Cara Setor Tunai BRI di ATM, Lebih Praktis!

08 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Kamu mau menabung atau mentransfer uang, tapi tidak mau ke kantor BRI? Tenang, kamu bisa ikuti cara setor tunai BRI di ATM berikut ini.

Cara setor tunai BRI di ATM

Saat ini teknologi semakin maju dan berkembang pesat, termasuk di dunia perbankan. Dulu, kalau mau menabung atau transfer uang kita harus mendatangi kantor bank. Keterbatasan waktu pelayanan di kantor membuat aktivitas kita juga terhambat. Kita hanya bisa mendatangi kantor bank saat jam kerja. Nah, kalau ada kejadian darurat yang mengharuskan kita menyetor uang tunai saat malam hari bagaimana?

Untungnya, saat ini sudah ada kemudahan teknologi berupa ATM. Jadi, kita bisa melakukan aktivitas perbankan seperti transfer, setor tunai, dan tarik tunai kapanpun dan di manapun.

Apa Itu ATM?

Dalam dunia perbankan, ATM atau Automated Teller Machine—dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Anjungan Tunai Mandirimerupakan pelayanan berbasis komputer untuk nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara mandiri tanpa harus dibantu oleh teller bank.

Adanya ATM membuat kita tidak perlu ke kantor BRI

Pelayanan ATM berlangsung selama 24 jam. Jadi, kapan pun nasabah membutuhkan pelayanan keuangan bisa langsung ke ATM tanpa harus menunggu waktu kantor BRI beroperasi. Tentu saja hal ini sangat membantu proses transaksi. Jadi, hampir tidak bisa dimungkiri bahwa ATM memegang peranan penting dalam perekonomian kita, bahkan perekonomian dunia.

Tapi, pernah tidak kamu terpikirkan, sejak kapan ATM hadir dan membantu pelayanan nasabah? Tidak ada catatan pasti mengenai siapa penemu ATM. Pasalnya, banyak tokoh seperti John Shepherd-Barron dan James Goodfellow asal Inggris, Donald C Wetzel dan Luther George Simjian asal Amerika, dan perusahaan seperti De La Rue, Asea-Metior, Omron Tateisi, dan Speytec-Burroughs yang mengklaim sebagai penemu ATM. Kurang lebih, ATM sudah muncul pada 1950-1960 di Amerika, Eropa, dan Jepang.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

Fungsi dan Manfaat ATM

Pada awalnya, penggunaan ATM ini tidak lain adalah untuk membantu nasabah dalam melakukan tarik tunai di saat tidak ada cabang bank di daerah tersebut. Kalau tidak ada fasilitas ATM, maka nasabah harus melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk melakukan transaksi di kantor bank dengan teller. Tentu saja itu tidak efektif dan efisien.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin pesat. Sehingga, ada banyak fungsi dan manfaat penggunaan ATM bagi nasabah.

Fungsi ATM

Kurang lebih fungsi ATM adalah sebagai berikut.

  1. Informasi saldo.
  2. Tarik tunai.
  3. Setor tunai.
  4. Transfer antar rekening dan antar bank.
  5. Pembayaran umum, seperti tagihan telepon, kartu kredit, uang kuliah, listrik, air, pulsa, dan lain-lain.
  6. Pembelian tiket.

Manfaat ATM

Dari fungsi di atas, ada beberapa manfaat yang dirasakan nasabah ketika menggunakan ATM.

  1. Nasabah bisa melakukan pelayanan secara mandiri.
  2. Bisa melakukan transaksi keuangan 24 jam tanpa dibatasi waktu dan tempat.
  3. Bisa melakukan transaksi keuangan tunai dan non-tunai tanpa harus mengunjungi kantor bank.

Baca juga: Sekarang, Pinjaman Tunai Kredit Pintar Tersedia di Sellury!

Cara Setor Tunai BRI di ATM

Tempat setor tunai

Berbicara mengenai salah satu fungsi ATM, yaitu setor tunai, seperti teknologi terus mengalami kemajuan dan perkembangan. Seringkali kita hanya mengenal tentang cara penggunaan ATM untuk tarik tunai atau mengambil uang. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa di ATM sekarang bisa menyetor uang tunai.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika nasabah melakukan cara setor tunai BRI di ATM tanpa harus mendatangi teller bank. Salah satunya adalah menghemat waktu, karena biasanya harus mengantre berlama-lama.

Bagaimana cara setor tunai BRI di ATM? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Cari ATM yang Bisa Melayani Setor Tunai dan Tarik Tunai

Tidak semua ATM melayani setor tunai. Umumnya, ATM melayani tarik tunai saja. Jadi, alangkah baiknya kamu mencari ATM yang melayani setor tunai juga. Biasanya pada mesin ATM ada informasi berupa tulisan “SETOR & TARIK TUNAI DI SINI”.

2. Perhatikan Pecahan Uang Tunai yang Akan Disetor

Biasanya, pada mesin ATM terpampang tulisan pecahan uang yang bisa diambil atau disetorkan. Ada yang kelipatan Rp50 ribu, dan ada juga yang kelipatan Rp100 ribu. Jadi, kamu hanya bisa menyetorkan uang kelipatan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Tidak bisa kalau menyetorkan uang pecahan Rp5 ribu, Rp10 ribu, atau Rp20 ribu. Karena, mesin tidak bisa membaca uang pecahan selain yang telah disediakan.

3. Masukkan Kartu ATM BRI

Langkah pertama sama seperti ketika kamu mau melakukan tarik tunai, yaitu masukkan kartu ATM BRI milikmu dan pilih bahasa. Kamu bisa memilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, kemudian tekan atau klik pada pilihan bahasa yang kamu inginkan.

4. Masukkan PIN kartu ATM BRI

Masukkan PIN kartu ATM kamu dan tunggu sampai muncul menu pada layar ATM.

5. Pilih Menu Setoran Tunai

Setelah menu pilihan muncul. Langkah selanjutnya adalah cari tulisan Setoran Tunai dan tekan atau klik.

6. Tekan Menu Rekening Tabungan

Kemudian tekan menu Rekening Tabungan untuk membuka tempat setor uang—biasanya ada di bagian bawah atau tengah, sama seperti tempat kamu tarik tunai atau mengambil uang.

7. Masukkan Uang ke Tempat yang Tersedia

Sebelum dimasukkan ke tempat yang telah disediakan, kamu perlu merapikan uang tersebut dan pastikan pecahannya sesuai dengan ketentuan. Pisahkan uang Rp50 ribu dan Rp100 ribuan. Lalu, masukkan ke tempat yang telah disediakan.

8. Tunggu Beberapa Saat Hingga Mesin Menampilkan Halaman Konfirmasi

Setelah uang dimasukkan ke dalam mesin, maka tunggu beberapa saat sampai muncul halaman konfirmasi pada layar ATM. Layar akan menunjukkan jumlah nominal yang telah kamu setor. Jika jumlah pada layar sudah sesuai, maka kamu bisa tekan Setor untuk menyelesaikan proses setoran tunai.

9. Layar ATM Akan Memberikan Informasi “Setoran Anda Telah Diterima”

Setelah uang kamu setorkan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi berupa setoran telah diterima dan akan muncul struk sebagai bukti bahwa uang telah masuk ke rekening.

Ketika dalam melakukan cara setor tunai BRI di ATM kamu mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk meminta bantuan satpam yang berjaga di dekat ATM. Jangan pernah kamu memberikan PIN ATM kepada siapa pun demi keamanan tabungan nasabahmu.

Baca juga: Mau Ajukan Pinjaman Online BRI? Ini yang Harus Dipersiapkan
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download