Cara Mengamankan Akun Telegram Agar Tidak Dihack

23 Jun 2021 by Laruan
Cara Mengamankan Akun Telegram Agar Tidak Dihack

Semenjak WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi barunya, popularitas Telegram di mata publik meningkat drastis. Selayaknya WhatsApp dan aplikasi percakapan lainnya, Telegram hadir dengan fitur-fitur yang lengkap, bahkan menawarkan sejumlah fitur yang belum ada pada WhatsApp.

Seperti layanan cloud otomatis yang membuat kita dapat login dan logout tanpa perlu backup data, pengiriman media tanpa kompresi dengan original size, atau pembuatan grup dengan 5000 anggota sekaligus. 

Sebagai aplikasi chat yang populer dan telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna di dunia, tentunya Telegram memperhatikan sisi keamanan agar data meliputi chat dan media milik pengguna tidak diretas.

 Dalam proses pemasangan, fitur keamanan ini tidak otomatis aktif begitu saja. Dengan kata lain, kita wajib mengaktifkannya. Berikut ini adalah cara mengamankan akun Telegram agar tidak di hack. 

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Seperti halnya WhatsApp dan aplikasi chat lainnya, Telegram menggunakan nomor ponsel sebagai identitas utama pengguna. Untuk mulai menggunakan aplikasi ini, pengguna wajib melakukan proses verifikasi nomor ponsel. Namun sebenarnya, metode ini bisa saja diretas oleh orang lain, yakni dengan mencuri kode verifikasi yang masuk ke nomor Sobat Pintar. Oleh sebab itu, Telegram menyarankan penggunanya untuk melakukan aktivasi verifikasi dua langkah sebagai cara mengamankan akun telegram Sobat Pintar. Yakni dengan menautkan aplikasi telegram dengan akun Gmail yang Sobat Pintar miliki. Ini seperti memasang dua perlindungan ganda untuk akun Sobat Pintar. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya. 

  • Klik Tombol menu di ujung kiri atas
  • Kemudian pilih menu settings > privacy and security
  • Lalu pilih two-step verification
  • Kemudian masukan password yang kuat, rumit dan sulit ditebak oleh orang lain maupun sistem
  • Masukan alamat email yang Sobat Pintar gunakan, pastikan akun email Sobat Pintar sudah terverifikasi dua langkah juga
  • Kemudian Telegram akan mengirimkan pesan ke akun email Sobat Pintar yang berisi tautan konfirmasi. Lalu masukan kode yang diberikan Telegram. 
Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

2. Cek “Active Session” Secara Berkala

Active Session mencatat semua sesi atau riwayat login akun Telegram Sobat Pintar di perangkat lainnya. Memeriksa Active Session secara berkala adalah tindakan bijak untuk memastikan bahwa akun Sobat Pintar tidak diakses di perangkat lainnya. Cara mengaktifkan active session Sobat Pintar bisa mengikuti langkah berikut ini: 

  • Buka menu settings > privacy and security 
  • Kemudian pilih opsi active session 
  • Pada lama ini, pengguna dapat melihat versi aplikasi Telegram yang tengah digunakan, model perangkat, versi OS yang digunakan, IP address, dan yang paling penting adalah lokasi di mana saja akun milik Sobat Pintar sedang diakses. 
  • Jika Sobat Pintar menemukan perangkat yang tak dikenal dan mencurigakan, segera hapus dan putuskan koneksi dengan klik daftar perangkat lalu hapus

3. Aktifkan Passcode Lock

Cara mengamankan akun Telegram berikutnya yang dapat Sobat Pintar lakukan adalah mengaktifkan passcode lock agar Telegram tidak dapat dibuka oleh siapa pun. Tentunya, Sobat Pintar membutuhkan privasi yang harus dijaga bahkan dari keluarga Sobat Pintar sendiri. Passcode berisikan 4-digit angka untuk membuka aplikasi. 4 Digit kode ini harus diingat oleh pemilik, sebab jika Sobat Pintar lupa, Sobat Pintar harus menghapus dan memasang ulang aplikasi Telegram. 

Untuk mengaktifkan Passcode Lock, Sobat Pintar dapat mengikuti langkah berikut ini: 

  • Bika menu settings > privacy and security
  • Kemudian pilih opsi passcode lock
  • Masukan 4-digit angka untuk mengatur passcode dan konfirmasi. 
  • Kini passcode sudah aktif, pastikan Sobat Pintar mengingatnya

Itulah cara mengamankan akun Telegram agar terhindar dari peretas atau hacker yang tidak bertanggung jawab. Kini keamanan data Sobat Pintar terjamin. Hindari juga penggunaan aplikasi Telegram Mod karena aplikasi mod telah disisipi kode-kode yang tidak kita ketahui. Hal ini beresiko buruk untuk keamanan privasi Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk