Ini Cara Hitung BMI Agar Kamu Tau Berat Badan Idealmu!

30 Oct 2021 by Laruan

Menghitung BMI merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah Sobat Pintar berada dalam kisaran berat badan yang ideal dan sehat atau tidak. Nah, jangan khawatir tentang hal ini, karena sejatinya cara hitung BMI sangatlah mudah untuk dilakukan. 

Sebuah gambar berisi orang

Deskripsi dibuat secara otomatis

BMI atau Body Mass Index secara harfiah dapat diartikan sebagai Indeks Massa Tubuh yang merupakan indeks dari berat badan untuk tinggi badan yang biasa digunakan dalam mengklasifikasikan berat badan. Dengan angka BMI ini, dapat diketahui apakah seorang wanita atau pria dewasa berada dalam kondisi ideal dan sehat, kelebihan berat badan/obesitas, atau kurus. 

Cara Menghitung BMI

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, cara hitung BMI sejatinya sangat mudah dilakukan dan bisa dipahami secara otodidak. Secara garis besar, ada tiga langkah yang harus Sobat Pintar lakukan untuk mengetahui angka BMI. Mari simak pembahasan lebih jelasnya berikut ini.

  1. Mengukur Tinggi Badan

Untuk mengetahui angka BMI, pertama-tama Sobat Pintar dapat mengukur tinggi badan menggunakan pita pengukur atau tali meteran yang direkatkan ke dinding yang lurus dan keras dengan alas yang memiliki ketinggian sepermukaan lantai. Berdirilah dengan punggung yang menghadap dinding sehingga punggung, kepala, betis, dan tumit menyentuh dinding dengan kedua kaki tertutup rapat. 

Sebelum itu, jangan sampai lupa melepas sepatu, sendal, mantel, jaket, topi, dan hiasan rambut lainnya. Sobat Pintar dapat meminta bantuan orang lain dalam mencatat tinggi badan dengan menempatkan penggaris datar yang diposisikan sejajar dengan bagian atas kepala dan kemudian mencatat tingginya dalam satuan sentimeter.

  1. Mengukur Berat Badan

Dalam mencari tahu berat tubuh yang ideal, Sobat Pintar bisa melanjutkan ke tahapan kedua, yakni dengan mengukur berapa berat badan Sobat Pintar. Data mengenai berat badan ini sejatinya sangat berguna dan dibutuhkan saat kita akan menghitung menggunakan rumus BMI di langkah berikutnya. 

Langkah yang harus dilakukan dalam mengukur berat badan di antaranya, mengambil timbangan dan pastikan benda ini berada di permukaan yang rata dan keras. Usahakan untuk menggunakan skala yang sama setiap kali Sobat Pintar mengukur berat badan secara berkala ya. Sebelum menimbang berat badan, jangan lupa untuk melepaskan pakaian berat seperti jaket dan sepatu. Berdirilah di atas bagian tengah timbangan, kemudian catatlah berat badan Sobat Pintar dalam satuan kilogram.

  1. Cara Menghitung BMI Dengan Rumus

Setelah mengetahui berat dan tinggi badan Sobat Pintar yang sesungguhnya, sekarang adalah bagian utama dalam cara hitung BMI. Rumus perhitungan sederhananya, yaitu, berat badan (kg) dibagi tinggi badan yang sudah dikuadratkan dan diubah(m2). Hasil dari pembagian angka inilah yang nantinya disebut sebagai BMI untuk wanita dan pria.

Contohnya, jika Sobat Pintar memiliki berat badan 60kg dengan tinggi badan 165cm atau 1.65m, maka perhitungannya menjadi 60kg/(1.65×1.65) m2, kemudian didapatkan angka 22. Hasil dari perhitungan ini adalah indeks angka tubuh atau BMI Sobat Pintar. Hasil ini mengindikasikan bahwa BMI berada di taraf normal dan sehat.

Itulah cara hitung BMI yang dapat Sobat Pintar lakukan sendiri di rumah. Jika Sobat Pintar merasa malas untuk berhitung, bisa juga dengan menggunakan kalkulator BMI online yang sudah banyak tersedia di berbagai situs secara gratis. Untuk melakukan pengukuran BMI di berbagai situs secara online ini, Sobat Pintar tetap harus mengikut cara satu dan dua untuk menghitung tinggi dan berat badan. 

Kategori Angka BMI

Setiap angka yang didapatkan dari perhitungan rumus BMI memiliki beberapa klasifikasi atau kategori tertentu. Kategori-kategori inilah yang menunjukkan bagaimana keadaan indeks massa tubuh Sobat Pintar, apakah berada dalam kisaran normal atau tidak. Informasi mengenai kategori angka BMI ini sangatlah penting karena apa gunanya mengetahui  cara hitung BMI jika tidak mengetahui arti dari hasil perhitungannya. Nah untuk itu, ini adalah 4 kategori dari hasil perhitungan BMI.

  1. BMI Kurang Dari 18.5

Jika hasil BMI kurang dari 18.5, maka Sobat Pintar bisa dikategorikan sebagai underweight atau berat badan kurang atau kurus. Berkaitan dengan ini, sebaiknya Sobat Pintar lebih waspada, karena pada dasarnya berat badan yang terlalu rendah mungkin dapat membahayakan kesehatan tubuh. Untuk menyikapi hal ini, ada baiknya Sobat Pintar berusaha untuk menaikkan berat badan dan mengunjungi ahli kesehatan yang dapat membantu dalam memberikan saran untuk ini. 

  1. BMI Antara 18.5 dan 24.9

Hasil perhitungan BMI menunjukkan angka 18.5 sampai 24.9? Selamat karena Sobat Pintar masuk dalam kategori berat badan normal dan sehat. Angka BMI ini memiliki arti yang baik untuk kesehatan tubuh. Tantangan terberat bagi yang memiliki BMI di kategori ini ialah menjaga berat badan itu sendiri agar tetap berada di kisaran yang normal. Untuk itu, usahakan agar berat badan Sobat Pintar tidak turun menjadi terlalu rendah hingga di bawah 18.5 ataupun naik terlalu tinggi hingga di atas 24.9. 

  1. BMI Di Antara 25 dan 29.9

Apabila hasil perhitungan BMI menunjukkan angka 25 dan 29.9, Sobat Pintar perlu waspada, karena hal ini menjadi pertanda buruk untuk kesehatan. Angka BMI ini dikategorikan sebagai overweight atau kelebihan berat badan. Berbagai risiko seperti hipertensi, penyakit jantung, hingga penyakit diabetes akan mengintai kesehatan Sobat Pintar sekalian. Untuk itu, cobalah mulai berolahraga dan atur pola makan untuk menurunkan berat badan. 

  1. BMI Di Antara 30 dan lebih

Hasil yang didapatkan dari menghitung BMI mencapai 30 bahkan lebih? Hati-hati, karena ini pertanda Sobat Pintar mengalami obesitas. Jika tidak segera diambil tindakan mengubah pola hidup yang lebih sehat, berbagai risiko penyakit akan semakin meningkat. Bahkan, beberapa kasus obesitas parah disebut-sebut mampu meningkatkan risiko kematian dengan signifikan.  

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai cara menghitung BMI dan apa saja arti dari setiap kategori BMI. Semoga penjelasan ini bisa membantu Sobat Pintar dalam mencapai berat badan yang ideal dan sehat. Ada banyak jalan dan cara yang dapat dilakukan dalam mendapatkan angka BMI yang normal dan sehat dan mempertahankannya. Sobat Pintar dapat mulai berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat, hingga beristirahat dengan cukup. Setelah mengetahui cara menghitung BMI dan Sobat Pintar telah mendapatkan hasilnya, cobalah untuk meminta bantuan tenaga profesional apabila angka BMI terlalu rendah atau terlalu tinggi. Proses yang dilalui ini akan panjang dan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Nah dalam hal ini, Sobat Pintar tidak perlu khawatir soal biaya, karena ada Kredit Pintar yang dapat menjadi solusi dari berbagai masalah keuangan. Dalam waktu 5 menit saja Sobat Pintar sudah bisa mencairkan dana dan masalah kesehatan akan terselesaikan. Jadi, tunggu apalagi?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload