Cara Membuat Leaflet Paling Mudah Dan Cepat

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Apakah Anda sedang merintis usaha? Salah satu media promosi yang paling direkomendasikan adalah pembuatan leaflet atau brosur. Kini, ada beberapa cara membuat leaflet paling mudah dan cepat yang bisa Anda coba. Anda bisa coba membuatnya di word karena terkenal lebih familiar.

Cara Membuat Leaflet Paling Mudah Dan Cepat

Jika memilih membuat leaflet di word, Anda pasti menggunakan perangkat laptop atau PC bukan? Namun, bagi yang ingin membuatnya di HP pun sekarang sudah bisa. Dengan begitu, Anda semakin lebih mudah untuk membuat leaflet kapan saja, tanpa memerlukan keterampilan professional.

Mau membuat leaflet dengan bantuan aplikasi pun juga boleh. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi. Mulai dari Canva maupun aplikasi lain. Penasaran dengan bagaimana cara membuat leaflet dengan mudah, baik dari PC/laptop, HP, maupun aplikasi? Ulasan selengkapnya bisa Anda dapatkan dari penjelasan di bawah ini

Cara Membuat Leaflet Di Word

Cara Membuat Leaflet Paling Mudah Dan Cepat

Anda bisa membuat leaflet menggunakan PC/Laptop. Apabila memutuskan untuk menggunakannya, silahkan pakai software Microsoft Word saja. Caranya mudah sekali, bahkan Anda yang masih pemula pun masih bisa mencobanya. 

Saat membuat leaflet di word, pada umumnya Anda bisa memilih merancang sendiri desainnya. Mulai dari kolom, gambar, background, serta layout utama. Hanya saja, cara seperti ini sebetulnya sangat memakan waktu. Anda bisa coba untuk membuat leaflet dari template Microsoft Word yang lebih praktis, sehingga tidak begitu menguras tenaga dan waktu. Berikut ulasan selengkapnya

  • Buka MS. Word

Untuk membuat leaflet dengan Word, tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka software tersebut. Dari halaman utama, tampilan MS. Word, Anda dapat langsung klik opsi “new document”. Ketika muncul kolom “search”, Anda ketik saja “brochure”.

Saat menggunakan MS. Word untuk membuat leaflet ini, pastikan PC/laptop Anda sudah terhubung dengan internet. Sebeb, layanan ini hanya bisa Anda jalankan secara online. Koneksi internet sangat diperlukan di sini. 

  • Pilih Template Leaflet

Begitu Anda sudah masuk opsi “brochure” tadi, akan nampak beberapa kumpulan template yang bisa dipilih. Anda dapat menggunakan salah satu template yang disediakan tersebut. Sesuaikan dengan produk bisnis yang sedang dikembangkan. Bisa juga dipilih berdasarkan selera Anda sendiri.

  • Pilih Template Yang Diinginkan

Tahap selanjutnya adalah Anda bisa pilih template yang diinginkan tadi. Begitu template yang dikehendaki di klik, biasanya akan langsung muncul jendela pop-up. Pada tahap ini, Anda tinggal klik saja opsi “create”. Itu artinya, otomatis template tadi akan bisa diunduh oleh pengguna. 

  • Template Terbuka

Apabila proses unduhnya berhasil, pada umumnya akan langsung terbuka sendiri. Setelah terbuka sendiri, biasanya terlihat 2 halaman leaflet. Keduanya bisa diedit sesuka pengguna. Jadi Anda bisa bebas berkreasi sendiri. 

  • Lanjutkan Langkah Modifikasi

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa langsung melakukan modifikasi. Mau mengedit teks, menambah gambar, memilih warna latar, dan sebagainya bisa dilakukan dalam tahap ini. Silahkan improvisasi sendiri sesuai kreativitas. 

  • Simpan Dokumen

Apabila semua modifikasi sudah pas dan cocok sesuai yang diinginkan, jangan lupa untuk segera menyimpan file tersebut sebagai dokumen. Sebab, akan berbahaya jika Anda sampai lupa untuk menyimpannya. Setelah itu, pengguna bisa langsung cetak atau disimpan dulu untuk file cadangan. 

Cara Membuat Leaflet Di HP

Cara Membuat Leaflet Paling Mudah Dan Cepat

Membuat leaflet pun sebetulnya tidak harus pakai PC/Laptop. Supaya makin mudah, Anda bisa membuatnya di HP. Bagaimana cara membuat leaflet menggunakan perangkat HP? Dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yaitu Canva.

Canva punya banyak fitur lengkap yang bisa membantu Anda dalam membuat leaflet terbaik. Bahkan tidak kalah dengan buatan para professional. Aplikasi ini dapat diunduh via Android dengan mudah, sehingga sangat direkomendasikan buat Anda. Langkah-langkah membuat leaflet melalui HP menggunakan Canva yaitu:

  • Unduh Aplikasi Canva

Langkah pertama tentu saja Anda perlu mengunduh aplikasi Canva untuk diinstall di HP. Ini berlaku jika Anda belum punya aplikasi tersebut. Coba cari saja melalui playstore atau appstore, lalu unduh seperti biasa. Setelah itu, silahkan install seperti aplikasi pada umumnya. 

  • Buka Canva 

Berikutnya, Anda tinggal buka Canva di HP tersebut. Begitu dibuka, pada umumnya akan muncul banyak template leaflet untuk dipilih pengguna. Anda bisa mulai geser ke kiri dan pilih saja opsi “selebaran”. Langkah ini adalah awal Anda untuk membuat leaflet sesuai keinginan. 

  • Pilih Template

Setelah itu, silahkan pilih template yang diinginkan. Sesuaikan saja dengan produk yang akan diiklankan. Bisa juga Anda pilih mana yang sekiranya cocok dengan tema. Canva ini menyediakan banyak pilihan template, sehingga Anda tidak akan kekurangan inspirasi. 

  • Klik “Desain Template”

Lanjutkan dengan klik opsi “desain template”, setelah Anda pilih salah satu dari template tadi. Biasanya, akan muncul pilihan lagi yaitu layout. Anda pilih saja landscape atau portrait, sesuai yang diinginkan. Setelah memilih layout, silahkan langsung pilih opsi “edit”.

  • Lakukan Modifikasi

Begitu menu “edit” tadi diklik, Anda bisa langsung melakukan modifikasi. Pengguna bisa dengan bebas merubah-rubah elemen yang ada pada layout tersebut. Dalam hal ini kreativitas memang sangat dibutuhkan. Makin Anda kreatif, hasilnya juga semakin bagus nantinya. 

  • Tambahkan Elemen Lain

Jika dirasa proses modifikasi sebelumnya belum cukup, Anda boleh melakukan editing kembali. Kali ini, pengguna bisa menambahkan beberapa elemen sebagai pelengkap. Elemen pelengkap itu seperti apa saja?

Anda boleh menambahkan teks kalau memang diperlukan. Selain itu untuk membuat tampilan leaflet menarik, Anda juga boleh menyisipkan gambar-gambar yang masih ada hubungannya dengan leaflet yang dibuat. 

Bahkan, Anda bisa menambahkan stiker-stiker untuk menambah kesan menarik dan unik pada leaflet tersebut. Cara menambahkan elemen-elemen ini sangat mudah. Tinggal klik tombol “+” yang ada di bagian bawah kanan

  • Simpan

Apabila Anda merasa sudah cukup melakukan modifikasi dan editing, jangan lupa untuk menyimpan filenya sebagai dokumen. Ini sangat penting, mengingat file ini akan jadi sumber jika Anda mau mencetaknya. 

Lupa menyimpan file artinya usaha Anda mengedit akan sia-sia dan harus mengulanginya dari awal. Cara menyimpan hasil kerja yang tadi dibuat adalah dengan mengklik ikon “download” yang terletak di bagian kanan atas.

  • Hasil Leaflet Bisa Dilihat Melalui Galeri

Terakhir, Anda bisa melihat hasil kerja tadi di bagian galeri HP. Pasalnya, file tadi akan otomatis langsung tersimpan di sana. Anda mau simpan atau langsung cetak terserah pengguna. Membuat leaflet dengan cara seperti ini sangat praktis, dan tidak perlu ribet buka PC atau laptop.

Demikian tadi beberapa cara membuat leaflet termudah dan praktis. Anda bisa buat melalui PC/Laptop dengan memanfaatkan MS. Word. Jika mau yang lebih cepat lagi, juga bisa memanfaatkan aplikasi Canva yang diunduh di HP. Semua cara cukup mudah untuk diaplikasikan dan cocok bagi Anda, bahkan yang masih pemula sekalipun.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download