Bisnis Jastip, Asyik Yang Menguntungkan

24 Apr 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Jastip atau jasa titip adalah sebuah bisnis jasa yang menawarkan layanan pembelian barang sesuai keinginan konsumen. Dimana konsumen yang melakukan jastip tidak dapat membeli barang tersebut secara langsung sehingga layanan ini membutuhkan layanan jastip. 

Usaha jastip ini dapat Anda jalankan tanpa modal dan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, jadi tidak heran jika bisnis Jastip ini sangat diminati oleh kaum milenial. Biasanya orang yang membeli jasa titip ini berada dilokasi yang berbeda baik itu luar negeri atau luar kota. 

Keuntungan Bisnis Jastip 

Perlu diketahui bahwa bisnis jastip adalah bisnis yang menggunakan sistem pre-order, sehingga Anda hanya bisa membeli produk apabila ada orderan yang masuk. Untuk itu, pastikan setiap orderan yang masuk merupakan fix order yang mana konsumen telah melakukan pembayaran.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis jastip ini dapat Anda tentukan sendiri besarannya di setiap orderan. Misalnya, Anda dapat menetapkan biaya jastip 10.000 per barang atau per orderan. 

Selain itu, Anda juga bisa menentukan biaya jasa titip yang disesuaikan dengan jenis barang dan lokasi dimana Anda membeli barang tersebut. Jika membutuhkan effort dan jenis barangnya memiliki banyak peminat, maka Anda dapat menaikkan biaya jasa titip ini. 

Baca juga artikel lainnya di : Simak Inspirasi 5 Pengusaha Sukses yang Merintis Usahanya

Banyak faktor yang perlu Anda perhitungkan untuk menaksir jumlah keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Faktor-faktor tersebut dapat berupa biaya transportasi, pajak, waktu yang dihabiskan, usaha Anda, dan jenis barang pesanan keinginan konsumen. 

Bagaimana Memulai Bisnis Jastip?

Pada dasarnya, Anda sudah bisa memulai bisnis jastip dengan cara yang mudah karena bisnis ini sudah dapat dijalankan tanpa modal. Dalam menjalankan bisnis jastip, Anda hanya perlu mempromosikannya melalui sosial media yang Anda miliki agar bisnis Anda diketahui oleh calon konsumen. 

Kemudian, jika ada pesanan atau orderan masuk dari konsumen dengan sistem pre-order maka Anda dapat menjual dengan harga yang lebih tinggi. Jadi pemesan akan terlebih dahulu membayar biaya jasa, harga barang dan ongkos kirim sebelum menerima barang.

Agar bisnis jastip yang Anda bangun semakin sukses, perlu kiranya untuk mengetahui lebih jelas terkait langkah-langkah memulai bisnis jastip dengan menyimak penjelasan berikut ini. 

  1. Komunikasi dengan Penyedia Produk

Melakukan komunikasi dengan pihak penyedia produk atau supplier dapat membantu Anda dalam hal mendapatkan keringanan biaya modal barang yang dijual. Dengan demikian, keuntungan bisnis yang bisa Anda dapatkan bisa lebih besar. 

  1. Riset Target Pasar di Indonesia

Riset target pasar sangat diperlukan agar bisa mengetahui siapa yang ingin membeli produk jastip Anda, atau produk jastip apa yang diinginkan oleh target pasar Anda. Hal ini dikarenakan agar Anda bisa mengenal konsumen serta keinginan dan kebutuhannya. 

Baca juga artikel lainnya di : Ide Bisnis Online Untuk Pelajar 

  1. Siapkan Foto Produk yang Menarik

Karena barang jastip dipasarkan melalui media online, maka Anda harus menyiapkan foto produk yang menarik yang menarik dan tampak jelas. Usahakan foto yang Anda ambil bisa memperlihatkan setiap detail produk tersebut. 

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk memotret setiap produk yang ada, maka Anda dapat meminta foto produk langsung kepada supplier barang tersebut. Supplier tentu memiliki setiap foto produk yang Anda butuhkan dengan kualitas yang bagus. 

  1. Atur Biaya Jastip yang Sesuai

Untuk biaya jastip dari layanan Anda berikut, usahakan sesuai dengan harga pasar yang ada. Namun, dapat juga Anda sesuaikan pada asal produk jualan jastip Anda. Seperti jika Anda melakukan jastip dari Eropa, maka Anda dapat mengenakan biaya yang lebih tinggi. 

  1. Kesesuaian Produk

Pastikan deskripsi dan foto produk jastip yang Anda jual sesuai dengan aslinya. Jangan memasang foto yang tidak sesuai dan deskripsi yang kurang. Hal tersebut dapat membuat kepercayaan konsumen terhadap jasa Anda menurun karena alasan produk yang tidak sesuai.

Dari beberapa langkah di atas, Anda juga perlu memperhatikan profesionalitas dalam menjual jasa titip. Dalam hal ini, karena Anda menawarkan jasa, maka Anda perlu melayani para konsumen dengan sepenuh hati, sopan dan jujur. 

Rekomendasi Produk Jastip Paling Laku

Sebelum memulai bisnis jastip, tentu Anda perlu mengetahui produk jastip apa yang paling banyak diminati oleh pasar Indonesia. Beberapa rekomendasi produk jastip yang paling laku di Indonesia adalah sebagai berikut. 

  1. Makanan Khas

Makanan khas dari berbagai kota ataupun negara biasanya diminati oleh berbagai kalangan. Hal ini disebabkan mereka yang ingin mencoba rasa makanan yang berasal dari luar daerahnya. Dimana setiap kota atau daerah memiliki cita rasa makanan yang berbeda-beda, sehingga jastip mempermudah konsumen untuk merasakan cita rasa tersebut.

  1. Skin Care

Jenis barang selanjutnya yang paling laku dalam bisnis jastip adalah produk skin care. Khususnya produk skin care yang berasal dari luar negeri, memiliki banyak peminat dan jika melakukan jastip, maka konsumen bisa mendapatkan produk asli dengan harga yang lebih terjangkau. 

Baca juga artikel lainnya : Kumpulan Aplikasi Untuk Mengelola Bisnis Online Anda Lebih Mudah

  1. Produk Kecantikan

Produk laris lainnya ialah alat kecantikan atau make up. Saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan produk kecantikan buatan luar negeri, sehingga bisnis jastip produk kecantikan memiliki peluang yang besar karena peminatnya yang sangat banyak. 

Tidak hanya produk kecantikan saja, alat kecantikan juga seringkali mendapatkan banyak permintaan dari pasar Indonesia. Alat kecantikan atau kosmetik yang berasal dari luar negeri juga dianggap memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan produk lokal. 

  1. Alat Elektronik

Biasanya alat elektronik menjadi incaran konsumen jastip karena teknologi luar negeri dinilai memiliki kualitas yang lebih baik. Selain itu, produk teknologi asal luar memiliki banyak fitur yang lebih canggih dan smart sesuai perkembangan zaman. 

Sayangnya, produk alat elektronik ini dibatasi pembeliannya oleh pemerintah. selain itu, produk elektronik juga dikenakan biaya pajak yang lebih besar. Untuk itu, untuk jastip produk elektronik, Anda dapat menetapkan harga yang lebih besar. 

  1. Produk Fashion

Produk fashion juga memiliki banyak peminatnya, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri, fashion baik pakaian, sepatu, dan tas sangat diminati oleh masyarakat. Terlebih, jika produk tersebut memiliki brand ternama, maka merupakan hal yang wajar jika peminatnya sangat banyak. 

Demikian penjelasan seputar jastip, bisnis kekinian yang bisa memberikan keuntungan besar, dan minim modal. Jika Anda tertarik dengan bisnis yang satu ini, mulailah bangun bisnis ini mulai dari sekarang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi oleh OJK yang memberikan kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download