Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik, Ikuti Langkah Ini!

17 Jun 2021 by kreditpintar
Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik, Ikuti Langkah Ini!

Dengan lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia, LinkedIn dengan mudah menjadi jaringan bagi para profesional terbesar. Jika Sobat Pintar ingin serius dengan karier, Sobat Pintar memerlukan profil LinkedIn yang terlihat profesional dan optimal. 

Profil LinkedIn adalah kesempatan bagi Sobat Pintar untuk memperkenalkan diri Sobat Pintar di hadapan ratusan (atau bahkan ribuan) profesional di industri Sobat Pintar yang juga bisa membantu Sobat Pintar dalam mencari kerja.

Namun, tidak cukup hanya dengan memiliki akun LinkedIn saja. Sobat Pintar juga memerlukan profil LinkedIn yang menarik perhatian,  menjelaskan informasi secara benar, dan terhubung dengan orang yang dapat membantu Sobat Pintar mengembangkan karier.

Manfaat menggunakan LinkedIn

Sebelum masuk ke bagian cara membuat dan menggunakan LinkedIn, mari kita lihat kenapa Sobat Pintar harus menggunakan LinkedIn melalui manfaat di bawah ini. 

  1. Mendapatkan eksposur bagi perekrut

93% perekrut menggunakan LinkedIn untuk mencari tahu dan merekrut kandidat. LinkedIn memungkinkan Sobat Pintar ditemukan oleh para perekrut. 

Karena alasan inilah Sobat Pintar perlu memastikan bahwa Sobat Pintar memperlakukan profil LinkedIn Sobat Pintar seperti CV Sobat Pintar dan  memastikan informasi yang ada di profil tersebut dapat mengenalkan diri Sobat Pintar. 

  1. Menunjukkan pengetahuan, kredibilitas, dan keahlian Sobat Pintar

Memiliki profil LinkedIn membantu dalam membangun kepercayaan dengan pemberi kerja dan perekrut karena mereka dapat melihat latar belakang, pengalaman, keahlian, serta rekomendasi dan koneksi Sobat Pintar. 

  1. Mencari lowongan kerja melalui LinkedIn

Ada banyak lowongan pekerjaan di dalam situs LinkedIn, tentunya dapat menjadi peluang bagi Sobat Pintar. Sobat Pintar dapat langsung melamar posisi menggunakan LinkedIn,  menyimpan pencarian pekerjaan, serta memberi tanda kepada perekrut bahwa Sobat Pintar sedang mencari pekerjaan. 

Cara Membuat dan Cara Menggunakan LinkedIn

Cara Membuat dan Cara Menggunakan LinkedIn

Berikut adalah langkah-langkah atau cara membuat dan cara menggunakan LinkedIn:

  1. Masuk ke dalam situs Linkedin
  2. Buat akun baru
  3. Isi data dengan memasukkan nama depan dan belakang Sobat Pintar, alamat email, dan kata sandi yang akan Sobat Pintar gunakan.
  4. Klik Gabung sekarang.
  5. Selesaikan langkah tambahan apa pun seperti yang diminta.

Adapun beberapa langkah tambahan yang perlu Sobat Pintar isi selanjutnya untuk melengkapi profil LinkedIn Sobat Pintar adalah: 

  1. Profil perkenalan.  Hal pertama yang akan dilihat orang ketika mereka mengklik profil Sobat Pintar adalah bagian perkenalan. Di bagian ini terlihat nama, foto profil, headline, dan jumlah koneksi Sobat Pintar. 
  2. Ringkasan singkat. Ringkasan sangat penting karena memungkinkan Sobat Pintar memperkenalkan diri dan berbagi lebih banyak tentang latar belakang profesional Sobat Pintar. 
  3. Artikel dan aktivitas. Bagian ini berisi tentang aktivitas terbaru yang Sobat Pintar lakukan di situs LinkedIn
  4. Pengalaman. Bagian penting yang menjelaskan pengalaman kerja Sobat Pintar. Pastikan informasi di bagian ini benar dan selalu diperbaharui. 
  5. Pendidikan. Informasi tentang jenjang pendidikan Sobat Pintar. 
  6. Ijin atau sertifikasi. Bagian ini berbeda dengan pendidikan karena lebih ke apa saja sertifikasi atau training singkat yang pernah Sobat Pintar ikuti.
  7. Prestasi. Tujuan bagian ini adalah untuk menuliskan keterampilan utama Sobat Pintar dan membiarkan orang lain mendukung Sobat Pintar.

Cara membuat profil LinkedIn yang menonjol

Berikut adalah 7 tips sederhana yang dapat membantu Sobat Pintar membuat dan  menonjolkan profil LinkedIn Sobat Pintar:

1. Tambahkan headshot 

Hal paling sederhana yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk meningkatkan profil LinkedIn Sobat Pintar adalah dengan menambahkan gambar dengan wajah atau foto yang bagus.

Foto dengan wajah Sobat Pintar adalah kesan pertama ketika mereka masuk ke halaman profil Sobat Pintar. 

2. Buat headline atau judul yang menarik perhatian

Headline atau judul diposisikan tepat di bawah nama Sobat Pintar di profil LinkedIn Sobat Pintar dan akan menjadi hal pertama yang dibaca pengunjung profil.

Sobat Pintar memiliki 120 karakter yang bisa diisi dan menjadi paragraf pendek yang mendeskripsikan diri Sobat Pintar. Selain mencantumkan jabatan Sobat Pintar, sebutkan spesialisasi Sobat Pintar dan bagaimana Sobat Pintar dapat menguntungkan perusahaan atau calon pelanggan Sobat Pintar.

3. Buat ringkasan yang menarik

Ringkasan LinkedIn Sobat Pintar memberi Sobat Pintar kesempatan untuk menceritakan kisah Sobat Pintar. Ringkasan Sobat Pintar bisa menjadi bentuk judul yang lebih panjang; di sini Sobat Pintar memiliki 2.000 karakter untuk dikerjakan sehingga Sobat Pintar dapat menjelaskan lebih detil tentang diri Sobat Pintar. 

Jangan hanya fokus pada pengalaman masa lalu Sobat Pintar, tetapi pada apa yang Sobat Pintar lakukan dengan baik dan apa yang dapat Sobat Pintar berikan kepada calon pemberi kerja.

Ingatlah bahwa kata kunci sangat penting di sini – gunakan kata-kata yang sangat ingin Sobat Pintar kaitkan di bidang Sobat Pintar.

4. Soroti pengalaman Sobat Pintar

Jangan hanya  resume Sobat Pintar ke profil LinkedIn Sobat Pintar. Sobat Pintar tidak memiliki aturan dua halaman yang sama di sini, tetapi Sobat Pintar memiliki pembaca internet dengan rentang perhatian yang pendek.

Pastikan untuk memasukkan pekerjaan apa pun yang Sobat Pintar anggap relevan dengan tujuan karir Sobat Pintar, dan gunakan dua hingga empat poin yang menarik dan mengesankan untuk setiap pekerjaan yang Sobat Pintar sertakan.

Selain itu, gunakan kata-kata tindakan yang baik untuk menunjukkan tidak hanya apa yang Sobat Pintar lakukan, tetapi apa yang Sobat Pintar capai di setiap posisi.

Kuncinya adalah menunjukkan dampak yang Sobat Pintar buat, perubahan yang telah Sobat Pintar lakukan, inisiatif yang Sobat Pintar pimpin, dan hasil yang telah Sobat Pintar berikan.

5. Mulailah membuat koneksi

LinkedIn merupakan sarana bagi Sobat Pintar untuk menambah koneksi. Teruslah mengembangkan koneksi Sobat Pintar agar profil Sobat Pintar juga lebih gampang muncul di halaman orang lain. 

Meskipun Sobat Pintar dapat terhubung dengan orang yang tidak Sobat Pintar kenal, akan lebih baik jika Sobat Pintar terhubung dengan individu yang Sobat Pintar kenal secara pribadi, pernah bekerja dengan, atau bertemu dalam kapasitas profesional.

Jika Sobat Pintar memutuskan untuk terhubung dengan individu yang belum pernah Sobat Pintar temui, Ada bisa kirim pesan permintaan Sobat Pintar dengan menjelaskan siapa Sobat Pintar dan mengapa Sobat Pintar ingin terhubung.

6. Bagikan konten yang relevan dengan industri Sobat Pintar

Berbagi konten yang relevan dengan jaringan Sobat Pintar adalah salah satu cara untuk menambah koneksi di profil LinkedIn Sobat Pintar. 

Sobat Pintar dapat memulai dengan terus memantau feed LinkedIn Sobat Pintar, dan membagikan konten yang menurut Sobat Pintar benar-benar menarik – dan yang sejalan dengan sudut pandang Sobat Pintar.

7. Ganti URL profil Linkedin Sobat Pintar

URL LinkedIn Sobat Pintar adalah alamat web untuk profil Sobat Pintar. URL default akan memiliki nama Sobat Pintar dan beberapa nomor. Mengapa tidak membuatnya menjadi sesuatu yang lebih relevan? Di sepanjang sisi kanan profil Sobat Pintar, Sobat Pintar akan melihat opsi untuk mengedit URL publik Sobat Pintar.

Gunakan opsi itu untuk membuat URL Sobat Pintar lebih ringkas dan rapi – sekali lagi, ini hanya membutuhkan beberapa menit dan ini dapat membuat URL Sobat Pintar jauh lebih mudah diingat.

LinkedIn merupakan sebuah jaringan profesional yang sangat membantu dalam pencarian pekerjaan. Penting bagi Sobat Pintar untuk memiliki profil LinkedIn yang terlihat profesional dan mengetahui cara menggunakan yang benar untuk menarik perhatian para perekrut. 

Dengan berbagai manfaat yang diberikan oleh LinkedIn, Sobat Pintar bisa membuat dan menggunakan profil LinkedIn untuk melamar pekerjaan yang Sobat Pintar inginkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload