Anda Pengguna Baru Telegram? Hal Ini Perlu Sobat Pintar Ketahui!

02 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 02 Jul 2021
Anda Pengguna Baru Telegram? Hal Ini Perlu Sobat Pintar Ketahui!

Akhir-akhir ini saya sedang tertarik dengan aplikasi chatting bernama Telegram. Bukan tanpa sebab, saya disarankan untuk memakai aplikasi tersebut oleh rekan kerja saya untuk kebutuhan grup chat. Rupanya aplikasi ini sedang digandrungi banyak orang. Lalu, apa yang membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi chatting yang lain?

Banyak orang berpindah ke aplikasi ini dengan alasan privasi. Ini adalah salah satu efek dari kebijakan WhatsApp yang membagikan data pengguna ke Facebook. Kebijakan ini muncul setelah WhatsApp dipegang oleh Facebook. Pengguna ‘dipaksa’ untuk menyetujui kebijakan tersebut, atau akun WhatsApp tidak bisa digunakan.

Telegram dibuat oleh 2 bersaudara Nikolai dan Pavel Durov pada tahun 2013. Dari awal kemunculannya hingga sekarang pengguna aplikasi ini terus mengalami peningkatan. Aplikasi ini dapat berjalan di berbagai platform mulai dari Android, iPhone, Windows Phone dan juga Desktop.

Telegram menawarkan teknologi Enkripsi MTProto yang dikembangkannya sendiri. Teknologi ini digadang-gadang lebih tangguh dan anti-bobol. Dengan MTProto yang bersifat close-source maka hanya pihak aplikasi ini saja yang mempunyai ‘kunci’. Dengan asumsi pihak aplikasi ini menjaga data pengguna dengan baik, maka dapat dikatakan aplikasi ini memiliki sistem keamanan yang tangguh. 

Dan yang tidak kalah penting, aplikasi ini sejak awal menekankan bahwa aplikasi tersebut dapat kita gunakan secara gratis selamanya! Ini tentunya menjadikan aplikasi ini sebuah alternatif media chatting yang menarik. 

Saya menginstal Telegram ke Android saya. Kesan pertama yang saya rasakan adalah aplikasi ini sangat responsif dan ringan. Perpindahan antar menu sangat cepat dan nyaman. Ketika akun yang sama digunakan secara bersamaan di dua platform yang berbeda, sinkronisasi pesan sangat cepat dan tidak ada kendala apapun.

Sekarang mari kita bahas fitur, cara registrasi, cara menggunakan aplikasi ini. 

Selain kecepatan serta keamanan, berikut ini adalah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini yang tidak kalah bermanfaat untuk penggunanya:

1. Secret chat

Meski telah terenkripsi dengan baik dan aman, nyatanya aplikasi ini masih memanjakan penggunanya dengan fasilitas keamanan yang bernama secret chat. Sobat Pintar dapat memanfaatkan fasilitas ini jika Sobat Pintar benar-benar ingin memastikan pesan yang Sobat Pintar kirimkan ke lawan chat tidak tersebar ke yang lain. 

Dengan mode secret chat pesan yang terkirim tidak dapat di forward dan bahkan tidak dapat di screenshoot. Ditambah lagi pesan yang telah terkirim akan terhapus dalam waktu tertentu. Jadi Sobat Pintar bisa bernafas lega ketika mengirimkan pesan yang sensitif atau pribadi. 

2. Channel 

Hampir serupa dengan grup yang ada di aplikasi WhatsApp, fasilitas ini memungkinkan komunikasi satu arah dengan banyak orang. Maksudnya, Channel aplikasi ini dapat berisi banyak pengguna namun hanya pembuat channel yang bisa mengirimkan pesan. Fungsi ini cocok untuk melakukan penyiaran pengumuman berupa tulisan, video, dan gambar untuk para pengikut di channel Sobat Pintar.

Yang spesial adalah jumlah pengikut Channel aplikasi ini Sobat Pintar tidak dibatasi.  Kita dapat dengan bebas menambahkan pengikut channel sebanyak yang ita mau.

3. Grup Telegram

fasilitas berikut ini lumrah kita temukan di aplikasi instant messaging yang beredar di pasaran. Dengan grup, kita dapat membuat sebuah ruang khusus yang berisi orang-orang yang dipilih untuk berkomunikasi bersama. Sehingga pesan yang kita kirim dapat dibaca dan dibalas oleh anggota grup chat tersebut. Biasanya fasilitas grup dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi keluarga besar, ikatan alumni, kelas dan lain sebagainya. 

Aplikasi ini membuat perbedaan yang cukup menggiurkan pada fasilitas grupnya. Jika jumlah anggota grup pada aplikasi instant messaging lain dibatasi, aplikasi ini dengan yakin memperbolehkan hingga 200 ribu orang dapat bergabung di satu grup. Luar biasa, bukan?

4. BOT Telegram

Fitur yang tidak kalah menarik lainnya yang disuguhkan oleh aplikasi ini adalah BOT. BOT adalah sebuah program yang berperilaku seperti mitra obrolan biasa namun mampu untuk menjalankan fungsi tambahan. Di telegram, BOT bisa difungsikan untuk bermain game, menterjemahkan bahasa, mengunduh video, bahkan ada yang memanfaatkannya untuk berjualan pulsa.

BOT ini berupa akun atau aplikasi yang dapat dibuat oleh siapapun yang memahami programing, fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna aplikasi ini.

5. Cara Daftar Akun Telegram

Nah, setelah tahu fasilitas apa saja yang ada didalam aplikasi ini, sekarang saatnya untuk mendaftarkan diri ke aplikasi ini. Tinggal ikuti cara registrasi dibawah ini.

Daftar melalui smartphone

Pertama-tama pastikan aplikasi ini telah terinstal di smartphone Sobat Pintar. Aplikasi ini dapat Sobat Pintar unduh dari Play Store jika memakai platform Android, atau App Store jika menggunakan platform iOS. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasinya lalu tekan tombol START MESSAGING.
  2. Ubah negara menjadi Indonesia.
  3. Masukkan nomor HP tanpa awalan 0.
  4. SMS berisi kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor Sobat Pintar.
  5. Ketik kode tersebut ke aplikasi untuk verifikasi.
  6. Jika kode benar, Sobat Pintar akan diarahkan ke tahap pembuatan akun.
  7. Isi nama depan dan nama belakang Sobat Pintar.
  8. Tekan ikon centang di bagian pojok kanan atas.
  9. Selesai.

Cara daftar melalui Laptop

Aplikasi ini mempunyai aplikasi versi desktop yang dapat Sobat Pintar memanfaatkan. Pengguna PC, Linux, maupun Mac bisa menginstal aplikasi di perangkat mereka. Namun, prosedur pendaftaran melalui aplikasi desktop ini masih memerlukan verifikasi melalui nomor HP. Jadi, pastikan smartphone Sobat Pintar sudah Sobat Pintar siapkan. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi telegram melalui website atau Microsoft Store, lalu install.
  2. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.
  3. Tekan tombol Start Messaging.
  4. Pilih negara Indonesia.
  5. Ketik nomor HP Sobat Pintar pada kolom yang tersedia.
  6. Masukkan kode verifikasi yang di-SMS-kan ke nomor HP Sobat Pintar.
  7. Berikan nama depan dan nama belakang Sobat Pintar.
  8. Selesai.

Seperti aplikasi instant messaging pada umumnya, cara menggunakan aplikasi ini untuk pertama kali adalah dengan melengkapi profil yang ingin Sobat Pintar tampilkan. Didalam akun aplikasi ini juga dilengkapi dengan username berupa link akun Sobat Pintar. Dengan membagikan link tersebut Sobat Pintar dapat mengundang pengguna lain tanpa menggunakan nomor telepon.

Secara otomatis nomor rekan-rekan Sobat Pintar yang telah terdaftar di aplikasi ini akan muncul di kontak akun Sobat Pintar. Begitu pula sebaliknya nomor Sobat Pintar yang telah terdaftar aplikasi ini akan muncul di aplikasi mereka.

Setelah membahas fasilitas, cara daftar, cara menggunakan aplikasi tersebut, sekarang saatnya dapatkan smartphone baru untuk menginstal aplikasinya. Dengan Kredit Pintar smartphone impian Sobat Pintar dapat segera menjadi kenyataan. Prosesnya sangat mudah, cepat, dan berbunga ringan. Tunggu apa lagi? Rasakan fasilitas canggih aplikasinya di smartphone baru Sobat Pintar hanya dengan Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download