Cara Buat Kimchi, Enak, Halal, dan Mudah

28 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Ada yang bingung cara buat kimchi? Bagi yang suka drama korea, mungkin tidak terlalu asing lagi dengan jenis makanan tersebut. Drama korea bukan hanya menampilkan pesona artisnya saja yang luar biasa menarik.

Resep Kimchi Mudah ala Rumahan, Bikin Sendiri Makanan ala Drama Korea  Halaman all - Kompas.com

Tak jarang di sela-sela adegan penonton akan disajikan budaya masyarakat negara tersebut, termasuk makanan kimchi. Faktanya, kimchi merupakan makanan berupa sayuran yang difermentasikan. Di Korea, banyak restoran yang menyajikannya sebagai pendamping menu.

Makin melejit kepopuleran drama Korea, makanan kimchi pun banyak dicari. Banyak pedagang online yang menawarkannya. Sayangnya, pada umumnya beli kimchi secara online selalu terkendala soal pengiriman.

Daripada malas menunggu kimchi sampai jika beli online, lebih baik buat saja di rumah. Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan kok. Cara buat kimchi juga sama sekali tidak sulit, berikut penjelasan selengkapnya

Baca Juga: Cara Membuat Hotteok Enak Ala Street Food Korea

Apakah Makanan Kimchi Halal?

Mungkin ada yang mempertanyakan apakah kimchi itu halal? Mengingat kimchi itu berasal dari negara Korea yang notabene masyarakatnya mayoritas non muslim. Jangan khawatir, kimchi adalah makanan hasil fermentasi seperti halnya yoghurt atau tempe, tahu di Indonesia.

Bahan-bahannya pun bukan dari yang diharapkan menurut syariat islam. Mungkin jika ada pun, itu hanya bersifat bahan tambahan, sehingga boleh tidak turun dicampurkan. Jadi, tak perlu ragu untuk buat kimchi sendiri di rumah. 

Satu lagi, keuntungan buat sendiri kimchi adalah Anda bisa tahu bahan apa saja yang dipergunakan. Bayangkan jika beli online, bisa jadi kimchi pesanan tadi sudah ditambahkan bahan tertentu sehingga membuat kimchi tidak halal. 

Cara Buat Kimchi Sendiri di Rumah, Enak dan Halal

Saat ini, informasi tentang cara buat kimchi cukup banyak dicari. Tidak sulit kok buat kimchi ala korea, lagipula bahannya pun sangat mudah ditemukan. silakan ikuti saja panduan selengkapnya di bawah ini

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Resep Kimchi Gochujang Sederhana oleh Merti Ardilla - Cookpad
  1. 600 gram sawi putih, atau kira-kira 3 sawi dengan ukuran sedang
  2. 2 buah wortel
  3. garam secukupnya
  4. 1 gelas air
  5. Daun bawang sesuai selera
  6. 1 sendok makan tepung beras
  7. 1 gelas air matang
  8. 5 siung bawang putih
  9. 2 sendok teh gula pasir
  10. Jahe 1 ruas jari
  11. ¼ Bawang Bombay
  12. 6 sendok bubuk cabai
  13. 5 sendok makan kecap ikan

Langkah-Langkah Membuat Kimchi

1. Siapkan Sawi Putih

Pertama sekali silahkan siapkan sawi putihnya. belah menjadi 2 bagian dengan posisi vertikal atau memanjang. Lalu berikan irisan agak memanjang pada bagian bawah namun jangan sampai putus. Jangan lupa bersihkan sawi hingga benar-benar bersih dari kotoran apapun.

2. Baluri Sawi Dengan Garam

Setelah yakin jika sawi tadi sudah bersih, silakan baluri dengan garam. Ini bagian paling penting dari cara buat kimchi yang enak. Pastikan baik permukaan atau sela-sela sawi putih tadi sudah terbalut garam secara merata. 

3. Diamkan Sawi

Apabila sudah yakin semua sawi putih sudah terbaluri dengan garam sepenuhnya, silakan diamkan sejenak. Kira-kira sekitar 2 jam pendiaman. Jangan lupa bolak-balik sawi setiap 30 menit sekali supaya garam lebih meresap. 

4. Parut Wortel

Jangan buang-buang waktu selama menunggu sawi didiamkan. Lebih baik langsung parut saja wortel hingga bentuknya jadi memanjang. Setelah itu, potong-potong juga daun bawang dengan ukuran bulat agak kecil, lalu sisikan keduanya. 

5. Buat Bumbu Kimchi

Berikutnya segera siapkan wajan untuk mempersiapkan saus. Tuangkan tepung beras dan air dalam wajan lalu didihkan pada wajan. Setelah dirasa cukup mendidih, tambahkan gula pasir lalu aduk lagi hingga didapatkan konsistensi cukup kental.

Apabila sudah dirasa cukup kental, matikan api kemudian sisihkan. Lalu siapkan bawang putih, bawang bombay, dan jahe. Haluskan ketiga bahan tersebut lalu masukkan ke adonan tepung beras dan air tadi. 

Jangan lupa juga tambahkan kecap ikan dan bubuk cabai yang sebelumnya sudah disiapkan. Setelah aduk sampai merata. Tahap berikutnya silakan campurkan wortel dan daun bawang yang sudah diiris lalu aduk lagi hingga benar-benar rata. 

Baca Juga: Berbagai Jenis Kue Korea yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

6. Balurkan Bumbu Kimchi Pada Sawi

Setelah 2 jam, cuci sawi putih yang sudah didiamkan tadi. Setelah dirasa cukup bersih, segera balurkan bumbu kimchi ke seluruh sisi sawi putihnya. Pastikan semua bagian terbaluri, dan jika sudah silahkan gulung-gulung sawi.

7. Simpan Sawi

Jika semua sawi sudah terbalut oleh bumbu kimchi, tinggal di simpan saja. Pastikan tempat penyimpanannya kedap udara jangan pernah dibuka sampai waktunya siap dinikmati. Waktu penyimpanan sawi hingga siap jadi kimchi ini sekitar 2 hari dalam suhu ruang. 

8. Kimchi Siap dinikmati

Setelah 2 hari didiamkan, silakan pindah sawi kimchi tadi ke dalam kulkas. Lalu kapan tanda kimchi sudah bisa dinikmati? Apabila Anda sudah bisa lihat air dalam kimchi sudah berubah sedikit berbusa, artinya boleh dicoba untuk merasakannya.

Resep dan Cara Membuat Kimchi Sederhana Ala Korea yang Mudah Rumahan -

Tips Saat Membuat Kimchi Dari Sawi Putih

Sudah tahu bukan bagaimana cara buat kimchi yang enak dan mudah? Biasanya, ada beberapa orang yang gagal pada percobaan pertama. Untuk meminimalisir kegagalan tersebut, ada tips yang bisa dicoba yaitu:

1. Pilih Sawi yang Segar

Bahan utama untuk pembuatan kimchi adalah sayur sawi putih. Maka, hal penting yang harus diperhatikan adalah tentang pemilihan sawi putihnya. Pastikan hanya pilih sawi putih yang kondisinya masih segar. 

Ada baiknya buang daun terluar. Biasanya sawi putih ada sekitar 1 atau 2 lapis bagian luar yang warnanya sudah kecoklatan. Kalau sudah begitu bisa diartikan jika sawi putih tersebut sudah dalam kondisi kurang segar.

Sawi putih cukup mudah ditemukan karena bisa panen sepanjang tahun di Indonesia. Saat Anda tidak berhasil menemukan sawi putih yang segar, silakan pakai sayur alternatif seperti timun, lobak, atau kucai. 

2. Gunakan Garam Kasar

Tips buat kimchi selanjutnya adalah pemilihan garam. Ada baiknya pilih garam dengan tekstur yang lebih kasar atau lebih tebal dari garam kosher. Penggunaan garam kosher ini bukan tidak ada tujuannya.

Salah satunya adalah bisa membuat sayuran lebih cepat layu. Sehingga, proses fermentasi pun jadi lebih cepat. Masa simpan kimchi sendiri jadi bertambah makin lama jadi lebih awet.

3. Buat Bumbu Kimchi Sesuai Selera

Anda dapat buat bumbu kimchi dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Kalau suka rasa pedas, tinggal tambahkan pasta cabai lebih banyak. Seandainya kurang suka dengan kecap ikan pun boleh diganti dengan terasi udang.

4. Perhatikan Proses Fermentasi 

Anda pun tak boleh melewatkan tips buat kimchi yang satu ini yaitu memperhatikan proses fermentasi. Terutama saat menyimpan kimchi, pastikan jangan terlalu memenuhi wadahnya. Sebab, air hasil fermentasi kimchi nantinya akan naik.

Wadah fermentasi kimchi harus disimpan dalam suhu ruang. Sekitar 2 atau 4 harian. Jika fermentasi berhasil, tandanya muncul gelembung. Setelah itu, kimchi baru boleh dimasukkan dalam lemari es, untuk meminimalisir rasa asam.

Baca Juga: Cara Membuat Kimbab Sederhana ala Indonesia

Itu dia tadi cara buat kimchi sendiri di rumah. Jangan khawatir, walaupun dari korea, kimchi tetap halal kok. silakan coba buat dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips-tips yang sudah dibahas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download