Ketahui Ragam Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan

16 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 17 Nov 2021

Lemon menjadi buah yang terkenal akan rasa asamnya. Bagi sebagian orang meminum air lemon adalah hal yang dihindari karena takut menimbulkan nyeri pada ulu hati, namun ada juga yang menyukai air lemon karena memberikan kesegaran. Tahukah Anda, dibalik rasa asam yang diberikan air lemon, manfaat air lemon bagi kesehatan sangat banyak. Cara mengonsumsi air lemon juga ada banyak, sehingga mudah bagi Anda untuk mengkonsumsinya.

Ketahui Ragam Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan

Sebelum Anda mengetahui tentang cara dan manfaat mengonsumsi air lemon , Anda juga perlu tahu kandungan apa saja yang ada pada lemon. Kandungan yang ada bisa memberikan informasi bagi Anda tentang vitamin atau zat-zat yang ada.

Kandungan Air Lemon

Air lemon mengandung zat-zat berikut ini:

  • asam sitrat
  • vitamin c
  • fosfor 
  • kalsium 
  • asam folat
  • vitamin B5, B3, B1, dan B2
  • zat besi
  • magnesium
  • kalium

Cara Mengonsumsi Air Lemon

Perlu diketahui sebelumnya bahwa air lemon tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Kadar keasaman pada tubuh seseorang bisa saja berbeda-beda, maka dari itu Anda harus membatasi konsumsinya.  Berikut adalah beberapa cara untuk mengonsumsi air lemon.

  • Menyeduh air lemon

Cara yang pertama adalah menyeduh air lemon ditambah dengan air hangat. Potong beberapa buah lemon menjadi dua bagian, kemudian peras lemon hingga mengeluarkan air, kemudian campur dengan air hangat. Agar air lemon tidak terasa terlalu asam, Anda bisa mencampurkannya dengan air hangat. Dengan cara tersebut Anda akan merasakan rasa hangat yang nikmat pada tenggorokan dan dalam tubuh.

  • Campur dengan madu

Air lemon yang dicampur madu akan memberikan rasa asam dan manis. Cara mengkonsumsinya adalah potong beberapa buah lemon, masukan madu secukupnya ke dalam gelas, lalu campurkan air dari perasan lemon ke dalam gelas. Aduk madu dan air lemon di dalam gelas, air lemon dicampur madu sudah siap dikonsumsi.

  • Campur dengan daun peterseli

Sama dengan mencampur dengan madu, pertama-tama Anda harus memotong lemon lalu peras hingga keluar airnya, selanjutnya masukan daun peterseli ke dalam gelas dan aduk dengan campuran air lemon. 

Setelah mengetahui cara mengonsumsi air lemon, Anda bisa mengkonsumsinya untuk kesehatan karena air lemon memiliki banyak manfaat. Manfaat yang diberikan sangat bagus untuk tubuh, apalagi jika Anda sedang melakukan diet. Apa saja manfaat air lemon?. 

Manfaat Air Lemon

  1. Pilihan buah untuk diet

Bagi seseorang yang sedang diet, mengonsumsi air lemon adalah hal yang wajib dilakukan. Kandungan pada lemon diyakini dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama pada seseorang yang mengkonsumsinya. Lemon juga merupakan buah yang rendah lemak serta kalori. Manfaat tersebut akan membuat seseorang mengurangi porsi makannya. 

Namun, dengan mengonsumsi air lemon saja tidak cukup. Harus didampingi dengan olahraga rutin dan gaya hidup yang sehat juga. Hasil maksimal bisa Anda peroleh jika mengkombinasikan konsumsi air lemon, olahraga, dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Menjaga imunitas

Kandungan vitamin c dan zat antioksidan berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Pada dasarnya tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin tersendiri, seperti kandungan vitamin c. Maka dari itu, mengonsumsi air lemon sarat akan vitamin c untuk daya tahan tubuh. Vitamin C juga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Fungsi lainnya yakni untuk menangkal serangan dari berbagai macam virus dan penyakit serta menangkal radikal bebas. Di masa pandemik seperti saat ini, menjaga imunitas adalah hal yang utama. Rajin minum air lemon bisa Anda lakukan untuk memperkuat imun dengan cara yang sederhana.

  1. Kesehatan Kulit

Sudah bukan rahasia jika lemon adalah buah yang umum digunakan sebagai resep kecantikan. Banyak skincare yang menggunakan campuran dari air lemon pada produk-produknya. Lemon bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan bisa mengurangi datangnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus pada wajah. Lemon mengandung kolagen yang sangat berperan dalam memperbaiki kulit dan mencerahkan wajah.

Membiasakan untuk rajin minum air lemon di pagi bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin c sebagai zat yang membantu menyegarkan kulit akan membantu Anda mendapatkan kulit cerah alami. 

  1. Tubuh Selalu Terhidrasi

Manfaat selanjutnya bagi tubuh adalah air lemon dapat menjadi zat yang dapat menghidrasi tubuh, jadi tubuh tidak mudah kehilangan cairan. Tubuh manusia didominasi oleh cairan, sehingga jika cairan berkurang maka tubuh akan terasa lemah dan mudah lelah. Mengonsumsi air lemon dapat menjadi solusi bagi tubuh yang mudah kehilangan cairan.

Dengan tetap terhidrasi, tubuh dapat meningkatkan kinerja fisik sehingga Anda akan selalu bersemangat dalam menjalankan segala aktivitas. Walaupun Anda sedang menjalankan diet, dengan mengonsumsi air lemon tubuh akan tetap terhidrasi, membawa nutrisi ke sel dan juga mengangkut kotoran keluar dari tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, mengonsumsi air lemon bisa membantu melancarkan perencanaan. Kandungan asam dan serat pektin menjadi zat yang berfungsi sebagai pengurai makanan yang ada di perut. Kandungan serat di dalam air lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis.

Mungkin Anda sering merasa tidak tahan dengan rasa asam yang dimiliki lemon, namun ternyata zat asam itulah yang membantu melancarkan pencernaan. Zat tersebut juga baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes. 

Beberapa manfaat di atas bisa Anda dapatkan jika memilih lemon dengan kualitas terbaik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak salah pilih buah lemon. Manfaat dari air lemon hanya bisa didapatkan jika Anda mengkonsumsi lemon yang baik. Anda bisa memilih lemon dengan kualitas terbaik dengan cara berikut ini.

  • Aroma segar

Lemon yang berkualitas adalah yang memiliki bau asam yang segar. Pastikan Anda memilih lemon dengan aroma khas yang menyegarkan.

  • Warna cerah

Lemon yang berkualitas bagus memiliki warna kuning cerah. Tidak perlu memilih lemon dengan ukuran besar, ukuran kecil namun berwarna kuning cerah yang segar juga bisa Anda pilih. Jangan beli lemon jika warnanya pucat dengan bintik hitam atau coklat pada sekeliling kulit.

  • Tekstur kulit

Selain aroma yang segar dan warna yang cerah, tekstur kulit lemon juga perlu Anda perhatikan. Jangan memilih yang lembek dan kasar. Pilihlah tekstur lemon yang kulitnya halus dan tidak berair.

Setelah Anda mendapatkan lemon yang berkualitas, pastikan masukan ke dalam lemari es agar kualitas lemon tetap terjaga dan segar saat akan dikonsumsi. Jika saat akan dikonsumsi ternyata ada lemon yang kondisinya tidak baik, segera sisihkan dan buang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

17 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload