Penting! Berikut Bahan Alami yang Dapat Membantu Menurunkan Demam

26 Jul 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Demam merupakan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh, pada umumnya suhu tubuh mengalami kenaikan sebesar 1-5 derajat celcius dari suhu tubuh normal.

Saat mengalami demam, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meredakan demam, diantaranya adalah :

  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas (sekitar 2 liter) sehari.
  • Istirahat yang cukup. Saat sakit, tubuh perlu tidur yang cukup (minimal 8 jam).
  • Mandi dengan air hangat.
  • Gunakan kompres demam dengan air bersuhu ruangan (bukan air dingin atau panas).

Kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan yang ada dirumah untuk membantu meredakan demam :

1. Jahe

Obat tradisional pertama yang bisa meredakan demam adalah jahe. Obat herba tradisional ini mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan jamur, serta memiliki efek antiradang yang baik untuk meredakan demam dan nyeri.

Selain bisa digunakan sebagai obat demam tradisional, jahe juga dapat membantu meringankan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan mual.

2. Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah asli Indonesia ini juga bermanfaat untuk menurunkan demam secara alami. Ini berkat kandungan antiradang dan antibakteri yang terdapat di dalam kunyit.

Selain untuk demam, kunyit juga juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan lain, seperti pilek, radang tenggorokan, infeksi, dan hipertensi. Namun klaim manfaat kunyit tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Lemon dan madu

Lemon dan madu merupakan kombinasi bahan alami yang dapat membantu menurunkan demam pada anak. Selain menyegarkan tubuh kombinasi keduanya juga dapat memperkuat sistem imun.

Anda dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm jus lemon. Kemudian aduk kedua bahan tersebut dengan baik dan siap dikonsumsi.

4. Aloe Vera

Punya lidah buaya di rumah? Ambil sedikit gelnya kemudian tempel atau oleskan ke kulit. Aloe vera atau lidah buaya memiliki enzim yang dapat membantu penderita demam untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Cara apa yang biasa kamu lakukan untuk meredakan demam? Berikan komentar kamu dibawah ini ya!

Artikel ini disadur dari artikel yang telah tanyang di Alodokter.com dengan judul Ketahui Berbagai Jenis Obat Demam Tradisional, https://www.alodokter.com/obat-demam-tradisional-untuk-membantu-menurunkan-demam-ringan dan artikel dari farmaku.com dengan judul 7 Obat Demam Alami yang Aman dan Obat Demam di Apotek https://www.farmaku.com/artikel/obat-demam/

mobile-closeKredit PintarDownload