Cara Menanam Kencur dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

02 Oct 2023 by kreditpintar, Last edit: 10 Oct 2023

Siapa yang tidak kenal dengan rempah-rempah yang penampakannya sangat mirip dengan jahe ini. Memiliki aroma yang khas, kencur menjadi rempah-rempah utama untuk membuat seblak yaitu makanan tradisional khas sunda dan juga menjadi salah satu bumbu andalan untuk membuat kuah pecel yang lezat. Untungnya cara menanam kencur tidak terlalu susah, sehingga Anda bisa membudidayakannya di rumah dan mengambilnya saat diperlukan. 

Cara Menanam Kencur

Baca juga Penting! Berikut Bahan Alami yang Dapat Membantu Menurunkan Demam

Manfaat Kencur

Sebelum kita membahas cara menanam kencur, mari kita pahami terlebih dahulu manfaat dari tanaman ini sehingga kamu benar-benar paham apa alasannya kamu harus menanam kencur di rumah. Berikut adalah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan:

  1. Dapat mencegah kanker

Salah satu manfaat kencur yang jarang diketahui orang adalah bisa mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh kita. Kencur memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker. 

  1. Untuk mengobati infeksi staph

Staph merupakan salah satu penyakit infeksi yang sering ditemukan pada kulit atau hidung, yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur mampu secara efektif melawan bakteri penyebab infeksi staph tersebut. 

  1. Dapat mengobati radang

Siapa yang baru tahu kalau kencur ternyata juga bisa dijadikan obat radang, terutama radang tenggorokan dan sariawan? Ya, ternyata salah satu bumbu beraroma khas ini bisa mengobati kedua penyakit tersebut jika diminum secara rutin. Anda cara membuatnya yaitu dengan merebus kencur dengan air hingga mendidih. 

  1. Bisa mengobati diare

Orang zaman dahulu sering memanfaatkan kencur sebagai obat untuk meredakan diare. Nah, ternyata beberapa peneliti juga menemukan bahwa kencur mampu merangsang tubuh untuk memproduksi lendir usus. Dimana lendir usus ini bisa menjadi pelindung bagi dinding usus sehingga dapat mencegah terjadinya diare. 

  1. Untuk menambah stamina

Salah satu manfaat kencur yang paling disukai adalah mampu meningkatkan stamina saat tubuh mulai terasa lemah. Anda bisa merebus 2 ruas jari kencur dengan segelas air dan meminum setiap kali Anda akan tidur di malam hari. Dijamin di siang harinya tumbuh Anda akan menjadi lebih bertenaga dan lebih segar. Bahkan masyarakat Jepang sering memanfaatkan kencur untuk meningkatan energi  dan juga kesadaran, serta mengatasi rasa lelah. 

  1. Untuk meningkatkan nafsu makan

Nah, ini dia minum adalah semua keluarga, jamu beras kencur, selain memiliki rasa yang enak jamu beras kencur memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak. 

Kombinasi beras dan kencur pada jamu beras kencur dapat menghasilkan vitamin B yang mampu merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar. 

  1. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Salah satu kemampuan kencur adalah mampu meningkatkan produksi empedu oleh hati. Empedu sendiri, seperti yang telah kita pelajari, bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan membantu menghilangkan racun dalam tubuh, termasuk kolesterol jahat. 

  1. Sebagai antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dan virus berbahaya. Kencur, merupakan salah satu ramuan tradisional yang mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Sehingga, tidak jarang banyak orang yang memanfaatkan kencur untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Cara menanam kencur

Dengan manfaat yang begitu besar di bidang kesehatan membuat banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara menanam kencur. Pada dasarnya teknik menanam kencur di rumah tidaklah terlalu sulit, asalkan Anda tahu bagaimana cara menanam yang tepat dan efisien. Adapun kunci dari menanam kencur yang sukses adalah jenis tanah yang digunakan untuk menanam. Ternyata, tanah yang paling cocok dan telah terbukti menghasilkan kencur yang banyak adalah tanah yang berwarna hitam serta mengandung sedikit pasir. 

Cara Menanam Kencur

1. Mempersiapkan bibit

Cara menanam kencur yang pertama adalah menyiapkan bibit kencur. Sebaiknya, pertimbangkan untuk memilih bibit yang sudah tua, misalnya yang sudah berumur sekitar 10 bulan dan telah memiliki calon tunas setidaknya dua buah. Anda juga disarankan untuk memilih bibit yang terletak di paling ujung. Apabila Anda sudah mendapatkan bibit yang terbaik, Anda dapat meletakkan bibit tersebut di tempat yang tidak terlalu basah namun tidak terlalu kering juga terhindar dari sinar matahari langsung selama beberapa hari sebelum ditanam.

Cara Menanam Kencur

2. Mempersiapkan polybag

Apabila Anda sudah menyiapkan bibit kencur, tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan polybag untuk menempatkan bibit yang siap tanam. Pilihlah polybag yang berukuran agak besar, biasanya yang memiliki diameter 10 cm, 15 cm atau 15 cm. Jangan lupa untuk memberi lubang di bagian dasar polybag yang berfungsi sebagai drainase. Setelah itu isi polybag dengan pecahan batu merah atau genteng dan juga daun-daunan kering. 

Setelah itu barulah Anda bisa memasukkan media tanam yang terdiri dari campuran pupuk kandang atau kompos dan tanah subur dengan perbandingan 1:1. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda juga bisa menambahkan media tanam berupa campuran tanah subur dengan pasir dengan komposisi 4:1. Masukkan media tanam hingga hampir memenuhi polybag atau sekitar 1 cm di bawah bagian atas polybag. Setelah semua media tanam dimasukkan, letakkan polybag di tempat yang teduh dan biarkan selama kurang lebih 1 sampai 2 hari agar kondisi tanah lebih stabil. 

3. Penanaman

Apabila media tanam sudah siap, maka Anda sudah bisa menanam kencur ke ata media tanam tersebut. Dalam satu polybag, Anda bisa menempatkan dua buah bibit  dengan jarak penanaman antar bibit sejauh 10 sampai 15 cm. Pastikan posisi calon tunas menghadap ke atas agar pertumbuhannya bisa lebih cepat.

4. Perawatan

Sedangkan untuk tahapan perawatan dari cara menanam kencur cukup mudah. Pertama, Anda hanya perlu menyiram tanaman ini sebanyak 2-3 kali seminggu atau ketika tanah mulai tampak kering. Agar tanaman kencur menjadi lebih subur, Anda bisa melakukan pemupukan dengan pupuk NPK sebanyak 10-30 gram setiap satu kali dalam sebulan. Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan gulma yang terdapat di sekitar tanaman kencur agar pertumbuhannya sempurna. Itu dia cara menanam kencur dan beberapa manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga Dapat Turunkan Berat Badan, Berikut Cara Menanam Porang

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download