Hindari Konsumsi Berlebihan, 3 Makanan Penyebab Bisul

06 Aug 2021 by Laruan

Banyak orang yang selama ini mempertanyakan apa sebenarnya ada makanan penyebab bisul yang harus dihindari? Bisul jadi salah satu penyakit kulit yang tak kalah menyita perhatian. Walau ada banyak jenis masalah kesehatan kulit lainnya, tapi bisul jadi salah satu masalah kulit yang paling umum dan diderita banyak orang. Bukan tanpa alasan pertanyaan di atas muncul, karena sampai saat ini masih banyak anggapan yang menyebut kalau bisul bisa disebabkan dari mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, salah satunya telur.

Hindari Konsumsi Berlebihan, Ini 3 Makanan Penyebab Bisul

Supaya tidak salah kaprah, ada baiknya kita pahami dulu sedikit mengenai jenis penyakit kulit seperti apa sebenarnya bisul ini, dan apa yang membuat masalah kesehatan ini paling sering dialami banyak orang.

Semua pasti sudah tahu, kalau bisul merupakan benjolan merah yang muncul di permukaan kulit dan umumnya berisi nanah serta terasa nyeri sewaktu tersentuh. Faktanya, makanan bukan penyebab utama dari penyakit ini, lho. Bisul seringkali muncul karena disebabkan oleh infeksi bakteri yang memicu peradangan di bagian folikel rambut, atau tempat tumbuhnya rambut.

Umumnya, bagian tubuh yang paling sering jadi titik munculnya bisul adalah ketiak, bahu, bokong, dan paha. Kenapa di daerah-daerah tersebut? Karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. 

Yang perlu diingat, penyebab utama bisul bukan hanya dari makanan, tapi dari infeksi bakteri berjenis Staphylococcus aureus. bakteri ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan, tapi bakteri dan jamur jenis lain juga bisa memicu munculnya bisul dan terjadi di permukaan kulit yang ditumbuhi rambut.

Lalu bagaimana dengan telur yang disebut-sebut jadi salah satu makanan pemicu bisul? Faktanya, saat ini belum ada penelitian valid yang membuktikan kalau kemunculan bisul 100 persen disebabkan karena mengonsumsi telur.

Tapi, tak dimungkiri juga kalau ada loh beberapa makanan yang kalau dikonsumsi secara berlebihan diyakini bisa jadi potensi munculnya bisul. Apa saja makanan pemicu bisul yang harus diwaspadai? Berikut daftarnya.

1. Makanan mengandung gula berlebih

Artikel New York Times mempublikasikan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 yang mengaitkan makanan manis dengan indeks glikemik tinggi dan penyebab kerusakan kulit.

Ternyata makanan yang mengandung glikemik tinggi bisa dengan cepat meningkatkan kadar glukosa darah tubuh, yang akan membilas tubuh dengan insulin dan hormone lain.

Para ilmuwan berpendapat kalau serbuan insulin dan hormon ini bisa merangsang produksi minyak dan memicu bisul. Jadi, karena itu sebaiknya hindari makanan mengandung gula tinggi karena bisa menjadi makanan penyebab bisul.

2. Produk susu dapat memicu timbulnya bisul

Siapa sangka kalau kandungan susu yang bernutrisi serta baik bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh bisa memberi dampak berlawanan kalau salah dalam mengkonsumsinya. Alih-alih menjadi sehat, orang yang mengonsumsi susu dengan cara yang salah akan terkena alergi hingga memicu timbulnya bisul.

Hal di atas bisa terjadi ketika seseorang minum susu murni yang kurang terjaga kebersihannya, sehingga bakteri buruk bisa dengan mudah tumbuh di dalam tubuh dan memicu kemunculan berbagai penyakit termasuk bisul.

Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, sebaiknya imbangin konsumsi susu dengan berbagai macam sayur, buah dan makanan bernutrisi lainnya.

3. Makanan berlemak tinggi

Makanan lain yang bisa memicu munculnya bisul adalah makanan berlemak, terlebih makanan berminyak dari restoran cepat saji yang nyatanya bisa mengiritasi bisul lebih parah.

Seorang ahli kesehatan Bernama Mark Hyman mengungkapkan bahwa lemak jenuh dan minyak nabati olahan seperti kedelai dan minyak jagung juga bisa meningkatkan hormon pertumbuhan mirip insulin yang disebutkan pada jenis makanan penyebab bisul pertama di atas, yang merangsang munculnya jerawat dan bisul pada jaringan folikel rambut di bagian kulit.

Ada beberapa jenis makanan berlemak tinggi yang harus diwaspadai sebagai makanan penyebab bisul, beberapa di antaranya yaitu daging olahan, es krim, dan mentega.

Itu dia 3 jenis makanan penyebab bisul yang harus diwaspadai walaupun bukan menjadi penyebab utama dari munculnya salah satu jenis penyakit kulit ini. Yang terpenting, karena penyebab utama bisul adalah bakteri, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload