Cara Membuat Kimbab Sederhana ala Indonesia

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 03 Mar 2022

Salah satu makanan populer Korea yang sedang banyak digandrungi di Indonesia adalah kimbab. Simak cara membuat kimbab khas Korea ala Indonesia dengan mudah berikut ini.

Cara Membuat Kimbab Sederhana ala Indonesia

Makanan ini kerap muncul dalam banyak adegan makan di drama Korea. Bagi yang baru pertama kali melihatnya secara langsung, sekilas kimbab memiliki bentuk yang sangat mirip dengan sushi dari Jepang meski jelas bahan dan rasanya tidaklah sama. 

Dengan penampilan dan penyajiannya yang praktis dan sederhana, tak heran bila di Korea sana kimbab menjadi kuliner serba bisa yang dapat disantap dalam berbagai situasi. Mulai untuk sarapan, makan siang, piknik, bekal bahkan saat sedang sibuk sekalipun. 

Oleh karena alasan praktis itulah, kimbab pun bisa dibuat oleh siapa saja, tidak harus oleh orang Korea. Sobat bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus membelinya di gerai-gerai atau restoran Korea yang sudah banyak berdiri di Indonesia. Bahkan sobat dapat membuatnya tanpa harus memakai bahan makanan asli Korea. 

Tertarik untuk mencoba? 

Baca juga: Cara Membuat Kulit Dimsum

Apa Itu Kimbab?

Berasal dari akar kata “gim” dan “bap”, gim berarti rumput laut dan bap artinya beras atau nasi. Jadi, kimbab atau kimbap itu sendiri adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut serta memiliki varian isi seperti daging, ikan, telur dan sayur. Supaya lebih mudah disantap, dalam penyajiannya biasanya kimbab yang utuh akan dipotong-potong terlebih dahulu sesuai selera.

Di Korea sendiri, kimbab biasanya disantap bersama makanan populer lain seperti kimchi. Penampilannya yang sederhana serta pembuatannya yang praktis membuat makanan ini mudah dibawa dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Karena itulah, kimbab seringkali dijadikan bekal untuk makanan siang, piknik, atau bahkan bisa juga untuk diet.

Jenis-jenis Kimbab

Sekilas terlihat semua kimbab sama saja namun sebenarnya makanan yang satu ini punya banyak varian, lho! Dilansir dari beberapa literatur seperti laman Merdeka dan IDN Times, ada beberapa jenis kimbab khas Korea yang mungkin bisa Sobat coba di rumah, antara lain sebagai berikut. 

Classic Kimbab (Kimbab Klasik)

Seperti namanya, kimbab yang satu ini adalah jenis kimbab yang paling banyak Sobat temui bila berkesempatan liburan ke Korea. Ada banyak penjual lokal di sana yang menjual kimbab ini di mana-mana. Umumnya, isian kimbab klasik berupa daging sapi, kue ikan, akar burdock, telur, serta sayur-sayuran seperti bayam, wortel dan acar lobak kuning.

Chungmu Kimbab

Nama “Chungmu” diambil dari nama sebuah kota pelabuhan di Korea yang bernama sama. Dulunya, penduduk kota Chungmu membuat kimbab versi mereka sendiri dengan sangat sederhana hanya nasi dan rumput laut panggang saja. 

Namun seiring berjalannya waktu, cara membuat kimbab orang-orang Chungmu pun mulai berbeda. Mereka menambah isian lain seperti cumi dan lobak pedas untuk menambah cita rasa kimbab. Untuk lebih menggugah selera saat disantap, biasanya mereka menyantapnya bersama dengan tteokbokki sebagai pendamping.

Mayak Kimbab

Mayak Kimbab adalah versi mini dari kimbab klasik. Jadi karena itulah, isian kimbab yang satu ini tidak sebanyak kimbab klasik atau kimbab jenis lain. Umumnya, isiannya hanya berupa bayam rebus, acar lobak dan wortel. 

Dalam penyajiannya, orang Korea biasanya menabur biji wijen di atasnya. Oleh karena ukurannya yang mungil, biasanya Mayak Kimbab disantap dalam keadaan utuh tanpa harus dipotong-potong terlebih dahulu. 

Yachae Kimbab

Cara Membuat Kimbab Sederhana ala Indonesia

Sedang dalam masa diet? Tidak masalah. Sobat Pintar masih bisa mengonsumsi makanan lezat seperti Yachae Kimbab. Cara membuat kimbab yang satu ini sangat mudah. Dengan hanya berisikan sayuran-sayuran lezat yang sudah diolah sebelumnya, makanan ini sangat cocok bagi Sobat yang sedang mengurangi konsumsi daging, telur, ikan, dan sejenisnya. 

Tertarik untuk membuatnya di rumah?

Kimchi Kimbab

Kimchi adalah salah satu makanan paling populer di Korea. Oleh karena kepopulerannya itulah, maka tak heran bila kimchi sudah menjadi menu wajib utama yang harus ada di setiap meja makan orang-orang Korea. 

Saking sukanya dengan kimchi, mereka bahkan memadukan makanan ini dengan kimbab sehingga jadilah Kimchi Kimbab. Dari hasil perpaduannya itulah, rasa kimbab yang satu ini lebih beragam yakni perpaduan antara lezat, pedas, dan segar.

Chamchi Kimbab

Bagi penggemar ikan tuna, Chamchi Kimbab adalah salah satu makanan Korea yang patut untuk dicoba. Dengan isian utama berupa ikan tuna yang sudah dihaluskan dan dicampur saus mustard sebelumnya, biasanya Chamchi Kimbab juga diberi tambahan lain. Misalnya saja sayur-sayuran, acar lobak, kue ikan, dan telur. 

Baca juga: Cara Memasak Ikan Salmon dengan Mudah

Nude Kimbab

Cara membuat kimbab yang satu ini sungguh unik dan berbeda daripada kimbab yang lain. Alih-alih menggunakan nori untuk menggulung isian, Nude Kimbab malah menggunakan nasi di lapisan paling luar sebagai penggulung. 

Sementara itu, rumput laut-nya digunakan untuk membungkus isian yang akan ditambahkan seperti acar lobak, telur, wortel, daging kepiting dan daun perilla. Oleh sebab itulah, warna kimbab ini justru putih seperti nasi, bukan berwarna hijau tua seperti rumput laut.

Namun dalam referensi lain, ada juga masyarakat Korea yang tidak menggunakan rumput laut sama sekali. Jadi mereka hanya menggunakan nasi untuk menggulung isian sayur dan bahan-bahan lain. Kalau begini, malah menjadi lebih mudah untuk dicoba sendiri di rumah, bukan?!

Gyeran Kimbab

Tidak punya nori di dapur rumah? Well, Gyeran Kimbab bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis kimbab yang satu ini justru memakai telur dadar untuk membalut dan menggulung nasi serta bahan-bahan isian di dalamnya. Soal rasa, pastinya tidak kalah lezat dengan kimbab pada umumnya. Tertarik untuk mencoba?

Samgak Kimbab

Bisa dikatakan bahwa kimbab yang satu ini benar-benar anti-mainstream. Bila kimbab yang lain bulat, maka Samgak Kimbab bentuknya malah segitiga. Isiannya bisa bermacam-macam mulai dari tuna, kimchi, hingga bulgogi. 

Alih-alih buat sendiri, biasanya masyarakat Korea lebih suka membeli Samgak Kimbab di minimarket. Jadi, jika suatu hari nanti Sobat ke Korea namun bingung mau sarapan apa, Samgak Kimbab yang dijual di seluruh minimarket di sana bisa jadi solusi.

Selain kesembilan jenis kimbab di atas, sebenarnya masih ada banyak varian kimbab di Korea tergantung isiannya. Ada Bulgogi Kimbab yang isiannya menggunakan daging bulgogi, Soegogi Kimbab yang hanya menggunakan isian daging tanpa sayur-sayuran, atau bagi yang non-muslim bisa mencoba Tonkatsu Kimbab yang isiannya adalah daging babi. Selain itu, jika lebih suka potongan daging kepiting sebagai bahan isian utama, Wonjo Kimbab patut untuk dicoba.

Cara Membuat Kimbab yang Mudah dan Praktis di Rumah

Pada dasarnya, cara membuat kimbab itu mudah dan sederhana yakni hanya dengan menggulung nasi dengan lembaran nori lalu mengisinya dengan berbagai macam varian isian. Hal yang membuatnya menarik adalah tentang kreasi isian yang akan dimasukkan karena bisa saja berbeda sesuai dengan selera masing-masing pembuatnya. Oleh sebab itulah, resep kimbab pun menjadi sangat beragam. 

Nah, bagi Sobat yang lebih suka membuat kimbab rumahan yang bercita rasa khas Indonesia tanpa harus menggunakan bahan-bahan ala Korea yang agak susah ditemukan di sini, Sobat bisa mencoba resep yang satu ini. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan sangat sederhana sehingga dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau supermarket terdekat. 

Beberapa diantaranya seperti nasi pulen hangat, lembaran nori, udang yang sudah diiris kecil-kecil (opsional – kalau tidak ada bisa diganti dengan potongan ayam atau sosis), dan tiga butir telur.

Untuk sayur-sayurannya bisa disesuaikan dengan selera Sobat. Namun untuk standar-nya dapat menggunakan wortel yang sudah diiris bentuk kotak-kotak, paprika merah yang dipotong memanjang, serta timun yang juga diiris memanjang. Jangan lupa siapkan juga kecap asin, satu siung bawang putih halus, serta bumbu-bumbu dasar seperti garam, lada dan kaldu bubuk dan minyak untuk menumis. 

Baca juga: Tips-tips Mudah Memasak Udang Beserta Resepnya

Penasaran bagaimana cara membuat kimbab rumahan dengan bahan-bahan seperti yang disebutkan di atas? Berikut langkah-langkah detail-nya!

  1. Tumis bawang putih halus hingga harum lalu masukkan wortel dan udang. Aduk rata hingga tercampur sempurna
  2. Tambahkan lada bubuk dan kecap asin ke dalamnya lalu sisihkan
  3. Masukkan telur ke dalam suatu wadah, campur dengan tumisan udang + wortel yang sudah dibuat tadi lalu aduk rata
  4. Tambahkan bumbu-bumbu dasar yang sudah disiapkan sesuai selera seperti garam dan kaldu bubuk
  5. Dadar campuran telur tersebut hingga menjadi beberapa porsi sesuai dengan jumlah lembaran nori yang disiapkan
  6. Saat menggulung telur, Sobat bisa menambahkan irisan paprika sesuai selera 
  7. Pada gulungan roll yang sudah dialasi dengan plastik, letakkan nori. Ingat, bagian mengkilapnya di bagian luar
  8. Tuang nasi hangat pulen merata ke seluruh nori
  9. Letakkan telur di tengah nasi kemudian gulung dengan rapi dan kimbab pun jadi
  10. Potong kimbab tersebut dalam beberapa potongan seperti yang diinginkan
  11. Sobat Pintar dapat menyajikannya dengan saus sambal khas Indonesia seperti ABC, dan lain-lain sesuai selera

Cara pembuatannya sangat mudah, bukan? Tanpa harus memakai acar lobak khas Korea, akar burdock, dan beberapa bahan makanan kimbab asli khas Korea, Sobat sudah bisa membuat makanan ini dengan praktis dan mudah di rumah. 

Tertarik mencoba di rumah? Tunggu apalagi! Ayo siapkan bahan-bahannya sekarang juga! Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan sudah diawasi OJK yang memudahkan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Yuk, ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download