2 Cara Buat Bot Telegram dan Berbagai Manfaatnya

22 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 12 Apr 2022

Banyak pengguna Telegram yang bertanya-tanya tentang cara buat bot Telegram. Telegram adalah salah satu aplikasi pesan online yang saat ini sudah digunakan oleh banyak orang, selain WhatsApp. Telegram menghadirkan fitur bot yang terbuat dari garis kode dan sanggup melakukan beberapa tindakan kompleks dengan otomatis. Bot Telegram juga bisa menerima beberapa perintah pengguna yang dikirimkan dalam bentuk HTTP. Cara membuat bot Telegram bisa diikuti dengan mudah dalam artikel berikut ini.

Cara Buat Bot Telegram dengan Mudah untuk Pemula

Ada dua cara yang bisa diikuti untuk bisa membuat bot di aplikasi Telegram dengan sangat mudah. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan channel BotFather di aplikasi Telegram dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan Manybot.

1. Cara buat bot Telegram dengan channel BotFather

Channel adalah salah satu fitur yang ada di Telegram. Channel atau Saluran sengaja disediakan oleh Telegram agar para penggunanya bisa membagikan segala sesuatu pada banyak orang sekaligus. Selain itu, channel juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Berikut langkah membuat channel:

  1. Jalankan aplikasi Telegram yang ada di perangkat seluler maupun di perangkat komputer. Lalu ketikkan BotFather di bagian kolom pencarian. Tap atau klik akun BotFather yang terverifikasi atau mempunyai tanda centang biru di bagian sampingnya.
  2. Setelah jendela bot terbuka, tap pada tombol Start untuk mulai melihat berbagai menu bot yang tersedia. Tap pada perintah /newbot untuk membuat sebuah bot baru. Sekarang, ketikkan nama baru untuk bot yang akan dibuat.
  3. Nama bot harus terdiri antara 5 sampai 32 karakter. Lalu tentukan username bot yang harus diakhiri dengan -bot. Misalnya kalau nama bot Sobat Pintar adalah anima, maka usernamenya adalah animabot.
  4. Kemudian Sobat Pintar akan memperoleh sebuah token API HTTP, yang berwarna biru dan diketik dengan font yang berbeda, misalnya adalah 5038047405:AAFXbznq5Mx114FEwziXsE8FYoWabuFheMo.
  5. Token yang Sobat Pintar peroleh dari cara buat bot Telegram ini harus disimpan dengan baik. Siapapun yang bisa mengakses token tersebut akan mampu mengendalikan bot yang Sobat Pintar buat.

Itulah cara yang paling mudah untuk membuat bot milik sendiri. 

Baca juga: Berbagai Fitur Telegram yang Wajib Diketahui Pengguna Baru

2. Cara buat bot Telegram dengan Manybot

Manybot juga merupakan layanan khusus yang memungkinkan para pengguna Telegram untuk menciptakan dan mengedit bot miliknya sendiri. Cara menggunakan Manybot kurang lebih sama dengan menggunakan BotFather. Perhatikan dan ikuti beberapa langkah ini.

  1. Buka aplikasi Telegram lalu ketikkan Manybot di bagian pencarian. Klik Manybot sampai jendela percakapan dengan Manybot terbuka. Kemudian klik Start untuk mengawali setup.
  2. Sobat Pintar perlu memilih bahasa terlebih dahulu. Karena Bahasa Indonesia belum tersedia, klik pada tombol English untuk memilih Bahasa Inggris atau Sobat Pintar juga bisa memilih bahasa yang lainnya.

Klik menu Create a New Bot atau tulisan /addbot yang ada di pesan otomatis yang dikirimkan oleh Manybot. Manybot akan menyediakan instruksi tentang cara membuat Telegram bot.

  1. Sobat Pintar perlu membuat bot dengan menggunakan BotFather terlebih dahulu kemudian menyalin token yang dikirimkan oleh BotFather setelah membuat bot. Setelah menyalin token, kembali lagi ke jendela percakapan dengan Manybot.
  2. Klik pada menu I’ve copied the API token. Manybot akan meminta Sobat Pintar untuk mengirimkan token tersebut. Paste atau tempelkan token lalu kirimkan pada Manybot. Sobat Pintar perlu menunggu selama beberapa detik hingga Manybot menerima token yang Sobat Pintar kirimkan tadi.
  3. Sobat Pintar bisa mengetikkan deskripsi singkat tentang bot yang dibuat atau langsung melanjutkan ke bagian berikutnya dengan mengklik /skip. Manybot akan memberikan informasi bahwa bot sudah siap untuk digunakan.
  4. Cara buat bot Telegram yang terakhir adalah masuk ke bot yang sudah selesai dibuat lalu klik Start. Jika bisa memberikan jawaban berarti sudah siap untuk digunakan.

Agar bot bisa berfungsi dengan lebih optimal, Sobat Pintar bisa mengubah beberapa pengaturan atau setting. Dengan begitu, bot akan mampu memberikan jawaban yang sesuai ketika pengguna Telegram lainnya memberikan pertanyaan tertentu.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Telegram Agar Bebas dari Ancaman Hacker

Berbagai Manfaat Bot Telegram

Jika Sobat Pintar mempunyai bot Telegram, Sobat Pintar bisa mengatur bot tersebut untuk melakukan berbagai pekerjaan secara otomatis, berdasarkan interaksi yang sering terjadi dengan pengguna Telegram lainnya; misal, membalas pesan secara otomatis untuk urusan bisnis.

Mempelajari cara buat bot Telegram saja sebenarnya belum cukup. Sobat Pintar juga sebaiknya memahami berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh bot Telegram.

  1. Bot mampu mengirimkan pemberitahuan khusus dan berita. Bot Telegram bisa bekerja sebagai sebuah koran pintar. Bot akan memilih topik artikel atau berita yang paling sesuai dengan minat para pengguna Telegram.
  2. Bot bisa menyediakan konten dari berbagai layanan lainnya sekaligus sehingga pemirsa serta pembuat konten bisa lebih mudah dalam mencari berita dan menyajikannya pada pengguna Telegram yang lainnya.
  3. Bot Telegram bahkan bisa bertindak sebagai suatu kasir virtual yang akan menangani metode maupun proses pembayaran. Kalau Sobat Pintar punya bisnis yang sudah mulai ramai, pastikan untuk mempelajari dan memahami cara buat bot Telegram dengan benar dan tepat.
  4. Bot Telegram bisa digunakan untuk menciptakan game online yang bisa dimainkan di aplikasi Telegram bersama dengan teman-teman satu grup. Game arcade sederhana hingga game puzzle bisa dibuat dengan memanfaatkan bot Telegram.

Baca juga: Cara Hapus Akun Telegram, Secara Permanen Maupun Sementara

Menggunakan Jasa Pembuatan Bot Telegram

Kalau Sobat Pintar ingin menggunakan bot untuk berbisnis tapi belum ada waktu untuk mempelajari cara buat bot Telegram, ada beberapa layanan yang menawarkan jasa pembuatan bot untuk aplikasi Telegram dengan pilihan biaya pembuatan yang beragam.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download