Cara Menanam Bawang Merah dengan Mudah di Rumah

09 Jun 2021 by kreditpintar
Cara Menanam Bawang Merah dengan Mudah di Rumah

Sebagai seseorang yang rajin memasak atau mengolah makanan di dapur, Sobat Pintar pasti familiar dengan bumbu dapur yang satu ini. Ia tak lain dan tak bukan adalah bawang merah. Bumbu dapur yang sering diasosiasikan dengan karakter antagonis dalam salah satu cerita rakyat berjudul “Bawang Merah, Bawang Putih” ini rupanya bisa juga digunakan sebagai bahan pengobatan.

Adanya bawang merah akan membuat masakan tentu menjadi lebih sedap. Ia tidak hanya berperan sebagai pelengkap, tetapi juga bisa menjadi sebuah menu tersendiri. Contoh makanan dimana bawang merah bisa jadi menu tersendiri adalah acar bawang dan bawang goreng.

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Biasanya, bawang merah serta minyak dipakai untuk membalur tubuh anak yang merasa tidak enak badan. Kegiatan ini bisa dilakukan sambil memijat. Hal ini sering dilakukan oleh orang tua.

Untuk bisa mendapatkan bawang merah, Sobat Pintar tidak harus selalu membelinya di warung atau supermarket. Sobat Pintar yang senang membudidayakan tanaman bisa menanam bumbu dapur satu ini di kediaman Sobat Pintar. Sobat Pintar tak perlu repot, karena bawang merah dapat ditanam di dalam pot.

Lantas, seperti apa cara menanam bawang merah di rumah? Berikut adalah langkah-langkahnya:

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Hal pertama yang harus Sobat Pintar siapkan sebagai cara menanam bawang merah adalah alat-alat di bawah ini:

  1. Pot
  2. Tanah subur
  3. Media tanam
  4. Bibit bawang merah

Pastikan bawang merah yang Sobat Pintar pilih sudah berwarna ungu tua dan tanpa bercak hitam. Bercak hitam pada bawang merah menandakan bahwa bumbu dapur ini sudah terpapar penyakit atau jamur.

Tanam Bawang Merah

Setelah semua alat dan bahan yang Sobat Pintar perlukan sudah siap, saatnya Sobat Pintar masuk ke tahap penanaman bawang merah. Berikut adalah tahapan dari proses penanaman bawang merah:

  1. Campur tanah subur dan media tanam, lalu masukkan ke dalam pot. Di sana, penuhi campuran tanah sampai ¾ pot terisi.
  2. Ambil beberapa bawang dengan ciri yang sudah dijelaskan pada tahap sebelumnya, Selalu hindari bawang dengan bercak hitam, agar pohon tidak terkena penyakit.
  3. Potong sedikit bagian ujung bawang hingga terlihat dagingnya. Apabila bawang sudah memiliki tunas, bagian tersebut tidak perlu dipotong lagi.
  4. Taruh bawang-bawang tersebut di tanah dengan kedalaman 5 cm, lalu timbun dengan tanah. Sobat Pintar tidak perlu menekan tanah timbunannya dan biarkan tanah tersebut memiliki rongga.
  5. Siram tanaman tersebut secara rutin pada pagi dan sore hari. Agar bibit tidak rusak, gunakan semprotan tanaman.

Rawat Bawang Merah yang Sudah Sobat Pintar Tanam

Agar tanaman bawang merah Sobat Pintar dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik, Sobat Pintar tentu perlu merawatnya. Untuk melakukan perawatan ini, Sobat Pintar hanya perlu menyirami tanaman bawang merah Sobat Pintar sebanyak dua kali dalam sehari. Agar tanaman bawang merah Sobat Pintar tidak busuk, hindari menyiramnya dengan terlalu banyak air.

Selain itu, tempatkan pot tanaman bawang merah Sobat Pintar di area yang terkena matahari, agar ia dapat tumbuh dengan maksimal. Hindari juga menaruh terlalu banyak bawang merah di dalam satu pot, karena nantinya malah akan terlalu sempit. Beri jarak cukup jauh untuk perkembangan tanaman bawang merah yang maksimal di dalam tanah.

Setelah Berbuah, Panen Bawang Merah Sobat Pintar

Biasanya, bawang merah sudah bisa dipanen 60-90 hari setelah ditanam. Tanda dari bawang merah siap panen adalah daunnya yang sudah agak layu dan kering, Selain itu, Sobat Pintar pun bisa melihat bagian tanah pada pot Sobat Pintar. Biasanya, bawang merah yang sudah siap panen akan menyembul ke atas.

Setelah dipanen, bawang merah dapat langsung Sobat Pintar konsumsi untuk rasa yang lebih segar. Sisanya, Sobat Pintar bisa menjemurnya selama 1-2 minggu untuk mengurangi kandungan air. Bawang merah dengan kandungan air yang telah berkurang bisa lebih awet saat disimpan dan jadi tidak mudah busuk.

Apabila setelah panen Sobat Pintar ingin kembali menanam bawang merah, jangan lupa untuk mengganti tanahnya agar tidak jenuh. Biasanya, tanah yang jenuh akan menolak tanaman dan terancam gagal panen.

Itulah keempat cara menanam bawang merah sendiri di rumah. Cukup mudah bukan? Kelak setelah dipanen, bawang merah hasil tanam Sobat Pintar sendiri akan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya bisa menambah selera pada masakan Sobat Pintar, bawang merah Sobat Pintar pun bisa Sobat Pintar pakai untuk pengobatan tradisional. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Jun 2021
mobile-closeKredit PintarDownload