Dampak Positif Kuliah Sambil Bekerja, Bikin Sukses

30 Jul 2021 by Laruan

Mengambil keputusan untuk melanjutkan kuliah adalah sebuah keputusan yang membutuhkan komitmen yang besar, dimana proses perkuliahan dengan semua resikonya harus dijalani selama kurang lebih empat atau lima tahun, sehingga perlu dipikirkan dan direncanakan dengan baik, supaya prosesnya berjalan lancar dan suksess menyelesaikan semuanya.

Dampak Positif Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah sambil kerja secara bersamaan memberikan kelebihan apabila dilalui dengan senang dan dengan tujuan yang benar. Memang bukan sesuatu yang gampang, karena harus bisa membagi waktu antara kuliah dengan bekerja. Keduanya harus tetap berjalan dengan seimbang. Berikut kelebihan bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah yang akan di dapat membawa kita mencapai kesuksesan yang kita inginkan :

  1. Ada perasaan percaya diri dan bangga (Self Esteem) bisa membiayai kuliah sendiri

Perasaan bangga, mandiri, dan berjuang dengan usaha sendiri menciptakan sebuah semangat dan dorongan yang besar bagi seseorang dalam mencapai sesuatu. Selain itu juga perasaan bangga pada diri sendiri (Self esteem) akan memberi kelebihan terhadap pencapaian dan kesuksesan seseorang. Rasa bangga juga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan seseorang, meskipun proses dalam melakukannya menghadapi tantangan namun apabila itu dilakukan dengan rasa bangga dan puas maka rasa lelah selama bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah akan terasa menyenangkan.

  1. Belajar mengatur waktu antara bekerja dan kuliah

Kegiatan kuliah meskipun dalam sehari hanya beberapa jam tapi tugas dan praktek pendukung dari perkuliahan biasanya sangat banyak sehingga akan banyak menyita untuk menyelesaikan tugas – tugas tersebut. Bila ditambah lagi dengan bekerja maka diperlukan kemampuan dalam mengatur waktu dengan sebaik – baiknya sehingga semua data diselesaikan dengan baik. 

Prioritaskan kuliah sebagai prioritas utama sehingga pekerjaan yang disesuaikan dengan perkuliahan yang ada, dengan mengambil pekerjaan freelance seperti menulis, analisa data, pemrograman, design, privat  atau pekerjaan lain yang bisa dikerjakan di rumah dan tidak mengganggu kuliah. Dengan terbiasa mengatur waktu dengan baik maka ini menjadi bekal kesuksesan dimasa depan saat menghadapi dunia kerja, keluarga dan kehidupan sosial yang harus seimbang.

  1. Mempunyai relasi atau jaringan pertemanan yang luas

Dengan bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah memberikan kelebihan bagi pertemanan dan jaringan untuk rekan kerja, bisnis, dan juga sosial. Banyaknya bertemu dan belajar dengan orang – orang dari kalangan yang berbeda memberikan pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Sehingga pada saat bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah manfaatkan waktu untuk sharing dan ngobrol dengan banyak teman, dan cari teman – teman yang positif dan membangun untuk mencapai kesuksesan dalam belajar selama kuliah dan meningkatkan skill dalam bekerja.

Relasi atau pertemanan yang baik adalah yang meningkatkan semangat, semakin termotivasi untuk berprestasi dan juga keahlian semakin bertambah. Apabila pertemanan membuat menjadi malas kuliah, jadi banyak mengeluh maka sebaiknya hindari pertemanan tersebut karena itu akan merugikan masa depan.

  1. Mempunyai banyak peluang Karir dan Usaha 

Kuliah sambil kerja memberi kelebihan yang sangat bermanfaat membuka jalan dan peluang kerja, karir bahkan usaha yang lebih banyak. Bisa jadi teman-teman atau dosen di lingkungan kampus kita mempunyai rekan orang – orang sukses yang bisa sharing pekerjaan atau bisnisnya. Begitu juga dengan bekerja maka kita akan bertemu orang – orang yang mempunyai keahlian berbagai divisi dan ini semakin membuat kita semakin menguasai banyak hal.

Lebih lagi kita ikut dalam kegiatan – kegiatan seminar, workshop dan kepanitiaan kegiatan tingkat nasional dan internasional di kampus akan semakin membuka peluang karir dan usaha yang besar. Jadi dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dan wawasan yang luas supaya bisa bergaul dengan semua kalangan

  1. Mengenal berbagai macam Karakter Orang dari berbagai profesi

Keahlian penting yang sangat dibutuhkan dalam semua jenis pekerjaan dan banyak perusahaan adalah kemampuan networking, leadership, dan komunikasi yang bisa didapatkan selama menjalani bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah secara langsung melalui pengalaman. kelebihan bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah membuat kita terlatih untuk berkomunikasi langsung dengan semua orang dari berbagai profesi, bagaimana karakter- karakter mereka, bagaimana memperlakukan mereka dengan baik. Sehingga kita mempunyai keahlian soft skill sebagai penunjang kesuksesan kita

  1. Mempunyai Standar kerja dan profesionalisme yang baik

Kuliah adalah proses belajar yang lebih banyak teori, dan nantinya akan dipraktekkan setelah bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Dengan bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah jadi mengenal standar kerja yang berkualitas, sehingga begitu lulus tidak kaget menghadapi pekerjaan. Dari pengalaman kerja selama kuliah bisa diterapkan untuk kita terbiasa bekerja dengan standar kerja tinggi. Orang yang mempunyai standar kerja tinggi akan mendapatkan kerja dan sukses lebih cepat

  1. Mempunyai keahlian dan pengalaman Pendukung peningkatan Karir

Kelebihan bekerja paruh waktu di sela waktu kuliah yang penting juga adalah mendapatkan kesempatan menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat kita bekerja atau kalau kita sudah bekerja tetap bisa mendapatkan peluang karir lebih besar. Bahkan akan banyak peluang untuk selanjutnya studi S1, S2, S3 bagi  peningkatan karir karena bertambahnya keahlian dan kemampuan selama kuliah dan bekerja akan berdampak positif bagi bertambahnya peluang kenaikan gaji, bonus dan kesempatan besar lainnya.

  1. Bisa memiliki Income dan tabungan dari sejak muda

Kelebihan kuliah sambil kerja memberikan peluang untuk sukses lebih cepat dan memiliki banyak tabungan di usia muda sehingga hal ini akan bisa membantu keluarga atau saudara, bisa banyak beramal dan bersedekah kepada orang – orang yang tidak mampu. Dengan demikian maka kehidupan  kita akan semakin lebih bermakna bagi orang – orang disekitar kita.

Menjadi mahasiswa yang sukses dalam pendidikan dan pekerjaan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akan banyak pengeluaran yang harus dipenuhi. apalagi kalau  yang menempuh pendidikan di luar kota. Uang saku tidak hanya digunakan untuk memenuhi keperluan kuliah, tapi kebutuhan hidup dan tempat tinggal. Hal inilah yang biasanya menjadi  pendorong sebagian besar mahasiswa memilih kuliah sambil kerja. Entah itu usaha sendiri ataupun gabung dengan usaha orang lain sebagai usaha sampingan.

Bagi mahasiswa yang ingin fokus belajar dan berprestasi maksimal dengan aktif dalam kegiatan kampus, ada program pembiayaan untuk kuliah yang bisa dicicil dengan proses yang mudah, cepat dan bunga ringan di Kredit Pintar. Kredit Pintar prosesnya sangat cepat dan angsurannya bisa di sesuaikan dengan jatuh tempo yang diperlukan. Proses pinjaman cepat, hanya perlu KTP dan tanpa agunan. Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload