobat Pintar perlu mencoba cara yang satu ini. 

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan kain lembut ataupun tisu serta beberapa potong es batu. Setelah itu, masukkan es batu ke dalam mangkuk yang berisikan air. Saat air dalam mangkuk tersebut mulai dingin, celupkan kain lembut ataupun tisu ke dalamnya. 

Saat lembut ataupun tisu yang telah basah dengan air dingin, maka tempelkan ke bagian mata yang sembab. Sebaiknya Mulai dari sudut bagian mata lalu ke arah sudut bagian luar. Saat menempelkan kain atau tisu yang basah tersebut, beri sedikit tekanan  ringan kurang lebih selama 5 menit. 

  1. Kompres menggunakan irisan mentimun

Salah satu cara yang cukup populer untuk menghilangkan mata sembab yaitu dengan mengompres mata menggunakan irisan mentimun. Hal ini karena mentimun memberikan sensasi dingin yang mampu mengencangkan pembuluh darah sehingga sehingga mampu meredakan pembengkakan yang terjadi. Tidak hanya itu, mentimun juga mampu membuat kulit menjadi cerah karena memiliki enzim catecholase. 

Cara melakukannya yaitu siapkan mentimun segar yang hendak digunakan. Setelah itu, potong mentimun tersebut menjadi beberapa iris. Gunakan irisan timun tersebut untuk menutup kelopak mata Sobat Pintar kurang lebih selama 10 hingga 15 menit. 

Namun perlu diperhatikan, saat hendak menggunakan irisan timun ini pastikan posisi Sobat Pintar sedang berbaring. Akan  tetapi, posisi berbaring Sobat Pintar harus dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi agar pembengkakan yang terjadi lebih cepat berkurang. 

  1. Kompres menggunakan kantong teh

Apabila sobat pintar memiliki kantong teh bekas, sebaiknya jangan langsung dibuang. Pasalnya, kantong teh yang telah Sobat Pintar gunakan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sembab pada mata. Hal ini karena, kantong teh celup dapat membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga pembengkakan pada mata dapat berkurang. 

Cara menggunakannya yaitu celupkan kantong teh ke dalam air lalu masukkan ke lemari pendingin selama 15 menit. Jika tidak ada lemari pendingin, Sobat Pintar bisa mencelupkan kantong teh ke dalam air dingin selama 10 menit. Saat kantong teh telah dingin, maka tempelkan pada area mata yang sembab selama 30 menit. 

  1. Kompres menggunakan sendok

Tahukah Sobat Pintar, ada cara menghilangkan mata sembab yang cukup unik yaitu menggunakan sendok. Walaupun terdengar unik, namun cara yang satu ini dinilai cukup efektif menghilangkan pembengkakan di mata seperti mata sembab karena mampu mengurangi tekanan sinus. 

Jika Sobat Pintar hendak menggunakan cara yang satu ini, terlebih dahulu masukkan sendok bersih ke dalam freezer selama 10 hingga 20 menit. Jika sendok yang Sobat Pintar masukkan telah terasa dingin, berarti sudah siap untuk digunakan. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami, Dijamin Ampuh

Cara menggunakannya yaitu dengan menekan sendok tersebut dengan lembut ke area bawah mata. Mulailah menekannya dari bagian dalam mata hingga ke arah luar mata serta lakukan secara bergantian. Untuk memaksimalkan hasilnya, pijatlah batang hidung dengan lembut. 

  1. Pijat area mata dengan lembut

Cara menghilangkan mata sembab yang bisa Sobat Pintar lakukan terakhir yaitu dengan memijat lembut area mata. Tujuan dari memijat area mata ini yaitu untuk membuat alirah darah di sekitar mata meningkat. Dengan begitu, cairan yang terkumpul sekitar mata akan berkurang sehingga pembengkakan akan mereda. 

Cara memijat area mata yang benar yaitu dengan menekan beberapa titik di alis. Setelah itu, urut dari sudut dalam hingga ke bagian luar mata. Selain itu, tekan  juga area sinus dengan jari telunjuk dan tengah Sobat Pintar, lalu gerakkan dari kedua sisi ke arah luar. 

Cukup lakukan cara ini selama 3 menit di setiap sesinya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Sobat Pintar bisa melakukan cara yang satu ini sesering mungkin. 

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai cara menghilangkan mata sembab yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah. Jika Sobat Pintar merasakan gejala lainnya seperti mata menjadi kabur, atau nyeri di mata, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi hal yang buruk.

Artikel mengenai cara menghilangkan mata sembab ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download