Ingin Berat Badan Ideal? Yuk Kenalan Dengan Diet Yang Satu ini!

04 Jul 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Semua orang ingin memiliki berat badan yang ideal. Berbagai cara dilakukan, mulai dari berolahraga, hingga diet. Kamu juga dapat mencoba banyak jenis diet, mulai dari diet paleo, diet mediterania, diet DEBM hingga diet intermitten fasting. Tapi apakah Kamu pernah mendengar tentang diet Hormon?

Diet hormon diperkenalkan oleh ahli naturopati Natasha Turner. Diet hormon merupakan pola makan yang berfokus untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Hormon merupakan pesan berupa zat kimia yang mampu menggerakan tubuh dan alam pikiran Kamu.

Pengelolaan kadar hormon-hormon diet dengan benar dipercaya dapat mempercepat program penurunan berat badan. Hormon-hormon tersebut adalah :

Leptin

Leptin adalah hormon yang dibuat oleh sel lemak. Leptin berfungsi untuk mengendalikan rasa lapar. Kadar lemak dalam tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh tidak lagi sensitif terhadap leptin.

Insulin

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Pankreas melepaskan hormon insulin yang memungkinkan untuk mengubah glukosa menjadi energi dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Irisin

Adanya irisin pada saat olahraga diyakini mampu mengubah sel lemak putih menjadi sel lemak coklat.

Kortisol dan Serotonin

Kortisol dilepaskan oleh kelenjar adrenal, yang seringkali merupakan alasan mengapa Kamu ingin mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi saat kondisi stress. Sedangkan Serotonin berfungsi untuk menenangkan stress.

Apakah artikel ini membantu kamu? Yuk berikan komentar kamu dibawah ini!