Cara Bikin Stiker Mudah! Bisa jadi Ide Bisnis!

17 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Stiker memiliki desain dan kebutuhan yang beragam, mulai untuk label produk, stiker hp, kendaraan, hingga laptop. Cara bikin stiker juga sebenarnya terbilang mudah jika kamu mau menekuninya. Jika, kamu terampil dalam membuatnya, ini akan menjadi sebuah bisnis yang memiliki prospek bagus kedepannya.

3 Tips Memilih Stiker Motor yang Tepat untuk Motor Kamu

Baca juga Mudah Banget, Ini 3 Cara Buat Stiker Whatsapp Sendiri

Bahkan bisnis stiker sering dikaitkan dengan peluang bisnis kekinian yang dapat memenuhi tuntutan perkembangan teknologi. Lagipula, untuk memulai bisnis stiker tempel ini kamu tidak perlu modal yang besar. 

Kamu hanya perlu sebuah laptop untuk membuat desain dan mesin pencetak stiker. Jika kamu adalah orang yang kreatif, kamu bisa mendulang kesuksesan dengan cepat melalui bisnis ini. Sebab yang dijual dari produk stiker bukan hanya produk stiker itu saja melainkan makna dari desain stiker yang menarik. 

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk melakukannya. Cobalah beberapa tips berikut ini!

Tips memulai bisnis stiker tempel

Apabila kamu telah yakin ingin memulai bisnis ini, maka tips berikut ini dapat membantumu untuk memulainya dengan baik.

1. Siapkan modal 

Tidak ada yang lebih penting ketika kamu ingin memulai bisnis, selain modal yang cukup. Agak klise rasanya, jika ada yang mengatakan bisnis tanpa modal. Namun, tentu saja modal yang perlu kamu keluarkan untuk memulai bisnis ini tidaklah besar. 

Uang ini akan kamu gunakan untuk membeli komputer atau laptop, mesin cutting stiker, peralatan pendukung lainnya dan gaji karyawan.

Jangan khawatir untuk mengeluarkan uang ketika akan memulai bisnis, karena pengusaha yang sukses adalah yang selalu siap terhadap segala resiko dan tantangan. Jika, kamu masih merasa kesulitan untuk mengumpulkan uang modal ini, kamu bisa mencoba untuk menghubungi agen peminjaman uang dan Kredit Pintar adalah solusi yang paling tepat bagi kamu. 

Tidak hanya menawarkan angsuran yang ringan, peminjaman uang melalui kredit pintar juga menawarkanmu proses yang mudah dan cepat. Nah, jika modal sudah ada yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan kegiatan promosi secara gencar dan memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen dengan produk yang berkualitas.

Baca juga Pingin Membuat Stiker Lucu? Simak Cara Membuat Stiker Whatsapp

2. Pilih mesin cutting yang bagus

Mesin cutting adalah jantung dari bisnis ini. Jadi, pastikan kamu memiliki mesin cutting yang memiliki kualitas terbaik. 

Untuk menghasilkan stiker yang berkualita ternyata kamu tidak hanya perlu desain yang bagus, kamu juga memerlukan output yang baik tanpa lecet dan tanpa cacat. Maka, memilih mesin cutting yang baik adalah solusinya. 

Tanpa adanya mesin ini, maka bisnis stiker tempel yang telah kamu buat tidak akan berjalan dengan baik.

Jika ada keterbatasan modal, kamu tetap bisa menggunakan beberapa mesin cutting dengan harga terjangkau di berbagai marketplace. Akan tetapi, pastikan lagi kamu telah membeli mesin cutting dengan kualitas terbaik dalam rentang harga yang kamu miliki tersebut. Jika kamu membelinya secara online, bacalah review-review dari pelanggan lain dengan baik dan seksama sebelum memutuskan untuk membeli.

Kenali Dulu 7 Jenis Bahan Cutting Stiker untuk Kreasi Cantikmu

3. Gunakan komputer yang punya spesifikasi desain grafis yang tinggi

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk memulai bisnis stiker tempel adalah menghadirkan komputer dengan spesifikasi tinggi di meja kerjamu. Namun, yang lebih penting dari itu adalah kamu harus memiliki kemampuan desain grafis yang baik terlebih dahulu. 

Jika belum pernah bergelut di bidang ini sebelumnya, mungkin kamu bisa belajar secara otodidak terlebih dahulu, mengikuti tutorial gratis yang ada di youtube atau mengikuti kelas desain grafis online yang memiliki biaya terjangkau. Nah, jika kamu telah memiliki kemampuan ini barulah kamu bisa memulai bisnis stiker tempel. 

Kembali lagi, cara bikin stiker tempel ini merupakan sebuah rangkaian kerja yang tidak dapat terpisahkan, mulai dari kemampuan desain yang baik, mesin cutting yang berkualitas hingga komputer dengan spesifikasi yang mendukung. Jika kamu tidak memiliki salah satu diantaranya, bisa dipastikan bisnis ini tidak akan berjalan.

4. Pilih lokasi usaha yang strategis

Terlepas dari usaha online yang berkembang pesat saat sekarang ini dan mungkin kamu juga akan berkeinginan yang sama yaitu melakukan bisnis secara online. Namun, tetap penting bagi kamu untuk memiliki toko fisik yang letaknya strategis agar tokomu dapat ditemui dengan mudah oleh pelanggan. 

Pajanglah beberapa poster atau baliho di depan toko mu tersebut, agar orang mengetahui keberadaan bisnismu.

5. Siapkan bahan baku secukupnya

Untuk memulai bisnis kamu tidak perlu berambisi membeli berpuluh-puluh kilo bahan dan segudang peralatan penunjang. Ini akan mubazir dan ini bukanlah tujuan awal bisnismu. Di Titik ini yang perlu kamu lakukan adalah mengalokasikan dana sebaik mungkin untuk melakukan promosi. Sisanya, seperti bahan baku ini cukup beli seperlunya. Mungkin kamu bisa membeli bahan stiker meteran terlebih dahulu dan tinta dalam jumlah beberapa botol saja. 

Cara bikin stiker tempel mudah untuk pemula

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara memulai bisnis stiker, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara bikin stiker dengan mudah apalagi jika kamu adalah seorang pemula. Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1. Tentukan bahan stiker

Cara bikin stiker pertama adalah menentukan jenis bahan yang akan kamu gunakan terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk dilakukan karena material stiker akan menentukan bagaimana stiker itu akan dibuat. 

Pemilihan material stiker dapat ditentukan dari kegunaan stiker, apakah akan dipasang untuk outdoor atau indoor. Apakah stiker tersebut ingin dipasang secara permanen atau mudah dilepas. 

Hal-hal ini merupakan faktor yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih bahan stiker yang tepat.

2. Buat desain sesuai dengan request pelanggan

Membuat desain stiker bukan perkara sembarang, ini harus dilakukan dengan teliti dan profesional. Desain yang memiliki keunikan, kreatif, indah dan menarik akan menarik perhatian lebih dari pelanggan. 

Apalagi kamu bisa mengaplikasikan ide dari pelanggan ke dalam karya visual yang keren dan sesuai dengan keinginan mereka. Maka, bisa dipastikan kamu akan sangat dicintai oleh pelanggan. 

Nah, jika kamu adalah seorang pemula tidak masalah jika kamu memulai dengan membuat desain yang sederhana terlebih dahulu untuk meminimalkan resiko. Contoh desain yang sederhana adalah menggabungkan bentuk persegi, lingkaran, segitiga dan bangun datar lainnya.

Cara membuat Desain stiker Motor Keren - YouTube

3. Pilih kombinasi warna yang sesuai.

Kombinasi warna yang sesuai akan menghasilkan desain stiker yang rapi dan elegan. Belajarlah tentang bagaimana menentukan warna latar belakang dan stiker itu sendiri serta penggunaan warna gelap dan terang yang tepat.

4. Pilih bleed dan resolusi yang tepat

Cara bikin stiker bagi pemula selanjutnya yaitu memperhatikan bleed dan resolusi yang sesuai. Mungkin, kamu bisa mencoba bleed di angka 1/8 inci untuk menghilangkan irisan putih disekitar stiker dan menggunakan resolusi kecil untuk stiker tempel yang berukuran besan dan lain sebagainya.

Baca juga Cara Membuat Leaflet Paling Mudah Dan Cepat

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download