Tips dan 5 Resep Mudah Cara Memasak Udang

08 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Feb 2022

Mengolah bahan makanan dari seafood itu cukup rumit, apalagi udang. Jika tidak tahu cara memasak udang dengan benar, Sobat Pintar tidak dapat menikmati kelezatan rasa hidangan laut itu.

Cara Memasak Udang

Untuk itulah, kali ini Kredit Pintar akan memberikan tips cara memasak udang dengan baik untuk Sobat Pintar. Yuk simak tips dari Kredit Pintar berikut ini!

Baca juga: 3 Tips Menyimpan Udang Agar Tetap Segar!

Tips Mengolah Makanan Udang

  1. Pilih udang yang segar

Cara memilih UdangSebelum memulai memasak udang, Sobat Pintar harus membeli udang dengan kualitas yang baik dan segar. Untuk mengetahui kualitas udang yang tidak baik adalah dengan melihat kepalanya. Jika Sobat Pintar melihat kepala udang tersebut hampir lepas, maka bisa dipastikan udang tersebut tidak segar.

Selanjutnya, Sobat Pintar juga bisa melihatnya dari tekstur daging udang tersebut. Jika saat Sobat Pintar sentuh terasa lembek dan tercium bau amis, maka udah tersebut sudah memiliki kualitas yang kurang baik.

Biasanya, udang yang segar dan berkualitas baik adalah udang yang memiliki kulit yang keras dan menempel pada dagingnya. Selain itu, warna daging yang dimilikinya juga terlihat cerah. Jadi, pastikan Sobat Pintar membeli udang dengan kualitas tersebut.

  1. Cara Membersihkan Kotoran Udang

Memiliki udang yang segar akan percuma jika Sobat Pintar tidak tahu cara mencuci udang dengan baik. Terdapat dua cara untuk membersihkan udang yang bisa Sobat Pintar lakukan. 

Jika Sobat Pintar memiliki udang yang berukuran sedang dan besar seperti udang galah dan pancet, Sobat Pintar harus menyayat bagian punggung udang hingga kulitnya yang terasa keras terbuka. Sobat Pintar bisa menyayatnya dengan menggunakan pisau atau gunting.  Lalu, Sobat Pintar harus sayat daging yang ada di bagian punggung udang. Lalu, ambilah kotoran-kotoran udang yang biasanya terlihat seperti benang hitam panjang.

Jika Sobat Pintar ingin mengolah udangnya di bagian kepala, maka bersihkan bagian kepalanya. Untuk udang yang berukuran besar, cara membersihkannya sangat mudah, Sobat Pintar hanya perlu melepas bagian kepalanya dan bersihkan kepalanya tersebut.

Apabila Sobat Pintar memiliki udang yang berukuran kecil, biasanya proses mencuci udang tersebut akan memakan waktu yang lebih lama. Jadi, kalau Sobat Pintar ingin memasak udang tersebut dengan cara ditumis, Sobat Pintar dapat membuang saja bagian kepalanya dan cuci udang tersebut di bawah air bersih yang mengalir.

  1. Suhu Ruangan
Cara memasak udang

Setelah Sobat Pintar selesai membersihkan udang tersebut, Sobat Pintar bisa langsung memasaknya atau menyimpannya di kulkas.

Apabila jumlah udang yang kalian miliki banyak, Sobat Pintar bisa membaginya menjadi beberapa porsi, sebagian untuk langsung dimasak, dan sisanya dapat disimpan di dalam kontainer tertutup dan dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer.

Saat Sobat Pintar ingin menggunakan udang yang telah disimpan di dalam freezer, Sobat Pintar harus mengeluarkan udang tersebut setidaknya 20 menit sebelum memasak. Hal ini bertujuan untuk mencairkan es pada udang. Setelah es mencair, Sobat Pintar bisa langsung mengolah udang tersebut.

  1. Panaskan Minyak Goreng

Sebelum memasukkan udang ke dalam wajan, Sobat Pintar harus memanaskan minyak goreng terlebih dahulu. Begitu pula saat ingin merebus udang, Sobat Pintar harus memasak air tersebut hingga mendidih.

Tips dari Kredit Pintar, Sobat Pintar jangan memasak udang dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat tekstur udang tersebut menjadi liat dan kehilangan rasa alaminya. Jadi, Sobat Pintar harus pastikan bahwa minyak goreng yang akan dipakai sudah cukup panas sehingga udang tersebut tidak perlu dimasak dalam waktu yang lama di atas wajan.

Baca Juga: 10 Daftar Makanan Penambah Massa Otot

  1. Pakai Api Sedang

Memang Sobat Pintar dianjurkan untuk tidak memasak udang dalam waktu yang lama. Namun ini bukan berarti Sobat Pintar harus menggunakan api yang besar. Menggunakan api yang besar bisa membuat udang cepat hangus. Maka dari itu, Sobat Pintar harus menggunakan api yang sedang dan tunggu hingga udang matang secara sempurna.

Setelah mengetahui cara membersihkan makanan udang seperti apa, sekarang Sobat Pintar akan membagikan cara memasak udang mulai dari cara membakar, tumis, atau goreng. Berikut resep andalan dari Kredit Pintar!

3 Variasi Cara Memasak Udang

  1. Udang Saus Tiram

Udang saus tiram merupakan salah satu menu favorit restoran seafood. Sobat Pintar juga pasti sangat menyukai jenis makanan yang satu ini, bukan?

Untuk membuat udang saus tiram ini, Sobat Pintar dapat menggunakan udang jerbung, udang galah, atau udang windu yang memiliki ukuran yang sedang hingga besar. Selain itu, waktu memasak udang saus tiram ini juga terbilang singkat.

Jika Sobat Pintar memasak udang saus tiram ini dengan sempurna, Sobat Pintar kan merasakan tekstur udang yang juicy dengan rasa udang alami yang segar dan manis. Wah, jika ditambahkan nasi, Sobat Pintar bisa merasa makan di restoran seafood mewah, deh!

  1. Udang Bakar Madu
Cara Memasak Udang Bakar Madu

Variasi cara memasak udang selanjutnya adalah udang bakar madu. Sesuai namanya, udang ini dapat diolah dengan cara di bakar, maka dari itu, resep yang satu ini sangat cocok untuk acara seperti tahun baru atau ulang tahun.

Untuk membuat udang bakar madu ini, Sobat Pintar harus menggunakan udang yang berukuran besar seperti udang galah dan udang pancet.

Untuk bahan marinasinya, Sobat Pintar bisa menyiapkan beberapa bawang putih, madu, merica, minyak, garam, dan parutan kulit lemon, saus sambal, dan kecap manis. Sebelum memulai membakar udangnya, Sobat Pintar harus merendam udang tersebut selama 15 menit.

Jika sudah matang, Sobat Pintar sudah dapat menikmati udang bakar madu ini bersama keluarga besar, deh!

  1. Udang Goreng Mentega

Jika Sobat Pintar menyukai udang yang memiliki tekstur garing, maka udang goreng mentega menjadi resep terbaik untuk Sobat Pintar.

Siapa sih yang tidak suka dengan udang goreng mentega? Jika ibu memasak ini dirumah, dalam sekejap pasti sudah habis ludes! Apalagi jika dinikmati dengan sayur tumis kangkung dan nasi, wah pasti rasanya semakin nikmat!

Satu-satunya hal yang membuat rumit memasak udang goreng mentega ini adalah mengupas kulit udangnya. Untuk mengupas kulit udang memang memakan waktu lama, namun jika Sobat Pintar menikmati makan udang dengan kulitnya boleh saja. Tentu saja rasanya akan tetap nikmat.

Baca juga: Cara Buat Kulit Dimsum yang Lembut, Anti Sobek dan Gurih

Sudah Paham Cara Memasak Udang?

Wah, setelah membaca artikel cara memasak udang ini, Kredit Pintar rasa Sobat Pintar jadi ngidam makan udang, nih! Ayo coba buat resep masakan tersebut di rumah bersama orang tua Sobat Pintar! Dijamin, resep rekomendasi Kredit Pintar ini akan membuat Sobat Pintar ketagihan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download