Cara Bermain Tenis Meja: Peraturan dan Tips Cepat Jago

21 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang unik. Bagaimana tidak, cara bermain tenis meja ini tidak memerlukan lapangan luas, tetapi cukup satu meja saja. Bermain tenis meja bisa menjadi pilihan menarik buat kamu yang tidak suka berolahraga di lapangan yang panas.

Cara Bermain Tenis Meja: Peraturan dan Tips Cepat Jago

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Olahraga yang Nyaman

Nah, buat kamu yang tertarik memainkan tenis meja, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Setidaknya kamu perlu memahami cara bermain tenis meja beserta tips untuk pemula. Semua itu akan diulas secara lengkap di bawah ini.

Cara Bermain Tenis Meja: Peraturan

Setiap jenis olahraga pasti memiliki peraturan yang mengikat, tidak terkecuali tenis meja. Sebelum memainkan tenis meja, kamu wajib mengetahui dan memahami setiap peraturan yang berlaku. Adanya peraturan tersebut dimaksudkan agar permainan menjadi adil bagi setiap pemain dan memudahkan wasit dalam menentukan pemenang.

Ada beberapa peraturan bermain tenis meja yang harus dipatuhi oleh setiap pemain. Beberapa hal tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.

  1. Tata Cara Permainan Tenis Meja

Dalam tenis meja, kamu dapat bermain dengan dua jenis permainan, yakni permainan tunggal dan ganda. 

Dalam permainan tunggal, terdapat dua pemain yang saling berhadapan. Saat pemain 1 melakukan servis, maka pemain 2 yang melakukan pengembalian. Setelah itu, pemain 1 melakukan pengembalian, dan seterusnya secara bergantian.

Dalam permainan ganda, terdapat dua tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri atas dua pemain, yakni pemain 1 dan 2. Tim yang lain juga terdiri atas 2 pemain yang dapat disebut sebagai pemain 3 dan 4.

Peraturan permainan ganda sedikit lebih rumit, misalnya dalam hal servis dan pengembalian bola. Saat pemain 1 melakukan servis, pemain 3 atau 4 mengembalikan bola. Kemudian, pemain 2 mengembalikan dan pemain 3 atau 4 kembali mengembalikan bola.

Apabila sebelumnya pemain 3 yang melakukan pengembalian dari pemain 1, maka pemain 4 yang harus mengembalikan bola dari pemain 2. Begitu seterusnya sampai salah satu tim gagal mengembalikan bola.

Aturan pengembalian bola di atas tidak berlaku apabila pemain berkebutuhan khusus dan harus menggunakan kursi roda. Sebagai pengganti, apabila salah satu bagian dari kursi roda melewati batas, tim lawan akan mendapatkan poin.

  1. Peraturan Servis dan Pengembalian

Servis dan pengembalian merupakan teknik dasar yang harus dikuasai agar bisa bermain tenis meja dengan baik dan benar. Tentu sangat disayangkan apabila kamu kehilangan poin hanya karena salah saat melakukan servis.

Cara bermain tenis meja yang benar adalah diawali dengan melakukan servis dengan benar. Untuk melakukan servis, kamu harus memegang raket atau bet dengan satu tangan. Sementara itu, tangan yang lain digunakan untuk memegang bola.

Bola tersebut dilambungkan dan dipastikan tidak berputar pada ketinggian sekitar 16 cm. Apabila bola sudah memantul di meja sendiri, kamu baru boleh memukul bola tersebut sampai melewati net dan mengenai meja pemain lain.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat servis adalah posisi badan. Kamu tidak boleh melewati batas meja dan bola juga tidak boleh terhalang oleh apa pun dari pandangan musuh. Selain itu, kamu juga harus menyingkirkan tangan yang tidak memegang bet agar tidak berada di antara bola dan net.

Baca juga: 10 Menit Saja, Ini Caranya Olahraga untuk Membakar Kalori dengan Cepat

Selain servis, kamu juga perlu memahami aturan pengembalian. Kamu harus melakukan pengembalian dengan cara memukul bola dari lawan sampai melewati bagian atas net. Tidak masalah apabila bola mengenai net, tetapi bola harus mendarat di area lawan.

  1. Poin

Ada beberapa situasi yang membuat wasit memberikan poin kepada pemain. Berikut diantaranya.

  • Pemain lawan tidak berhasil melakukan servis atau pengembalian dengan tepat.
  • Wasit menyatakan reli set a limit.
  • Bola keluar area permainan tanpa mengenai meja sebelumnya.
  • Pemain lawan menyentuh meja.
  • Pemain lawan memukul bola dua kali berturut-turut dengan sengaja.
  • Bola menyentuh apa saja (kecuali net) dan area meja musuh sebelum dipukul saat melakukan servis.
  • Pemain lawan memukul bola dengan selain bagian daun bet.
  • Tangan pemain lawan yang tidak memegang bet mengenai meja.
  • Pemain lawan menggerakan meja.
  • Jika expedite diberlakukan dan pemain mampu melakukan pengembalian sebanyak 13 kali selesai servis.
  • Pemain lawan melakukan pengembalian yang tidak sesuai urutan (khusus permainan ganda).
  1. Penentuan Pemenang

Untuk memenangkan satu permainan atau set, kamu harus memperoleh 21 poin. Jika terjadi juice dengan 20 poin, kamu harus unggul dengan selisih 2 poin.

Sedangkan untuk memenangkan pertandingan, kamu harus memperoleh hasil terbaik dari semua set yang berjumlah ganjil, misalnya best of 3, best of 5, dan seterusnya. Seperti itulah cara bermain tenis meja untuk memenangkan pertandingan.

Tips Bermain Tenis Meja untuk Pemula

Jika membahas permainan olahraga, tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas tips memenangkannya. Setidaknya ada 3 tips bermain tenis meja buat kamu yang masih pemula.

  1. Posisi Badan

Saat bermain tenis meja, kamu disarankan untuk memposisikan badan sedikit membungkuk. Condongkan sedikit badanmu ke depan mendekati meja. Dalam posisi tersebut, kamu menjadi lebih siap dan mudah dalam melakukan pengembalian atau serangan balik.

Selain posisi badan, kamu juga perlu menentukan posisi kaki yang tepat. Hal itu akan memudahkan dalam melakukan pergerakan.

Baca juga: 6 Tentang SEA Games 2022 di Vietnam

  1. Perhatikan Pemain Lawan

Cara bermain tenis meja yang dapat memperbesar peluang meraih poin adalah dengan memperhatikan lawan. Hal itu berarti kamu sebaiknya tidak berfokus pada arah bola saja, tetapi juga pergerakan lawan. Dengan menganalisis pergerakan lawan, kamu dapat mengantisipasi bola dengan baik.

Selain itu, kamu bisa menemukan celah lawan yang bisa kamu tembus. Memang tidak mudah, tetapi kamu akan makin terbiasa setelah beberapa kali melakukannya.

  1. Gunakan Raket/Bet Ternyaman

Satu hal lagi yang dapat mendukung permainanmu adalah penggunaan bet. Gunakanlah bet yang cocok dan ternyaman di tanganmu. Dengan begitu, kamu dapat melakukan servis dan pengembalian dengan nyaman pula.

Cara bermain tenis meja yang benar perlu kamu pahami sebelum memainkannya. Begitu pula dengan peraturan bermain tenis meja beserta tips buat kamu yang masih pemula. Seiring berjalannya waktu, peraturan-peraturan tersebut akan selalu teringat di luar kepala dan kamu siap memenangkan setiap pertandingan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download