Rekomendasi Sarapan Sehat Ala Western dan Nusantara

27 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 30 Dec 2021

Sarapan atau makan pagi dibutuhkan orang untuk mengisi energi guna menjalani aktivitas sehari-hari. Setiap orang memiliki selera menu masing-masing. Rekomendasi sarapan juga bisa berbeda berdasarkan budaya bahkan negara. 

  1. Roti Selai dan Minum Susu 

Sarapan pagi yang mudah dan cepat cara menyajikannya serta memberikan banyak energy. Roti tawar yang baik adalah yang berasal dari bahan  tepung beras atau tepung gandum yang rendah kalori tinggi karbohidrat, sehingga akan memberikan energy tinggi. Dengan melapisi roti selai aneka rasa buah- buahan seperti selai nanas, selai stroberi, selai mangga dan selai berbagai macam buah guna memenuhi kebutuhan buah – buahan. Dengan segelas air susu murni atau susu kedelai akan menjadi minuman bergizi yang rendah kalori dan lemak.

  1. Quaker dan susu sereal 

Sarapan pagi ini mungkin tidak umum disajikan oleh kita orang Indonesia, namun sangat biasa dikonsumsi oleh orang- orang eropa. Menu sarapan pagi ini tinggi energy karena terbuat dari gandum asli dengan proses pengolahan yang baik, dengan sereal yang memiliki kandungan gizi tinggi. Bisa juga dicampur dengan buah-buahan seperti pisang, strawberi, alpukat dan buah-buahan dengan gizi tinggi

Baca juga: Cara Bikin Pizza Teflon

  1. Bubur Ayam
20 Menu sarapan yang paling banyak dijumpai di Indonesia

Sarapan pagi bubur ayam adalah sarapan pagi yang umum disajikan oleh masyarakat kita, selain proses pembuatannya mudah juga menunya cukup enak untuk mengisi perut di pagi hari karena bubur terbuat dari beras yang sedikit dengan jumlah dan kadar air yang lebih banyak. Dengan diberikan suwiran ayam, daun bawang dan juga campuran sayuran rebus seperti tauge, bayam atau sawi akan memberikan serat

  1. Nasi Uduk
Resep Nasi Uduk #JagoMasakMinggu3 Sederhana Enak | Chef Indry Hapsari

Rekomendasi sarapan ini favorit bagi kita yang menyukai makanan dengan rasa gurih dan sedikit terasa lemak pada nasinya dengan dicampur tapping dengan tempe orek dan juga telur dadar goreng yang dicincang kecil – kecil. Nasi uduk juga menjadi favorit bagi anak – anak sebagai sarapan pagi

  1. Soto 
Resep Soto Ayam Ambengan, Kuah Bening Tanpa Santan Bumbunya Medok Halaman  all - Kompas.com

Bagi yang menyukai sarapan pagi dengan kuah yang segar dan hangat maka soto ayam atau soto daging adalah pilihan yang nikmat untuk sarapan pagi. Menu sarapan pagi ini biasa disukai oleh bapak-bapak yang akan bekerja di pagi hari dan memberikan rasa kenyang sebelum beraktivitas kerja. Menu soto saat ini sangat variatif ada soto ayam, soto daging, soto mie dan juga berbagai menu soto yang bisa dikreasikan dengan berbagai macam menu lain.

  1. Nasi Pecel
Resep Nasi Pecel Khas Madiun, Nikmat Tiada Tara! | kumparan.com

Menu sarapan pagi ini terdiri dari sayuran segar yang di rebus dengan di bumbui sambal kacang dan dilengkapi dengan tempe goreng dan keripik kacang yang gurih dan nikmat. Menu sarapan pagi ini cukup memberikan asupan gizi yang cukup dengan kaya serat dari sayuran yang lebih banyak daripada nasinya.

  1. Lontong Sayur
Resep Lontong Sayur Super Sedap - Sweetrip Indonesia

Menu sarapan pagi ini banyak di suka mereka yang ingin menikmati makanan dengan kuah bumbu santan yang pedas dan gurih, dengan di lengkapi dengan mie, tauco, dan juga kerupuk. Menu lontong ini juga ada beraneka macam kreasi ada menu lontong medan, lontong sayur.

  1. Nasi Goreng

Menu sarapan pagi yang menjadi menu sarapan pagi harian adalah nasi goreng dengan campuran telur ceplok atau dadar yang dicampur  sosis atau bakso menjadi favorit bagi anak – anak. Menu ini sangat cocok juga untuk di bawa anak-anak menjadi bekal makanan ke Sekolah. Menu nasi goreng juga mudah di buat dan mudah disajikan.

  1. Mie Goreng

Menu sarapan pagi mie goreng menjadi alternatif  karena menu mie goreng sendiri biasanya untuk sebagian orang harus ditambahkan lagi nasi putih. Tapi untuk sebagian orang dengan mie goreng saja sudah cukup. Menu sarapan pagi mie goreng juga akan sangat menggugah selera apabila ditambahkan sayuran sawi, tomat, tauge, dan juga sayuran lain supaya menambah gizi pada mie goreng.

  1. Bubur Sumsum

Menu sarapan pagi yang juga simple dan enak adalah bubur sumsum. Menu bubur sumsum adalah menu sarapan pagi paling mudah di buat, karena di buat dengan tepung beras dan diberikan kuah gula merah atau gula aren yang membuat rasa semakin enak. Filosofi bubur sumsum dianggap bisa memperkuat tubuh dan membuat sumsum tubuh kuat, biaya dikonsumsi untuk bayi atau ibu hamil.

Dengan rekomendasi sarapan pagi dan pilihan sarapan pagi tersbut maka kita dapat mengatur sarapan pagi dengan mudah dan tidak bosan, sehingga sarapan pagi menjadi nikmat. Untuk sarapan pagi sebaiknya porsi makanan secukupnya dan tidak berlebihan supaya tidak menyebabkan kantuk.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download