5 Langkah Cara Melembabkan Kulit Wajah

07 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 08 Dec 2021

Banyak impian dari setiap orang khususnya para wanita yang menginginkan kulit wajah yang terlihat sehat, dan kencang. Namun itu semua memang diperlukan usaha yang ekstra agar kulit tetap sehat terjaga kelembabannya. Adapun cara melembabkan kulit wajah memang sangat dicari-cari terutama untuk perawatan yang sangat sederhana, namun dapat memberikan hasil yang optimal.

5 Langkah Cara Melembabkan Kulit Wajah

Pada artikel ini, cara melembabkan kulit wajah akan sangat menguntungkan bagi para wanita karena kulit akan semakin lebih terlihat muda dan juga memiliki pori-pori kulit yang sehat serta kencang atau jika tidak akan dapat memicu timbulnya beberapa permasalahan dengan kulit seperti cepat kering, lebih sensitif, dapat memicu munculnya ruam, kulit mengelupas hingga tanda penuaan dini.

Lantas, bagaimana cara melembabkan kulit wajah agar tetap terlihat lebih sehat dan kencang? Berikut ini beberapa rekomendasi Kredit Pintar yang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Baca Juga: Cara Pintar Memulai Bisnis Properti Pemula

4 Resep Sederhana Cara Melembabkan Kulit Wajah Tanpa Harus Keluar Biaya Banyak 

1. Menggunakan Madu

Bukan jadi rahasia lagi jika madu memiliki manfaat yang banyak untuk kulit. Kandungan antioksidan dan antimikroba pada madu dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan tetap menjaga kelembaban kulit.

Selain itu, kandungan vitamin yang terkandung pada madu dapat menjadi nutrisi untuk kulit. Tak hanya membuat kulit menjadi lembab, madu juga dapat dengan mudah membasmi jerawat dan flek hitam.

Cara mudah untuk mengaplikasikan dari manfaat pada madu cukup dengan menjadikannya sebagai masker alami dengan melulurkan pada bagian yang diinginkan.

2. Minyak  Zaitun dan Gula Alami

Minyak alami yang bagus untuk digunakan adalah  minyak zaitun , yang berfungsi sebagai pembersih dan pelembab alami. Seperti dikutip Kredit Pintar dari ahli kecantikan dan mantan manajer LeBliss Salon and Spa di Louisville, Kentucky, Brandy Crompton, “Cukup gosokkan minyak ke kulit Sobat dan tempelkan kain hangat dan diamkan ke wajah sampai mendingin, kemudian bersihkan sisa minyaknya.” Minyak zaitun adalah pilihan yang baik sebagai pembersih karena tidak akan menghilangkan minyak alami kulit Sobat Pintar, tetapi akan membersihkan kulit wajah, tambahnya.

3.  Minyak Kelapa Sebelum Tidur

Tidak hanya minyak zaitun, menggunakan minyak kelapa untuk melembabkan kulit juga menjadi salah satu alternatif lain yang dapat digunakan agar kulit menjadi lembab.

Seperti dilansir Kredit Pintar dari Tsippora Shainhouse, MD, dokter kulit yang bersertifikat di SkinSafe Dermatology and Skin Care di Beverly Hills, California. 

Minyak kelapa akan menjadi padat pada suhu kamar, jadi gunakan sebagai krim pelembab sebelum tidur atau kapan saja. 

Untuk tumit dan tangan pecah-pecah, oleskan minyak kelapa tersebut, lalu lapisi dengan kaus kaki tebal atau sarung tangan non lateks.

4. Oleskan Lidah Buaya ke Kulit Kering

Meskipun sering dianggap sebagai obat untuk menguatkan rambut agar tidak rontok, gel lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan keriput kulit kering. 

Lidah juga buaya mengandung asam folat, antioksidan, zinc, potassium, magnesium, vitamin B, C, dan vitamin E. Kandungan pada lidah buaya tersebut dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menutrisi kulit, serta menjadikan kulit lebih lembab. 

Lidah buaya bekerja dengan mengurangi kemerahan dan iritasi yang terkait dengan kekeringan berlebih, dan bahkan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, serta jerawat. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Serum Wajah dengan Benar

Cara mengaplikasikannya sendiri adalah dengan mengambil bagian dalam (daging) dari tanaman lidah buaya dan mengoleskan langsung pada wajah.

Akan tetapi, menurut Dr. Shainhouse, beberapa orang yang memiliki dermatitis atau alergi terhadap lidah buaya sebaiknya melakukan tes tempel terlebih dahulu sebelum menerapkannya ke area kulit yang luas.

5. Pertimbangkan Pembersih Enzim Buah atau Exfoliant

Dikutip Kredit Pintar dari stayskinsafe.com, Dr. Shainhouse merekomendasikan untuk menggunakan pencuci atau masker buah enzim infused dua kali seminggu. Enzim buah dapat menjadi penyelamat selama musim kulit kering. 

Asam alfa-hidroksi ini sangat bagus untuk pengelupasan lapisan superfisial sel kulit mati yang kusam di wajah dan tubuh dengan lembut. 

Beberapa enzim buah yang baik untuk dijadikan masker wajah adalah buah nanas, labu, dan pepaya.

6. Gunakan Kompres Susu untuk Kulit Iritasi

Susu memiliki sifat anti-inflamasi alami dan juga mengandung asam laktat, exfoliant alami yang ringan. Untuk membuat kompres susu, Cincinnati Health Institute menyarankan untuk merendam kain bersih (seperti waslap atau handuk) dalam semangkuk susu dingin, dan menahannya di tempat yang kering. Shainhouse merekomendasikan penggunaan kompres ini pada kulit wajah Sobat Pintar selama 5 hingga 10 menit setiap kali. Ini akan sangat membantu untuk kulit wajah yang teriritasi yang juga gatal. 

Namun perlu diperhatikan, dilansir Kredit Pintar dari Harvard Health Publishing, asam laktat dapat menyengat kulit yang pecah-pecah, jadi gunakan dengan hati-hati.

7. Mengkonsumsi atau Membuat Masker dari Yogurt

Kandungan yang terdapat pada yogurt yakni vitamin B6 dan B12 akan sangat berguna untuk menutrisi dan menjaga kelembaban kulit, mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, serta melindungi kulit dari sengatan matahari. 

Cara mudah untuk dapat manfaat dari yogurt ini adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikannya masker alami untuk kulit kering.

Baca Juga: Ketahui Ragam Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan

Ada beberapa langkah-langkah lain yang dapat Sobat Pintar terapkan untuk melindungi kulit dan membantu menjaganya agar tidak mengering.

4 Langkah Untuk Melindungi Kulit Agar Tetap Lembab dan Tidak Mudah Kering 

  • Jadikan pelembab sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian. Segera setelah Sobat Pintar keluar dari kamar mandi, olesi kulit wajah dari ujung kepala atau bisa juga hingga ujung kaki dengan produk yang kaya krim (semakin tebal, semakin bagus).
  • Sobat juga harus menghindari mandi air panas dan membatasi mandi hingga 10 menit,  menurut AAD.org, sabun batangan biasa dapat mengandung bahan-bahan yang keras pada kulit, jadi pilihlah pembersih atau sabun  cair sebagai gantinya.
  • Hindari memaparkan kulit pada bahan kimia yang keras, termasuk  alkohol  dan  cuka sari apel . Bahan-bahan ini dapat memperburuk kulit kering dan bahkan menyebabkan luka bakar dalam beberapa kasus, menurut Dr. Shainhouse.
  • Minum banyak air. Dengan meningkatkan asupan air akan membantu menghidrasi tubuh Sobat  dan melembabkan kulit wajah dari dalam ke luar (belum lagi semua manfaat kesehatan lainnya yang dibawanya).

Itulah beberapa informasi mengenai cara melembabkan kulit wajah yang dapat Sobat Pintar terapkan secara mudah tanpa harus banyak mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download