Cara Gadai BPKB Motor Di Pegadaian Agar 100% Di-ACC

Cara Gadai BPKB Motor Di Pegadaian Agar 100% Di-ACC

28 May 2021 by kreditpintar
Cara Gadai BPKB Motor Di Pegadaian Agar 100% Di-ACC

Sistem Gadai adalah salah satu sistem pinjaman dimana Sobat Pintar menjadikan sebuah barang sebagai jaminan untuk ditahan oleh peminjam sampai Sobat Pintar melunasi pinjamannya. Cara ini sudah lama ada di Indonesia dan dilakukan oleh pihak terpercaya, Pegadaian. Sistem ini juga disebut dengan sistem fidusia, yakni sistem dimana hak kepemilikan suatu benda dialihkan ke orang lain. Mencari cara gadai BPKB motor di pegadaian adalah salah satu solusi tercepat untuk mendapatkan dana yang akan dibayarkan dalam waktu singkat. Banyak dari kita yang bingung dengan kebutuhan mendesak dan akhirnya meminjam uang dari rentenir yang justru memberatkan saat pembayaran.

Padahal, gadai BPKB adalah solusi karena Sobat Pintar masih bisa menggunakan kendaraan Sobat Pintar meski tidak ada BPKB-nya. Lalu, bagaimana caranya? Sebelum itu, mari kita bahas alasan kita harus mencoba gadai BPKB motor sebelum mencoba pinjaman lain.

Mengapa harus mencoba menggadaikan BPKB motor di Pegadaian?

1. Gadai BPKB Motor Lebih Mudah

Daripada menggadai yang lain, BPKB Motor adalah hal yang paling cepat untuk dijadikan jaminan pinjaman. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa mengendarai motor untuk berbagai keperluan karena hanya BPKB-nya saja yang ada di leasing, bukan kendaraannya.

2. Bunga Kecil

Pegadaian adalah salah satu lembaga resmi untuk gadai BPKB lantaran bunganya yang merakyat dan juga tenornya yang cukup panjang. Jadi, Sobat Pintar tidak akan mendapatkan kesulitan dalam menggadai BPKB Motor di Pegadaian.

Proses menggadaikan kendaraan Sobat Pintar akan mirip dengan membawanya ke dealer motor dan dinilai. Saat Sobat Pintar membawa kendaraan Sobat Pintar, itu akan dihargai. Nilai kendaraan akan bergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Model
  • Tahun
  • Jarak tempuh
  • Kondisi

Jumlah uang tunai yang ditawarkan untuk kendaraan Sobat Pintar didasarkan pada kondisinya, bukan nilai kredit Sobat Pintar. Sobat Pintar tidak berkewajiban untuk menerima jumlah ini. Namun, jika Sobat Pintar membutuhkan uang tunai dengan cepat, maka Sobat Pintar akan mempertimbangkan dengan serius tawaran tersebut.

Tidak seperti membawa kendaraan Sobat Pintar ke dealer motor, Sobat Pintar memiliki opsi untuk mendapatkan kembali motor Sobat Pintar jika Sobat Pintar memutuskan untuk menggadaikannya di pegadaian motor. Di dealer motor, pada dasarnya Sobat Pintar menjualnya ke dealer untuk mendapatkan uang tunai dan tidak bisa mendapatkannya kembali.

Jika Sobat Pintar memutuskan untuk menerima penawaran tunai untuk kendaraan Sobat Pintar lewat sistem fidusia, Sobat Pintar harus menyerahkan kendaraan Sobat Pintar, kunci kendaraan, dan judulnya. Judul harus jelas dan gratis dan tidak boleh memiliki pinjaman atau hak gadai lain di atasnya.

Kendaraan Sobat Pintar ditempatkan di lokasi yang aman dan judulnya dimasukkan ke dalam brankas. Kendaraan ditahan selama periode pinjaman yang disepakati. Jangka waktu pinjaman biasanya selama 30 hari. Namun, ada opsi jika Sobat Pintar perlu memperpanjang pinjaman untuk jangka waktu 30 hari lagi, hingga 90 hari. Setelah 90 hari, Sobat Pintar perlu menandatangani perjanjian kontrak baru.

Selama waktu ini, Sobat Pintar dapat memilih untuk melakukan pembayaran cicilan atau tidak. Jika Sobat Pintar tidak dapat melunasi seluruh jumlah yang terutang pada akhir 30 hari, Sobat Pintar setidaknya harus membayar biaya 10% untuk memperpanjang pinjaman selama 30 hari berikutnya.

Setiap bulan Sobat Pintar harus membayar biaya 10% untuk menjaga pinjaman tetap aktif dan mencegah kehilangan kendaraan Sobat Pintar secara permanen. Jika Sobat Pintar ketinggalan membayar biaya 10%, pinjaman gadai Sobat Pintar TIDAK diperpanjang secara otomatis. Sebagai gantinya, kendaraan tersebut disiapkan untuk diambil oleh pegadaian kendaraan.

Gadai Atau Jual?

Terkadang, gadai bisa menjadi masalah bila Sobat Pintar tidak yakin dengan kemampuan membayar. Untuk hal ini, maka bisa jadi jual motor adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Pastikan Sobat Pintar melakukan perencanaan pembayaran setelah mengetahui cara gadai BPKB motor di pegadaian. Ini penting untuk menjaga nilai kredit Sobat Pintar di sistem gadai.

Jika Sobat Pintar hanya menginginkan uang tunai untuk motor Sobat Pintar, ini adalah pilihan. Sobat Pintar membawa motor Sobat Pintar, memeriksanya untuk mendapatkan nilai Sobat Pintar, dan memutuskan apakah Sobat Pintar ingin menjualnya dengan uang tunai. Daripada menandatangani perjanjian pinjaman gadai, Sobat Pintar menandatangani hak milik Sobat Pintar ke pegadaian motor, memberi mereka kunci motor dan kendaraan Sobat Pintar, dan pergi dengan membawa uang tunai.

Kendaraan tersebut kemudian dijual di tempat motor bekas pegadaian kendaraan untuk dibeli orang lain. Pilihan ini bagus jika Sobat Pintar memiliki kendaraan tambahan yang tidak Sobat Pintar perlukan atau tidak lagi Sobat Pintar inginkan. Daripada harus mencari seseorang untuk membelinya sendiri, Sobat Pintar dapat dengan cepat mengubahnya menjadi uang tunai di hari itu juga.

Baik Sobat Pintar menggadaikan kendaraan atau memutuskan untuk menjualnya secara tunai, seluruh proses membutuhkan waktu kurang dari setengah jam untuk menyelesaikannya. Sobat Pintar keluar dengan cek di tangan Sobat Pintar dan Sobat Pintar dapat langsung menguangkannya.

Mengapa Pegadaian Kendaraan Tidak Menerima Kendaraan Saya? Ini Sering Terjadi

Pegadaian kendaraan mirip dengan dealer motor. Mereka ingin membeli kendaraan bekas berkualitas dari orang-orang yang ingin menggadaikannya dengan uang cepat. Jumlah uang yang dapat ditawarkan pegadaian motor kepada Sobat Pintar terkait dengan nilai grosir kendaraan, bersama dengan faktor lain yang telah kita bicarakan sebelumnya.

Misalnya, Sobat Pintar memiliki Honda Verza dalam kondisi baik dengan jarak tempuh yang sudah cukup jauh di atasnya dan ingin menggadaikannya. Nilai pembelian saat ini untuk kendaraan khusus ini mungkin hanya berjumlah berapa juta rupiah saja. Dalam hal ini, pegadaian motor bahkan mungkin tidak menerima kendaraan untuk menggadaikan kendaraan, tetapi mungkin bersedia memberi Sobat Pintar beberapa juta rupiah hanya untuk membeli kendaraan dari Sobat Pintar.

Jadi, pastikan Sobat Pintar menggadaikan motor yang masih sehat dan bahkan belum terlalu tua untuk mendapatkan nilai pinjaman yang lebih sesuai dengan pengamatan terhadap kondisi motor Sobat Pintar. Ini akan lebih baik karena toh Sobat Pintar masih bisa mengendarai motor tersebut.

Nah, jadi ada banyak faktor yang bisa membuat cara gadai BPKB motor di pegadaian lebih sulit dari biasanya, yakni karena adanya faktor kendaraan yang tidak layak digadaikan.

Apakah Ada Batasan Berapa Kali Kendaraan Dapat Digadaikan?

Sobat Pintar bisa menggadaikan kendaraan lebih dari satu kali, jika perlu, selama judulnya tetap jelas dan gratis. Ditambah, kendaraan tersebut saat ini tidak dapat berada di bawah kontrak gadai yang ada. Bawa saja motor Sobat Pintar, dapatkan nilainya, dan pergilah dengan uang tunai di tangan hari ini!

Kesimpulan

Meskipun cara gadai BPKB motor di pegadaian terbilang mudah dan tidak rumit, ada baiknya Sobat Pintar tetap dalam koridor perencanaan keuangan untuk mencegah gagal bayar gadai yang akhirnya menyebabkan barang Sobat Pintar diambil oleh pihak peminjam.

Simpanlah uang Sobat Pintar untuk keadaan darurat seperti biaya pengobatan emergency atau buatlah tabungan berencana untuk pendidikan anak.

Namun terkadang musibah tidak ada yang tahu. Bila Sobat Pintar membutuhkan dana cepat, maka Sobat Pintar bisa beralih ke pinjaman uang online seperti Kredit Pintar. Keunggulan sistem ini adalah tidak adanya jaminan yang harus diberikan untuk mendapatkan pinjaman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk