Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami, Dijamin Ampuh

28 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Cara menghilangkan bisul tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan dengan cara alami. Benjol merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan benjolan merah pada kulit, berisi nanah dan menimbulkan rasa nyeri.

 Biasanya, bisul seringkali timbul di area wajah, pantat, punggung, ketiak dan tengkuk serta menimbulkan bekas. 

IMG_256

Mengutip dari Mayo Clinic, sebagian besar bisul disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang dapat ditemukan di area kulit serta bagian dalam hidung. Benjolan bisul pun akan terbentuk karena ada tumpukkan nanah di bagian bawah kulit.

Ketika seseorang mengalami bisul secara berkali-kali atau dalam jumlah besar, ada kemungkinan terdapat sebuah penyakit yang menjadi penyebab infeksi. Salah satunya adalah penyakit diabetes mellitus.

Ketika Anda mengalami bisul, jangan dulu diobati menggunakan obat berbahan kimia. Sebab, masih banyak cara menghilangkan bisul secara alami menggunakan bahan-bahan herbal tanpa efek samping.

Baca juga: Inilah Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

5+ Cara Menghilangkan Bisul dan Bekasnya Secara Alami

IMG_256

Ketika daya tahan tubuh sedang rendah, misalnya flu, bisul dapat menjadi pemicu komplikasi berbahaya. Salah satunya keracunan darah (sepsis) akibat adanya perbanyakan bakteri dalam darah. Jika Anda berada pada posisi itu, sebaiknya segera berobat ke dokter saja.

Sementara untuk orang sehat, bisul hanya menjadi suatu infeksi yang dapat merepotkan saja, sebab sifatnya menular, namun tidak berbahaya.

Apabila Anda mengalami penyakit bisul, bisa ikuti beberapa cara menghilangkan bisul secara alami di rumah, baik itu bisul pada wajah, pantat, maupun bekas bisul itu sendiri.

1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Mengutip dari WebMD, kompres menggunakan air hangat bisa mengurangi rasa sakit serta membantu menarik nanah agar ke permukaan atau keluar dari kulit. Setelah mendapatkan kompresan dari air hangat, bisul dapat pecah dengan sendirinya. 

Biasanya, hal ini terjadi setelah 10 hari sejak kemunculannya. Untuk membuat kompresan air hangat ini, Anda bisa merendam kain cuci dalam air hangat, lalu diremas.

Ketika bisul mulai mengering, jangan lupa untuk mencucinya dengan sabun antibakteri hingga semua nanah hilang. Setelah itu, bersihkan menggunakan alkohol agar mengurangi resiko infeksi serta mempercepat pemulihan.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk semua bisul yang ada di bagian wajah, pantat, tengkuk dan lainnya.

2. Menggunakan Minyak Pohon Teh

cara menghilangkan bisul berikutnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan minyak pohon teh alias Tea Tree Oil. Sebab, minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang bisa membantu mengobati infeksi akibat bakteri penyebab bisul. 

Namun, minyak pohon teh tidak boleh Anda oleskan langsung pada kulit. Sebab, minyak ini memiliki efek terbakar yang akan membuat kulit Anda menjadi sakit dan melepuh.

Jadi, cobalah untuk mencampurkan sekitar lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh kepala maupun minyak zaitun. 

Setelah itu, masukkan minyak pohon teh yang telah diencerkan pada kapas bersih. Lalu, oleskan ke daerah kulit yang menjadi tempat munculnya bisul. Anda dapat melakukan pengobatan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Pastikan Anda melakukannya secara rutin, yaitu setiap hari sampai bisul menjadi matang dan pecah, lalu hilang tanpa menimbulkan bekas.

Baca juga: 4 Cara Untuk Mengatasi Masalah Bisulan

3. Gunakan Bubuk Kunyit

IMG_256

Perlu Anda ketahui bahwa bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri serta anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bisul dalam waktu singkat. Pasalnya, bubuk kunyit telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama berabad-abad tahun oleh pengobatan alami dari Timur.

Untuk mengobati bisul di area pantat, wajah dan lainnya, Anda dapat menggunakan bubuk kunyit dengan cara meminumnya langsung. Meskipun begitu, Anda juga tetap bisa membuatnya secara topikal dengan mengoleskan ke daerah kulit yang terkena bisul.

Jika ingin mengkonsumsi bubuk kunyit ini, Anda bisa merebus satu sendok teh bubuk kunyit yang dicampurkan ke dalam air maupun susu. Pastikan Anda meminumnya secara rutin, yakni 3 kali sehari dalam keadaan dingin.

Sementara kalau ingin menggunakannya secara topikal atau oles, cukup campurkan bubuk kunyit dengan air atau jahe untuk membuat masker. Kemudian, oleskan pada daerah yang menjadi tempat munculnya bisul. Anda dapat melakukan ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Menggunakan Garam Epsom

Cara menghilangkan bisul secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan garam epsom. Sebab, garam ini terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengobati bisul dan bekasnya.

Pasalnya, garam epsom mampu menguras nanah serta membuat bisul menjadi cepat kering. 

Jika Anda ingin membuatnya, cukup melarutkan garam epsom ke dalam air hangat. Kemudian, rendam kompresan di dalam air hangat tersebut. 

Setelah itu, Anda dapat mengompreskan kompresan pada area bisul selama kurang lebih 20 menit. Pastikan Anda melakukan pengobatan alami ini sebanyak 3 kali sehari sampai bisul benar-benar hilang.

5. Menggunakan Minyak Jarak

Apabila muncul bisul di area wajah maupun pantat, Anda dapat mengobatinya secara alami dengan menggunakan minyak jarak. Sebab, minyak ini memiliki kandungan senyawa yang dikenal dengan asam risinoleat, dimana memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat.

Selain itu, minyak jarak juga memiliki sifat anti bakteri yang cukup ampuh untuk mengobati bisul. Dengan begitu, bakteri penyebab bisul akan benar-benar musnah dan tidak akan muncul kembali.

Jika ingin mencoba menggunakan minyak jarak, Anda cukup mengoleskannya pada bagian bisul saja. Lakukan pengolesan ini sebanyak 3 kali dalam sehari hingga bisul benar-benar hilang tanpa bekas.

6. Dengan Minyak Mimba (Neem Oil)

Cara mengobati bisul terakhir bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak mimba alias neem oil. Minyak yang terkenal dengan sebutan minyak India ini memiliki kandungan antiseptik, antimikroba, serta anti bakteri. Dimana semua hal itu dapat mengobati infeksi pada kulit, termasuk bisul secara cepat.

Jika ingin mengobati bisul dengan minyak mimba, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini secara langsung pada area bisul. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari, sehingga bisul cepat sembuh dan hilang tanpa bekas apapun.

Perlu diperhatikan, sebelum dan setelah melakukan pengolesan minyak jarak pada area bisul, Anda harus membiasakan diri untuk cuci tangan terlebih dahulu. 

Baca juga: Hindari Konsumsi Berlebihan, 3 Makanan Penyebab Bisul

Demikian informasi mengenai cara mengobati bisul secara alami yang bisa Anda lakukan dari rumah saja. Tentunya, semua pengobatan itu bisa Anda lakukan untuk mengobati bisul pada area wajah, pantat, dan lainnya. Sehingga, bisul dapat cepat sembuh, tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download