Cara Membuat Rendang Daging Empuk

09 Dec 2021 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Rendang daging merupakan makanan yang sangat digemari dan menjadi salah satu makan terfavorit rakyat Indonesia. Cara membuat rendang daging juga cukup mudah. Kuncinya adalah ketika Sobat Pintar bisa memasaknya hingga dagingnya terasa cukup empuk.

Ada banyak sekali rempah-rempah yang digunakan untuk membuat rendang, sehingga tidak heran kalau kaya akan rasa. Rendang juga sudah diakui oleh dunia, ada banyak restoran di luar negeri yang menjual menu masakan khas Indonesia ini.

Tidak tanggung-tanggung, karena menggunakan rempah asli Indonesia, harga yang dipasang juga lumayan mahal. Cocok untuk Sobat Pintar yang ingin berbisnis restoran di luar negeri. Jika Sobat Pintar tertarik untuk membuat makan ini, maka akan kami berikan resep dan cara buatnya.

Mudahnya Cara Membuat Rendang Daging

Siapa yang tidak tau apa itu rendang? Ya, makanan khas Minang ini memang menjadi kuliner terfavorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, sebab nyatanya mancanegara juga sudah memberikan label lezat lantaran khas rempah-rempahnya.

Jika berkunjung ke rumah makan padang, pasti makanan ini yang paling banyak diincar, sehingga pada siang hari saja sudah kehabisan stok. Daging yang sangat empuk yang dibumbui dengan berbagai bahan yang diberi sedikit santan, membuat makanan ini digemari banyak orang.

Untuk membuat rendang sebenarnya juga tidak sesulit yang Sobat Pintar kira. Agar bisa mendapatkan daging yang empuk, maka Sobat Pintar bisa mengolah daging tersebut dengan benar. Untuk membuat berbagai bumbunya Sobat Pintar juga perlu memperhatikan langkah-langkah yang tepat.

1. Lumuri Daging dengan Jahe Parut

Langkah pertama tentunya Sobat Pintar perlu menyiapkan daging sapi untuk diolah menjadi rendang. Sebelum diolah Sobat Pintar bisa melumuri daging tersebut dengan jahe parut. Setelah itu, diamkan daging yang sudah dilumuri beberapa menit sebelum diolah.

Selain menggunakan jahe Sobat Pintar juga bisa menggunakan nanas parut. Tujuanya adalah untuk membuat tekstur daging menjadi lebih empuk saat diolah agar olahan rendang yang tidak alot dan lembut di lidah.

Baca juga: Resep Empal Daging Sapi Manis

2. Potong dengan Pola Daging yang Searah

Membuat rendang harus menggunakan potongan rendang yang sedang. Meski hal ini tampak sepele, namun kenyataannya bisa mempengaruhi peresapan bumbu. Jika daging tidak dipotong searah, kemungkinan daging tersebut akan terasa alot dan akan mengurangi kenikmatan rendang saat dicicipi.

3. Pilih Daging Bagian Paha

Agar daging lebih mudah untuk diolah Sobat Pintar bisa memilih daging pada bagian paha. Daging paha lebih cocok untuk dijadikan rendang, karena teksturnya lebih kuat dan tidak mudah hancur. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa lebih mudah untuk mengolahnya jika Sobat Pintar membuang bagian lemaknya.

4. Pukul-Pukul Daging Terlebih Dahulu

Sebelum diolah, daging perlu dipukul-pukul terlebih dahulu agar lebih mudah empuk dan bumbu lebih mudah meresap. Meski begitu, Sobat Pintar jangan terlalu lama untuk memukul-mukul daging agar tidak hancur, ya.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Membuat Seblak?

5. Menggunakan Santan Secukupnya

Ketika Sobat Pintar memasak rendang, Sobat Pintar bisa menggunakan santan secukupnya. Pasalnya, santan merupakan salah satu bumbu andalan untuk membuat rendang. Untuk mencampurkannya, Sobat Pintar bisa mengikuti patokan 1:3 untuk perbandingan bumbu dan santan.

Jadi setiap satu kilo daging Sobat Pintar bisa mencampurkan santan dari 3 buah kelapa. Perbandingan ini sudah cukup untuk menghasilkan rendang dengan rasa lebih mantap.

6. Masak Bumbu Daging Terlebih Dahulu

Jika Sobat Pintar ingin membentuk  daging yang utuh dengan bumbu yang meresap, Sobat Pintar bisa memasak bumbu terlebih dahulu. Ketika bumbu sudah tercium wangi, maka Sobat Pintar bisa mencampurkan daging yang telah dipukul-pukul ke dalam campuran bumbu.

Bumbu yang dimasak harus dihaluskan dengan menggunakan gilingan atau blender. Setelah dihaluskan, Sobat Pintar bisa memasaknya menggunakan santan. Selanjutnya rebus dengan bumbu halus tersebut. Jika sudah mudah mengental, Sobat Pintar baru bisa masukan daging dan dimasak hingga matang.

Sobat Pintar bisa merampungkan proses pengolahan rendang ini hingga berjam-jam. Sekalian menunggu hingga rendang benar-benar matang dan empuk.

7. Masak dengan Api Kecil

Cara membuat rendang daging selanjutnya adalah menggunakan api kecil. Sobat Pintar bisa gunakan api kecil agar bumbu bisa meresap sempurna ke dalam daging. Selain itu, lamanya proses ini juga bertujuan untuk mendapatkan hasil daging yang lebih empuk.

Untuk membuat rendang kering setidaknya membutuhkan waktu 5-6 jam untuk dimasak. Sedangkan untuk rendang biasa Sobat Pintar membutuhkan waktu memasak selama 4 jam saja.

Dengan proses masak yang panjang, bumbu akan meresap lebih baik dan menghasilkan rendang yang lebih mantap pula.

8. Aduk Secukupnya Saja Ketika Memasak

Cara membuat rendang daging berikutnya, Sobat Pintar bisa lakukan dengan sedikit mengaduknya sesekali agar tidak gosong. Mengapa demikian? Cara ini lebih efektif karena mencegah daging ambyar dan bumbu mudah meresap.

Cara memasak rendang seperti ini memang harus diterapkan. Sebagai upaya untuk menjaga tekstur asli daging yang dimasak.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Sederhana Bikin Nagih!

Resep Rendang Daging

Untuk Sobat Pintar yang ingin tahu bumbu rahasia rendang, di sini kami sudah sediakan. Sobat Pintar bisa menggunakannya dengan baik. Dengan resep ini Sobat Pintar bisa lebih mudah untuk membuat rendang. Berikut berbagai bahan yang diperlukan untuk membuat rendang.

  • 500 gram daging
  • 1 batang serai geprek
  • 3 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 2 dm kayu manis
  • 1 sdt kaldu sapi dan garam
  • 1 sdt gula merah
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt jintan bubuk
  • 500 ml santan dari ½ kelapa
  • Jeruk nipis

Untuk bumbu halus cara membuat rendang daging, Sobat Pintar bisa menggunakan beberapa bahan ini yang kami sediakan ini.

  • 2 butir kemiri
  • 1.2 sdt ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cabai merah besar

Cara membuat rendang daging tersebut bisa diterapkan di dapur masing-masing. Sekarang Sobat Pintar bisa mempunyai gambaran yang pas bagaimana mendapatkan makanan yang lezat dan sangat enak. Karena itu, penting untuk memperhatikan langkah-langkah membuat rendang di atas. Sekarang Sobat Pintar bisa buktikan bahwa masakan Sobat Pintar tidak kalah enak dari masakan restoran!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download