Cara Membuat Hotteok Enak Ala Street Food Korea

13 Aug 2021 by Laruan

Cara membuat hotteok bisa disajikan di rumah. Bagi Sobat Pintar penggemar K-pop, pasti tidak asing dengan makanan korea yang satu ini. Cemilan yang dijual di street food Korea. Namun, cemilan ini juga sering menjadi makanan penutup di restoran di Korea. Makanan ini bernama hotteok. 

Hotteok adalah makanan manis berupa pancake manis ala Korea. Terbuat dari adonan ragi yang di dalamnya berisi sirup. Sirupnya terbuat dari campuran gula merah, kayu manis serta kenari. Memasak hotteok di Korea sangatlah mudah. Bahkan masih menggunakan cara tradisional dengan tangan.

Cara Membuat Hotteok Enak Ala Street Food Korea

Sejarah Hotteok Korea

Sebelum membahas bagaimana memasak hotteok, ada baiknya Sobat Pintar mengetahui sejarah dari makanan khas Korea ini. Masyarakat Korea meyakini hotteok ditemukan pada penghujung abad ke-19. 

Sejarah ini dimulai dari migrasi para pedagang Tiongkok ke Korea. Pedagang Tiongkok mengikuti tentara negara mereka pergi ke Korea. Diantara mereka banyak yang memilih untuk menetap di Korea. Sehingga mereka membuat pancake ala Tiongkok dengan isi di dalamnya yang gurih.

Tapi, selera orang Korea dan China berbeda. Orang Korea cenderung menyukai pancake dengan isian yang manis. Oleh karena itu, orang Cina menyesuaikan dengan selera Korea. Mereka menciptakan pancake dengan isian yang manis yang diberi nama hotteok.

Bahan Membuat Hotteok

Memasak hotteok memang mudah. Bahan-bahannya pun mudah dijumpai di pasar. Sobat Pintar bisa menyiapkan terlebih dahulu bahan di bawah ini saat ingin membuat hotteok

  • 200 gram tepung protein tinggi
  • 250 ml air hangat
  • 2 sendok teh ragi
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • ½ sendok teh garam
  • ½ cup gula merah
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 sendok makan kenari cincang

Panduan Cara Membuat Hotteok

Cara membuat hotteok pertama-tama yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah siapkan mangkuk besar yang akan digunakan. Kemudian, tuangkan 250 ml air hangat pada mangkuk tersebut. Lalu, campurkan minyak saur, gula, ragi dan garam. Aduklah dengan rata.

Kemudian, Sobat Pintar tambahkan tepung dan aduk sampai merata. Setelah adonan jadi, diamkan adonan di tempat hangat dengan keadaan tertutup. Diamkan selama satu jam sampai adonan benar-benar mengembang.

Cara membuat hotteok selanjutnya siapkan wajan yang telah diolah sedikit minyak. Ingat, hanya sedikit saja ya! Sobat Pintar masukan adonan yang sudah mengembang ke wajan tadi. Kemudian ditekan-tekan sampai berbentuk pipih dan bulat. Masaklah sampai matang selama 10-20 menit.

Lalu, Sobat Pintar berikan isi pada hotteok. Isi sesuai selera atau sesuai versi di Korea. Hotteok diisi dengan gula merah, kayu manis bubuk serta kenari. Membuat isiannya juga sangat mudah. Cukup dengan campurkan tiga bahan tadi di mangkok. Setelah isian jadi, Sobat Pintar ambil adonan yang telah dimasak lalu berikan isiannya. Hotteok sudah siap untuk disantap.

Sobat Pintar bisa sajikan dengan kreasi sesuai selera. Makanan hotteok ini cocok untuk dimakan saat sarapan pagi. Bisa juga sebagai cemilan.

Bagi yang sedang puasa sunah atau saat bulan Ramadhan, hotteok cocok disajikan untuk hidangan pembuka puasa atau takjil. 

Hotteok Bisa Jadi Ide Jualan

Jika Sobat Pintar sudah pandai membuat hotteok, coba berikan kepada 10 orang rekan Sobat Pintar. Cek bagaimana respon mereka mengenai hotteok buatan Sobat Pintar. Jika 9 dari 10 mengatakan hotteok tersebut enak dan pas rasanya, Sobat Pintar bisa lho membuka bisnis jajanan Korea dengan menjual hotteok.

Sobat Pintar bisa menjualnya dengan harga dimulai dari 15 ribuan. Namun, agar lebih pasti Sobat Pintar bisa membuat perhitungan terlebih dahulu untuk modal yang dibutuhkan dalam membuat hotteok. 

Sobat Pintar bisa menjual 1 porsi hotteok berisi lima buah. Untuk kemasannya, ada beberapa pilihan yang bisa Sobat Pintar gunakan. Bisa dengan menggunakan kertas food grade seperti kertas bungkus Roti O. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa menggunakan dus kemasan kecil untuk makanan.

Jika Sobat Pintar bingung untuk memulai usaha karena tidak ada modal, Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman dana online ke Kredit Pintar. Jangan khawatir, pinjaman dana online ini dijamin aman dan terpercaya. Karena Kredit Pintar sudah secara resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pinjaman Sobat Pintar bisa cair dengan mudah, cepat dan aman. Bisnis Hotteok juga bisa berjalan lancar. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload