Berbagai Jenis Kue Korea yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

16 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 17 Nov 2021

Korea tidak hanya terkenal dengan Kpop atau Kdrama, Korea juga terkenal akan kulinernya yang unik dan enak. Terinspirasi dari beragam gaya hidup yang biasanya ditampilkan di film atau serial Korea, makanan dan minuman yang ada pasti menjadi viral. Siapapun yang menontonnya pasti ingin juga mencoba makanan dan minuman tersebut. Salah satu yang menjadi viral adalah kue korea yang sering ada pada adegan di Kdrama.

Banyaknya penggemar Korea di Indonesia, bisa membuka peluang bisnis bagi Anda. Anda bisa mencoba memulai bisnis kue korea dengan mencontoh resep kue korea. Ide-ide ini belum banyak di pasaran, siapa tahu kue korea yang Anda buat bisa laku di pasaran. Beberapa ide kue korea yang bisa Anda contoh:

  1. Dasik 

Kue teh tradisional ala Korea yang satu ini dibuat terutama dari biji wijen atau tepung beras atau tepung kedelai. Warna alami berasal dari biji wijen putih, coklat, dan hitam sementara bubuk teh hijau matcha memberi mereka warna hijau yang lembut. Bahan utama, biji wijen, sirup beras, madu, tepung beras, dan bubuk matcha.

  1. Sujeonggwa 

Bahan utama pembuatan Sujeonggwa adalah air, jahe segar, kayu manis. Dinikmati di musim dingin dengan beberapa kesemek kering, kayu manis dan jahe dalam minuman pencuci mulut ini membantu mengusir hawa dingin. Plus, memiliki jahe di dalamnya membuatnya menjadi bantuan pencernaan yang bagus. Biasanya kue korea yang satu ini dimakan setelah makan besar di hari-hari besar Korea.

  1. Hotteok

Memiliki bahan utama tepung serbaguna dan beras manis. Pancake pencuci mulut Korea dengan rasa yang mengejutkan. Saat Anda menggigit panekuk yang satu ini, sirup kayu manis panas mengalir ke mulut Anda. Hotteok disajikan saat panas. Hotteok memiliki tekstur yang lezat, mulai dari adonan yang kenyal dengan garing gorengan di luar hingga potongan kenari di dalam sirup, yang akan membuat Anda terus ingin menyantapnya.

  1. Songpyeon

Songpyeon adalah kue beras yang dibuat dengan 100% adonan kue beras gandum pendek yang diisi dengan berbagai isian kemudian dibentuk tangan dan dikukus. Ini adalah suguhan istimewa yang biasanya dibuat di rumah selama perayaan Chuseok di Korea untuk merayakan panen melimpah. Walaupun di Indonesia tidak ada perayaan seperti di Korea, kue korea yang satu ini tetap nikmat untuk disantap.

  1. Bukkumi

Pangsit kue beras ini diisi dengan pasta kacang merah manis dan kemudian digoreng sebentar dalam minyak untuk menciptakan kerak yang renyah dengan bagian dalam yang lembut dan kenyal. Untuk tampilan yang lebih meriah, hiasi dengan bunga atau daun segar yang bisa dimakan. Bahan utama terdiri dari tepung beras manis, dan pasta kacang merah manis.

  1. Pepero

Pepero adalah camilan populer Korea Selatan yang diproduksi oleh Lotte Confectionery. Sekotak Pepero diisi dengan stik kue yang dicelupkan ke dalam cokelat. Camilan ini sangat terkenal sehingga orang Korea mendedikasikan hari khusus, yakni hari Pepero. Dengan isian swiss roll berlapis cokelat, kue Pepero ini akan memikat hati para pecinta cokelat. Tambahkan kacang pistachio cincang untuk lebih banyak rasa dan tekstur.

  1. Red Bean Mochi

Bulan-bulan musim dingin di Korea cocok dinikmati dengan memakan Red Bean Mochi.  Ini adalah makanan penutup lain yang menggunakan kacang merah manis sebagai pasta. Menggunakan pasta kacang merah yang mudah didapatkan, akan menambah cita rasa kue korea yang satu ini. 

  1. Bungeoppang

Kue berbentuk ikan Korea ini penuh dengan rasa manis dari isian kacang merah. Teksturnya juga akan menggugah indra Anda dengan pinggiran yang renyah dan bagian dalamnya yang kenyal. Memiliki panci taiyaki berbentuk ikan penting untuk membuat kue-kue lucu ini. Disajikan pada saat turun hujan atau dengan segelas susu untuk camilan akan semakin lezat.

  1. Yasik

Mencari makanan penutup yang sehat dan lezat? Yaksik jawabannya. Yaksik, atau kue beras manis, adalah kue korea yang dibuat dengan menggunakan beras ketan, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan madu. Resep ini menghasilkan kue beras yang lengket dan kenyal.  Sajikan yasik untuk sarapan pagi dengan secangkir kopi untuk mengawali pagi Anda dengan sehat.

  1. Korean Lunch Box Cake

Salah satu kue korea yang paling terkenal dan bisa dijadikan peluang bisnis yang laris manis adalah Korean Lunch Box. Korean cake box, merupakan kue bekal yang dikemas dalam wadah kecil dan popular di Korea Selatan. Kue ini didecor dengan buttercream warna-warni yang memikat mata. Desainnya sederhana, biasanya hanya tulisan atau gambar wajah. Ukurannya yang mini hanya sekitar 7-10 cm saja dan hiasannya yang sederhana, membuat korean cake box ini memiliki harga yang sangat terjangkau. 

Tips Bisnis Kue Korea

Beragam kue korea yang sudah dijelaskan di atas, bisa Anda jadikan ide bisnis. Cita rasa Korea yang tidak jauh berbeda dengan cita rasa Indonesia, bisa menjadi modal bahwa kue korea yang nantinya Anda buat bisa banyak disukai. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum ‘terjun’ dalam bisnis kue korea, diantaranya adalah:

  1. Strategi Bisnis

Pertama, Anda harus tahu terlebih dahulu apa produk yang akan dijual. Lakukan rencana untuk branding, target pasar, dan identitas brand yang akan Anda gunakan. 

  1. Analisis Kompetitor

Setelah menyusun strategi, analisis siapa saja kompetitor Anda. Apakah kue korea yang nanti Anda jual sudah banyak pesaingnya?. Dengan melakukan analisis pada kompetitor, Anda bisa mencari celah dan peluang agar unggul di pasaran. 

  1. Tentukan Harga

Menentukan harga sangatlah penting, namun harus disesuaikan juga dengan target pasar Anda. Jangan sampai Anda memasang harga yang terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah. Jika Anda merasa produk yang dijual masih jarang ada di pasaran, Anda bisa menyesuaikan harganya.

  1. Media Berjualan 

Tentukan apakah Anda akan berjualan online atau offline. Jika Anda memilih online, maka Anda perlu mencari tahu apa saja yang dibutuhkan, karena berjualan online atau offline memiliki perbedaan yang cukup berbeda. Promosi dan media promosi juga akan berpengaruh. Jangan lupa untuk terus berinovasi agar tidak kalah dari pesaing.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

17 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download