Mudah! Ini Cara Masak Ikan Salmon

27 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Ikan salmon mungkin tidak banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang juga tidak tahu bagaimana tips dan cara masak ikan salmon. Jika tidak hati-hati memasaknya, gizinya bisa berkurang atau bahkan hilang.

Ikan ini sangat rendah lemak jenuhnya serta menjadi sumber protein yang baik. Ikan salmon menjadi pilihan konsumsi yang tepat untuk memenuhi asam amino tubuh. Tidak hanya itu, nutrisi lain seperti kalium, zat besi dan vitamin D yang ada di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan kita. 

Mudah! Ini Cara Masak Ikan Salmon

Cara Masak Ikan Salmon

Dengan kandungan gizi dan nutrisinya, memasak ikan salmon tidak bisa sembarangan karena gizinya bisa berkurang. Ditambah lagi tekstur ikan ini lunak sehingga mudah hancur saat dimasak. Tidak mudah memang, tapi tenang, berikut beberapa beberapa cara yang bisa bunda coba. 

Ikan Salmon Panggang

Apabila memasak ikan salmon dengan jumlah besar, bunda bisa mencoba untuk memanggangnya dengan oven karena lebih mudah dibandingkan menggunakan wajan. Berikut langkah-langkah praktis cara masak ikan salmon panggang.

  1. Taburkan salmon dengan garam dan merica secukupnya
  2. Posisikan sisi kulitnya di bawah loyang yang sudah diberi minyak.
  3. Panggang ikan salmon dengan oven selama 12 hingga 15 menit. Suhu yang disarankan adalah 204 derajat Celcius. Bunda tidak perlu membolak-balik ikan tersebut. Praktis bukan?
  4. Naikkan ke atas rak oven di bawah pemanggang panas menyala, sekitar 8 cm di atas sumber panas.
  5. Cek ikan tersebut setelah 3-4 menit. Apabila sudah matang di luarnya tetapi Bunda merasa masih setengah matang, matikan pemanggang dan biarkan salmon di dalam oven selama beberapa menit.
Mudah! Ini Cara Masak Ikan Salmon

Baca Juga: Rekomendasi Sarapan Sehat Ala Western dan Nusantara

Ikan Salmon Rebus

Cara mudah masak ikan ini adalah dengan merebusnya. Bunda hanya perlu merebus potongan ikan salmon selama 10 menit. Agar lebih terasa dan lembut, bunda dapat mencoba merebusnya dengan kaldu sayur. Apabila telah matang, bunda bisa menambahkan salad kentang dan beberapa batang asparagus sebagai pelengkap untuk menyantapnya.

Ikan Salmon Mentah

Jika keluarga bunda suka menikmati sushi atau sashimi, hidangan salmon mentah bisa dicoba. Tapi sebelum itu, daging salmon yang dimasak sudah harus bersih dan segar. Pastikan salmon yang dipilih adalah ikan berkualitas tinggi. 

Bunda harus memotong daging salmon dengan benar. Jika tidak, itu akan menghilangkan rasa manis pada salmon, bahkan menjadikannya amis ketika disantap. Ikan salmon yang masih segar mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Ditambah lagi rasanya pun lebih lezat meskipun disantap dalam kondisi mentah.

Mudah! Ini Cara Masak Ikan Salmon

Ikan Salmon Asap

Hidangan salmon asap bisa dijadikan cemilan atau menu utama. Berikut cara masak salmon asap:

  1. Tambahkan racikan bumbu andalan bunda di atas daging salmon
  2. Diamkan untuk beberapa saat hingga bumbunya meresap sepenuhnya
  3. Masak ikan salmon dengan mengasapnya 
https://downloader.la/temp/%5bDownloader.la%5d-61e7b65141dd1.jpg

Kekurangan dari menu salmon asap adalah tidak mengandung asam lemak omega-3 sebanyak salmon segar. Oleh karena itu, sebelum Bunda membeli salmon asap dalam kemasan, pastikan kandungan gizi yang tertera di label kemasan.

Baca Juga: Cara Membuat Rendang Daging Empuk

Ikan Salmon Bakar

Pilihan menu lainnya adalah salmon bakar. Bunda tidak perlu menambah lemak untuk membuat salmon bakar, selain sedikit minyak. Karenanya bisa dibilang menu ini sangat sehat. Bunda hanya perlu membakar salmon dalam waktu 10 hingga 15 untuk membuahkan tekstur salmon yang lembut.

Sedikit tips tambahan, bunda bisa menambahkan perasan jeruk nipis ketika memanggangnya agar rasanya lebih lezat dan berair. Sebagai lalapan, bunda bisa menambahkan selada, timun, paprika atau daun kemangi.

https://downloader.la/temp/%5bDownloader.la%5d-61e7b5afc4bf3.jpg

Ikan Salmon Tumis

Tidak ada salahnya bunda mencoba menu salmon tumis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tumis salmon, utamanya bagian kulit menghadap atas
  2. Supaya sedikit berminyak, pakai sedikit mentega. 
  3. Biarkan fillet mendesis selama 5 atau 6 menit dan jangan disentuh terlebih dulu.
  4. Balik salmon dan tumis sisi kulitnya hingga 3 menit.
  5. Terakhir, siram sedikit perasan lemon agar lebih juicy dan lezat.

Menu ikan salmon tumis memberikan tekstur kulit renyah dan lezat. Paling cocok menu ini digunakan untuk daging salmon dalam bentuk fillet

Itulah beberapa cara masak ikan salmon yang bisa bunda coba. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Membuat Seblak? Coba 4 Resep Ini

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download