Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan

04 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Cara menabung 1 juta dalam sebulan mungkin terasa sulit, apalagi untuk anak rantau yang hidup hanya mengandalkan gaji. Namun, semua bisa terjadi jika kita lakukan dengan niat yang kuat.

Menabung adalah hal penting agar pengeluaran terkendali dan kita punya dana cadangan untuk kebutuhan di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan cara menabung yang tepat agar kita bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

Saat menabung, kita juga perlu menentukan target yang harus dikumpulkan, seperti satu juta dalam sebulan. Namun, memenuhi target tersebut seringkali menemui banyak kendala. 

Baca juga: Cara Setor Tunai BRI di ATM, Lebih Praktis!

Tips Menabung

Bagi para anak rantau, menabung dalam jumlah jutaan pasti terasa sulit dilakukan. Apalagi, jika mereka masih memiliki tanggung jawab untuk membiayai keluarga di kampung halaman. 

Namun, ada beberapa cara menabung 1 juta dalam sebulan yang bisa Anda terapkan. Berikut cara menabung 1 juta dalam sebulan:

1. Sisihkan gaji

Meskipun sulit, cobalah untuk menyisihkan gaji Anda setiap minggunya. Anda perlu membuat rencana pengeluaran mingguan lalu sisihkan sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu di awal minggu. 

Lakukan hal yang sama pada minggu berikutnya secara konsisten agar dalam satu bulan bisa terkumpul 1 juta. Jika Anda punya pemasukan lebih, Anda bisa langsung menyisihkan Rp 1 juta di awal bulan. 

2. Cari kerja sampingan

Jika Anda merasa gaji Anda benar-benar tak cukup untuk menabung, Anda bisa mencoba untuk bekerja sampingan atau freelance. Selain menambah pemasukan, bekerja freelance juga bisa menambah pengalaman kerja yang nantinya bisa Anda cantumkan pada resume.

Anda bisa mencoba mencari pekerjaan sampingan seperti content writer, graphic designer, atau editor. Saat ini banyak platform yang mempertemukan klien dengan pekerja freelance. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencari pemasukan tambahan.

3. Pasang target

Cara menabung 1 juta dalam satu bulan berikutnya adalah memasang target. Memasang target akan membantu Anda untuk lebih giat menabung. Misalnya, Anda menargetkan uang Rp 6 juta dalam 6 bulan untuk liburan ke luar negeri.

Untuk memenuhi target tersebut, Anda bisa menyisihkan gaji secara mingguan, mengambil pekerjaan sampingan, atau membuka bisnis sendiri. Target yang kita pasang bisa berfungsi sebagai kendali pengeluaran sekaligus memantik niat dan semangat kita agar rajin menabung.

Baca juga:  Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian dan Fungsinya

4. Catat keuangan

Mencatat pengeluaran bisa membantu kita untuk mengontrol keuangan. Dengan mencatat pengeluaran, kita bisa tahu untuk apa saja uang yang sudah kita habiskan dan menghentikan pengeluaran pada hal yang dianggap tidak penting.

Catatan pengeluaran juga bisa kita gunakan sebagai pedoman dalam mengatur uang yang masuk dan keluar. Oleh karena itu, kita perlu mencatat keperluan apa saja yang harus dipenuhi. Jika ada hal yang tidak masuk dalam prioritas, kita bisa menunda atau bahkan menghentikan pembelian tersebut.

5. Kurangi intensitas nongkrong

Nongkrong atau hangout memang menyenangkan. Akan tetapi, aktivitas tersebut seringkali membuat pengeluaran membengkak. Meski demikian, bukan berarti Anda harus berhenti nongkrong atau hangout sama sekali. 

Anda bisa melakukannya satu atau dua kali dalam sebulan. Saat nongkrong atau hangout, sebaiknya manfaatkan momen promo atau diskon.

6. Buat rekening terpisah

Agar uang tabungan tidak terpakai untuk pengeluaran rutin, buat rekening terpisahkan. Bedakan rekening mana yang khusus pemasukan atau gaji dan mana yang memang untuk menabung. 

Khusus untuk rekening tabungan, sebaiknya tidak usah dibuatkan kartu ATM dan tidak usah dikoneksikan dengan internet banking atau M-Banking. Dengan cara ini, uang tabungan Anda dijamin tidak akan dipakai untuk pengeluaran sehari-hari, apalagi untuk hal konsumtif yang tidak perlu.

Itulah cara menabung 1 juta dalam sebulan. Meski rasanya sulit, hal itu tetap bisa dilakukan jika kita memiliki niat dan konsistensi yang tinggi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download