Cara Menggunakan Serum Wajah dengan Benar

23 Nov 2021 by Laruan

Dewasa ini kesadaran untuk menggunakan skincare wajah semakin meningkat. Terlihat dari semakin banyak produk skincare yang muncul. Banyaknya produk-produk skincare wajah dari brand lokal pun sebagai bukti bahwa skincare sedang jadi produk yang dicari-cari. Salah satu yang paling banyak dicari adalah serum. Dan ini akan membahas cara menggunakan serum

Cara Menggunakan Serum Wajah dengan Benar

Sebelum bahas mengenai jenis-jenis serum yang udah banyak beredar di masyarakat, kita kenalan lebih lanjut dulu dengan serum yuk.

Apa itu serum wajah?

Serum wajah merupakan larutan atau zat cair yang biasanya bertekstur ringan supaya mudah diserap kulit. Terdiri dari formula yang terdiri dari air, asam amino, dan emulasi (campuran air dan minyak). Fungsi serum bermacam-macam, bisa untuk menutrisi kulit, melembapkan kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan flek di wajah, dan lain sebagainya.

Apa saja jenis serum wajah?

Serum wajah memiliki banyak sekali jenis yang disesuaikan dengan fungsinya. Berikut merupakan beberapa jenis serum wajah yang bisa Sobat Pintar gunakan :

  • Serum anti acne

Sesuai namanya, serum ini biasanya digunakan oleh Sobat Pintar yang bermasalah dengan jerawat. Biasanya serum ini memiliki kandungan seperti alicylic acid dan glycolic acid yang termasuk ke dalam AHA dan BHA. 

Manfaat dari serum ini adalah untuk membantu membersihkan dan mengencangkan pori-pori wajah, menyerap minyak yang berlebih pada kulit wajah, dan juga bisa menenangkan kulit dari iritasi dan inflamasi.

  • Repairing serum

Serum wajah ini memiliki fungsi untuk memperbaiki masalah wajah yang dimiliki oleh Sobat Pintar, sesuai dengan namanya. Flek hitam atau bekas jerawat yang susah hilang merupakan beberapa permasalahan wajah yang bisa dihindari dengan penggunaan repairing serum.

Ada beberapa kandungan yang biasanya ada di repairing serum yaitu teh hijau, ceramide, ekstrak rumput laut, dan minyak esensial yang lainnya. Selain itu lender siput juga salah satu kandungan yang banyak ditemukan dalam serum jenis ini.

  • Anti aging serum

Wajah terlihat awet muda sepertinya merupakan impian kebanyakan orang ya? Oleh karena itu serum ini diciptakan untuk mencapai tujuan tersebut. Biasanya fungsi utamanya adalah mengencangkan kulit dan juga mencegah tanda-tanda penuaan lainnya.

Biasanya serum ini memiliki bahan-bahan yang bisa melembabkan kulit seperti glycerin dan hyaluronic acid ukuran makro dan mikro. Selain itu ada juga retinol yang merupakan turunan dari Vitamin A yang memiliki fungsi untuk membantu regenerasi sel-sel kulit. Dan ada Vitamin C sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas.

  • Exfoliating serum

Penggunaan serum wajah ini adalah untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu exfoliating serum juga berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih dan membersihkan pori-pori. 

Serum ini disarankan untuk dipakai pada malam hari. Karena efek samping dari penggunaan exfoliating serum adalah meningkatnya sensibilitas terhadap sinar matahari, sehingga serum dianggap dapat bekerja lebih baik pada malam hari.

  • Hydrating serum

Serum wajah yang ini merupakan sebuah solusi bagi Sobat Pintar yang memiliki kulit kering. Karena fungsi utama serum ini adalah untuk membuat kulit lebih lembab, tentu dengan bantuan pelembab juga agar kandungannya bisa bekerja lebih maksimal. Biasanya serum ini memiliki kandungan aloe vera, vitamin E, dan vitamin B. 

  • Skin brightening serum

Salah satu keinginan dari kebanyakan wanita di Indonesia adalah memiliki wajah yang cerah, dan ini bisa dicapai dengan bantuan dari brightening serum. Biasanya bahan yang ada di dalam serum ini adalah kandungan antioksidan yang biasanya ada di vitamin C dan vitamin E. Ada juga serum yang memasukkan niacinamide karena merupakan vitamin B3 yang memiliki manfaat untuk merawat kehalusan kulit.

Bagaimana cara menggunakan serum dengan benar?

Tentu pembelian serum wajah harus diikuti dengan cara menggunakan serum yang benar. Karena jika tidak, maka penggunaan serum wajah tersebut tidak akan maksimal. Sobat Pintar bisa mencoba beberapa langkah cara menggunakan serum berikut agar bisa mendapatkan fungsi serum dengan maksimal :

1. Cuci tangan dengan bersih

Ini merupakan langkah awal yang terkadang terlupakan tapi ternyata penting. Karena dengan menggunakan tangan yang bersih maka terhindar dari kontaminasi-kontaminasi yang biasanya terdapat di tangan.

2. Bersihkan wajah

Wajah yang sudah dibersihkan merupakan salah satu syarat penggunaan serum wajah yang benar. Karena dengan wajah bersih dari kotoran atau make-up yang masih menempel maka akan membantu serum untuk menyerap dengan sempurna ke kulit.

3. Keringkan wajah

Setelah wajah dicuci bersih, langkah selanjutnya adalah keringkan wajah. Jangan lupa agar menepuk-nepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Usahakan wajah belum terlalu kering, masih terasa lembabnya agar membantu serum untuk bekerja lebih maksimal.

Tips untuk Sobat Pintar yang terlanjur mengeringkan wajah sampai terlalu kering, Sobat Pintar bisa menggunakan face mist atau toner untuk mengembalikan kelembapan.

4. Tuangkan serum secukupnya pada tangan

Perkataan “lebih banyak lebih baik” tidak berlaku untuk penggunaan serum wajah. Cara menggunakan serum yang benar adalah dengan menuangkan sedikit saja ke tangan sekitar 2-3 tetes. Hal tersebut dikarenakan serum memiliki kandungan yang sangat terkonsentrasi. Sehingga penggunaan serum wajah yang berlebihan malah akan membuatnya menjadi sia-sia.

Cara menggunakan serum wajah yang benar selanjutnya adalah dengan menggunakan tangan. Karena penggunaan tangan yang sudah dituang serum dikatakan bisa membuat serum lebih meresap ke dalam kulit. Jadi Sobat Pintar tidak perlu menggunakan alat bantu lainnya ya!

5. Pijat wajah

Setelah langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya adalah dengan meratakan serum ke seluruh wajah. Sobat Pintar bisa melakukan langkah-langkah berikut :

  • Gunakan jari tengah dan telunjuk agar membantu serum bisa tersebar ke seluruh bagian wajah.
  • Tepuk-tepuk secara perlahan pada beberapa titik seperti pipi, kening, dan dagu.
  • Pijat wajah dengan lembut dengan gerakan memutar ke arah atas.
  • Diamkan selama beberapa menit. Hal ini membantu proses penyerapan agar berlangsung lebih efektif.

6. Tempelkan telapak tangan

Tidak hanya sekedar menempelkan telapak tangan saja, tapi sebelumnya Sobat Pintar bisa menggosokkan telapak tangan terlebih dahulu agar tangan menjadi lebih hangat. Setelah dirasa cukup hangat, Sobat Pintar bisa mulai menekan seluruh permukaan wajah dengan telapak tangan sampai terasa sudah tidak hangat lagi.

7. Aplikasikan pelembab

Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab setelah menggunakan serum wajah. Hal ini dikarenakan pelembab memiliki kandungan yang dapat membantu kulit untuk tetap lembab dan menjaga agar kandungan serum yang sudah terserap dalam kulit bisa bekerja dengan baik. Selain itu pelembab juga bisa membantu agar kulit wajah bisa tetap kenyal.

Dengan banyaknya jenis serum seperti yang dijelaskan di atas, bukan berarti semua harus digunakan oleh Sobat Pintar ya! Silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Satu hal yang paling penting adalah bagaimana cara menggunakan serum yang benar agar apapun serum yang kita gunakan bisa bekerja secara maksimal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload