5 Cara Kilat Daftar Internet Banking

21 Dec 2021 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Cara daftar internet banking saat ini sudah semakin mudah karena semakin berkembangnya era digital yang semakin mengharuskan setiap orang untuk bisa bertransaksi secara digital atau cashless.

Saat ini semua bank sudah menyediakan fitur atau layanan internet banking ini. Bagi Anda yang belum memiliki internet banking, maka Anda wajib menyimak penjelasan mengenai cara daftar internet banking berikut ini.

Cara daftar internet banking di BRI

Cara daftar internet banking yang akan dibahas pertama yaitu pada Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Bagi Anda yang merupakan pengguna bank BRI, maka Anda juga bisa melakukan transaksi hanya dengan menggunakan HP atau komputer Anda tanpa harus pergi ke bank. 

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda memiliki internet banking BRI yang bisa didapatkan setelah Anda mendaftar. Cara daftar internet banking BRI ini bisa dilakukan melalui kantor cabang bank BRI terdekat dengan rincian seperti berikut ini.

  1. Kunjungan ke kantor cabang

Pertama yaitu nasabah datang mengunjungi kantor cabang bank BRI terdekat. 

Setelah itu, nantinya nasabah akan diminta untuk memberikan data-data pribadi seperti KTP, buku tabungan, kartu ATM, nomor telepon dan email aktif.

  1. Mengisi formulir pendaftaran

Langkah yang kedua yaitu nasabah mengisi formulir pendaftaran yang diberikan oleh customer service officer yang ada di counter

  1. Pembelian dan pengaktifan token

Selanjutnya setelah nasabah mengisi formulir pendaftaran yaitu pembelian token m-Token BRI. Token m-Token BRI tersebut kemudian akan diaktifkan dan nasabah pun dapat menggunakan internet banking BRI setelahnya.

Cara daftar internet banking BRI lewat ATM

Cara daftar internet banking BRI juga dapat dilakukan melalui ATM tanpa harus pergi ke kantor cabang bank BRI dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, masukkan pin ATM Anda
  • Kedua, pilihlah menu “lainnya”
  • Ketiga, pilihlah menu “registrasi”
  • Keempat, pilihlah “internet banking”
  • Kelima, masukkanlah password enam digit untuk internet banking BRI Anda
  • Keenam, ulangilah password Anda tadi untuk mendapatkan user ID BRI internet banking
  • Ketujuh, Anda akan mendapatkan struk berisikan user ID dan password
  • Kedelapan, lakukan aktivasi BRI IB melalui eform di situs resmi https//ib.bri.co.id
  • Kesembilan, masukkanlah user ID dan password BRI IB yang Anda dapatkan tadi
  • Kesepuluh, masukkanlah kode captcha
  • Kesebelas, Anda akan diberi pilihan untuk mengganti password BRI IB dan memasukkan email Anda

Nah, setelah Anda melakukan semua proses di atas maka internet banking BRI atau BRI IB Anda kini sudah aktif untuk digunakan bertransaksi.

Cara daftar internet banking di BCA

Cara daftar internet banking di BCA juga bisa dilakukan secara mandiri melalui ATM tanpa harus ke bank lho

Pertama, Anda harus pergi ke ATM BCA terdekat kemudian masukkan kartu ATM BCA Anda seperti saat Anda akan mengambil uang.

Kedua, pilihlah menu “daftar e-banking” kemudian “internet banking” dan kemudian Anda akan mendapatkan user ID KlikBCA.

  1. Aktivasi KlikBCA melalui Halo BCA

Cara daftar internet banking BCA di ATM secara mandiri ini masih belum selesai karena masih harus dilanjutkan ke tahap aktivasi KlikBCA agar dapat digunakan untuk transaksi.

Anda bisa melakukan proses aktivasi ini melalui Halo BCA dengan nomor telepon 1500888. Ketika Anda menghubungi Halo BCA, Anda akan dimintai sejumlah informasi seperti nomor rekening, nomor HP yang aktif, foto KTP, foto diri dengan KTP, dan tanda tangan.

Nah, setelah itu permohonan aktivasi KlikBCA Anda akan diproses dan setelah selesai diproses maka KlikBCA bisa Anda gunakan untuk transaksi.

Baca juga: Ciri 4 Modus Penipuan Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

  1. Aktivasi KlikBCA melalui kantor cabang terdekat

Selain melalui Halo BCA, aktivasi internet banking BCA juga bisa dilakukan melalui kantor cabang BCA terdekat. Cara daftar internet banking BCA juga bisa dilakukan di kantor cabang BCA terdekat bagi Anda yang ingin dibantu oleh customer service untuk proses pendaftarannya.

Anda cukup datang ke kantor cabang BCA mana saja, kemudian Anda bisa mengajukan permohonan aktivasi KlikBCA Anda di counter customer service.

Jangan lupa untuk membawa kelengkapan data pribadi seperti buku Tahapan, kartu ATM BCA, KTP asli, dan nomor HP internet banking Anda ketika Anda pergi ke counter customer service.

Baca juga: Cari Pinjaman Online Bunga Rendah? Pakai Kredit Pintar Saja!

Cara daftar internet banking Mandiri

Cara daftar internet banking yang selanjutnya yaitu pada bank Mandiri yang bisa dilakukan secara mandiri maupun ke kantor cabang terdekat.

Bisa dilakukan melalui aplikasi di HP atau ke ATM terdekat.

  1. Cara daftar internet banking Mandiri melalui HP

Melalui HP bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi Mandiri Mobile terlebih dahulu melalui Google PlayStore di HP Anda. 

Setelah Anda menginstal aplikasi tersebut, kemudian bukalah aplikasi tersebut dan pilihlah menu aktivasi IB Mobile BRI. Setelah selesai, maka Anda akan mendapatkan SMS pemberitahuan jika Mandiri Mobile Anda sudah aktif dan sudah bisa digunakan untuk proses transaksi.

Baca juga: Kenali Modus Penipuan Pinjaman Online dan 3 Cara Pencegahannya

  1. Cara daftar internet banking Mandiri melalui ATM

Internet banking Mandiri bisa juga dilakukan melalui ATM Mandiri terdekat. Caranya cukup mudah, pertama Anda mengunjungi ATM Mandiri terdekat, kemudian masukkanlah kartu ATM Mandiri Anda seperti saat Anda ingin mengambil uang di ATM.

Kemudian, Anda bisa memilih menu “transaksi lainnya” lalu pilihlah “Pendaftaran e-banking”, kemudian pilihlah “Internet banking”. 

Setelah itu pilihlah opsi setuju untuk melanjutkan, lalu masukkan pin ATM Anda dan Anda akan diminta untuk menginput PIN untuk internet banking. Lakukan konfirmasi PIN dengan cara menginputkan PIN Anda kembali. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan struk berisi kode akses dan nomor kartu Anda.

Baca juga: Murah, Ini Spesifikasi Oppo A5S dan Harganya

Internet Banking Mandiri: cara aktivasi

Anda lakukan melalui aplikasi Mandiri Mobile maupun melalui ATM Mandiri masih belum selesai sampai di situ, karena Anda harus melanjutkannya dengan melakukan aktivasi.

Cara aktivasi bisa Anda lakukan melalui dua cara yaitu m-Token dan kantor cabang terdekat. Cara aktivasi melalui m-Token bisa Anda lakukan dengan cara membuka website ib.bankmandiri.co.id. Kemudian, carilah menu “pengguna baru” atau “registrasi ulang”.

Setelah itu Anda akan melihat syarat dan ketentuan yang ditampilkan, kemudian Anda akan diminta untuk menginput Access ID sebanyak 16 digit dan Access Code Internet. 

Lalu, pilih aktifkan dan Anda akan diminta untuk mengisi User ID, PIN internet banking, dan alamat email dan setelah itu pilihlah menu “kirim” dan Anda akan  mendapatkan pemberitahuan bahwa aktivasi iBanking Mandiri Anda telah berhasil.

Internet Banking BNI

BNI sama seperti bank-bank lainnya, yaitu bisa dilakukan secara mandiri maupun melalui kantor cabang terdekat.

Cara daftar internet banking BNI melalui ATM

BNI secara mandiri bisa dilakukan melalui ATM BNI terdekat. Pertama, masukkanlah kartu ATM BNI Anda kemudian masukkanlah PIN ATM Anda. Kedua, pilihlah menu registrasi e-Channel dan pilihlah BNI Internet Banking.

Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan PIN sebanyak 6 digit untuk pendaftaran. Setelah proses registrasi selesai, Anda akan mendapatkan struk yang berisi kode akses sebagai bukti registrasi Anda yang akan diminta pada saat proses aktivasi melalui website maupun kantor cabang terdekat.

Cara daftar internet banking BNI: aktivasi BNI Internet Banking

Setelah Anda mendapatkan struk yang merupakan bukti registrasi Anda, maka selanjutnya Anda harus melakukan aktivasi internet banking Mandiri Anda dengan eform melalui situs https://ibank.bni.co.id.

Nah, kode akses pada struk yang Anda terima tadi digunakan ketika Anda login BNI Internet Banking. Selanjutnya Anda bisa mengikuti prosedur aktivasi internet banking BNI sesuai dengan yang ada pada situs tersebut.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download