Temukan Perangkat Saya: 5 Cara Melacak HP Yang Hilang

08 Oct 2021 by Rindang Maulidia

HP adalah salah satu gawai yang wajib dimiliki untuk mendukung berbagai jenis aktivitas yang dijalani Sobat Pintar, baik yang masih bersekolah maupun sudah bekerja. Dengan kecanggihan HP di masa kini, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan produktivitas dengan berbagai aplikasi yang tersedia. Hal ini dibuktikan dengan masifnya tren pembuatan grup dalam aplikasi chatting untuk berkoordinasi dengan sesama anggota dalam suatu tim. Dengan adanya hal tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa aplikasi chatting yang terdapat di HP bersifat cukup penting untuk mendukung performa dalam bekerja. Namun, dengan ukurannya yang nyaman digenggam, HP memiliki potensi untuk hilang, baik karena kecerobohan pemiliknya maupun adanya tindak kriminal berupa pencurian. Jika HP hilang, maka seluruh file yang tersimpan dalam HP termasuk riwayat percakapan dengan para anggota tim kerja juga akan hilang. Terlepas dari hal tersebut, siapa sih yang rela kehilangan HP, mengingat ada golongan masyarakat yang rela untuk merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya. Dalam artikel ini, Kredit Pintar akan membagikan berbagai pilihan cara melacak HP yang hilang baik dengan menggunakan berbagai fitur yang sudah tersedia di HP maupun aplikasi tambahan.

Temukan berbagai pilihan cara melacak HP yang hilang baik dengan menggunakan berbagai fitur yang sudah tersedia di HP dan aplikasi tambahan.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Email

Sobat Pintar, tahukah kalian bahwa email bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang?

Penggunaan email untuk melacak HP yang hilang bisa diterapkan pada HP yang memiliki sistem operasi iOS maupun Android, baik dalam keadaan masih aktif maupun dinonaktifkan.

Untuk menerapkan cara ini, Sobat Pintar harus memastikan bahwa email yang akan digunakan untuk melacak HP yang hilang, adalah email yang sama dengan email yang berada pada HP yang akan dicari.

Inilah cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati, maupun hidup menggunakan email:

  1. Masuk ke google.com dan akses email yang digunakan dalam HP yang hilang dengan memasukkan email beserta passwordnya melalui web browser.
  2. Setelah berhasil mengakses email tersebut, pilih ikon titik 9 yang berada di sisi kanan atas.
  3. Pilih masuk ke Google Account/Akun Google Anda, lalu pilih opsi “temukan ponsel Anda”.
  4. Kemudian Google akan menampilkan merek dan tipe HP yang hilang, apabila HP yang ditampilkan sudah benar, Sobat Pintar bisa klik pilihan tersebut dan klik opsi “temukan”.
  5. Setelah itu, Sobat Pintar akan dibawa ke Google Maps dan mendapatkan pemberitahuan lokasi terakhir dimana handphone berada. 

Cara Tracking HP Android Yang Hilang Dengan Google ADM

Google ADM yang merupakan singkatan dari Google Android Device Manager, merupakan aplikasi bawaan dari HP yang memiliki sistem operasi Android.

Sayangnya, cara melacak HP yang hilang ini akan berhasil digunakan apabila HP tersebut berada dalam keadaan aktif.

Berikut ini langkah-langkah untuk melacak HP menggunakan Google ADM.

  1. Gunakan gadget android milik kawan atau kerabat untuk mengakses Google ADM.
  2. Masukkan email dan password yang terhubung dengan HP yang hilang untuk mulai melakukan pelacakan, lalu klik “accept”.
  3. Setelahnya, aplikasi tersebut akan menampilkan merek dan tipe HP yang terkoneksi dengan email yang dimasukkan. Setelahnya, Sobat Pintar bisa klik merek dan tipe HP yang ditampilkan.
  4. Apabila pencarian berhasil, Google ADM akan menampilkan lokasi terkini dari HP tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Melacak HP Yang Hilang

Selain memanfaatkan aplikasi bawaan HP yang sudah disebutkan dalam paragraf sebelumnya, Sobat Pintar juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapatkan melalui Play Store berikut ini, untuk mencari HP yang hilang.

1. Download aplikasi Lost Phone Tracker

Sobat Pintar bisa mengunduh aplikasi Lost Phone Tracker secara gratis dari Google Play dari perangkat lain.

Setelah proses download dan install selesai, Sobat Pintar bisa mengakses aplikasi Lost Phone Tracker dan menuju menu “track lost phone” yang berada pada left sidebar aplikasi tersebut. 

Dengan aplikasi tersebut, Sobat Pintar bisa melacak lokasi terkini dimana HP yang hilang berada.

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa melakukan factory reset jarak jauh menggunakan device lain selama aplikasi tersebut terhubung dengan HP yang hilang, guna melindungi privasi.

2. Aplikasi Google Find My Device menawarkan cara mudah untuk melacak HP

Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, aplikasi ini berarti temukan perangkat saya.

Aplikasi tersebut telah disediakan oleh Google dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

Aplikasi Google Find My Device memberikan kemudahan bagi pemilik HP untuk melacak lokasi terkini dimana HP berada dan memungkinkan pengguna untuk mengunci HP yang hilang dari jarak jauh.

Untuk mengakses lokasi keberadaan HP yang hilang, pengguna bisa memanfaatkan fitur outdoor map apabila HP berada di ruangan terbuka. 

Jangan khawatir apabila HP yang hilang berada di ruangan tertutup karena pengguna bisa mengakses aplikasinya melalui fitur indoor map yang disediakan oleh Google Find My Device.

3. Download aplikasi Find My Mobile

Sobat Pintar yang menjadi pengguna smartphone Samsung bisa sedikit lebih tenang dalam melacak HP yang hilang karena telah memiliki aplikasi bawaan yang bernama Find My Mobile.

Untuk melakukan pelacakan HP Samsung yang hilang, Sobat Pintar bisa meminta kerabat atau saudara yang memiliki HP Samsung untuk membuka aplikasi Find My Mobile dan menyambungkannya dengan perangkat yang hilang.

Cara yang harus dilakukan untuk melacak perangkat sangatlah mudah.

Sobat Pintar harus menuju menu “settings” > “Biometrics and Security” > “Find My Mobile”.

Kemudian, kita bisa pilih opsi “send last location” untuk mendapatkan update lokasi perangkat terkini. 

Gunakan juga fitur “unlock my phone” untuk membuka kunci HP yang hilang dari perangkat Samsung lainnya.

Itulah berbagai pilihan cara cari perangkat saya 

Semoga membantu!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload