Cara dan Biaya Membuat Surat Keterangan Sehat

13 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 12 Oct 2022

Ingin membuat surat keterangan sehat tapi masih ragu karena takut biaya yang terlalu mahal? Tenang, membuat surat sehat sehat itu murah kok.

Umumnya biaya pembuatan surat keterangan sehat jasmani di layanan kesehatan tidak mencapai 100 ribu rupiah. Persyaratan dan prosedurnya juga tidak ribet sama sekali.

Untuk mengetahui seluk beluk surat keterangan sehat mulai dari persyaratan, tarif, hingga cara membuatnya, mari simak ulasan berikut ini!

Apa itu surat keterangan sehat?

Sesuai dengan namanya, surat keterangan sehat adalah dokumen yang menyatakan bahwa seseorang berada dalam kondisi yang baik secara fisik maupun mental.

Surat ini biasanya dikeluarkan oleh dokter, atau petugas medis lainnya di bawah Lembaga seperti klinik, puskesmas, hingga rumah sakit.

Dokter yang boleh mengeluarkan surat keterangan sehat juga bukan orang sembarangan lho. Hanya dokter-dokter yang memiliki lisensi resmi. Hal ini juga diatur dalam Kode Etik Kedokteran Indonesia.

Jadi setiap dokter yang akan mengeluarkan surat ini harus mengikuti beberapa standar dan pemeriksaan tertentu.

Baca Juga : Berapa Gaji Bidan di Tahun 2022 dan Prospek Kerjanya?

Jenis-jenis surat keterangan sehat

Surat keterangan sehat itu ada banyak jenisnya lho. Ada yang secara umum menyatakan kondisi fisik menyeluruh, ada juga yang sangat spesifik.

Contohnya adalah surat sehat bebas narkoba. Selain itu, ada juga lho surat keterangan sehat rohani, seperti yang ada di RSUD Ibu Sina Kabupaten Gresik.

Setiap jenis surat keterangan sehat memiliki tarif pembuatan yang berbeda pula ya. Jadi sebelum berangkat mengurus surat ini, kamu harus tahu dulu surat keterangan sehat jenis apa yang kamu butuhkan.

Untuk apa surat keterangan sehat itu?

Kebutuhan akan surat keterangan sehat ini sangatlah bervariatif. Bisa untuk kepentingan edukasi, bisnis, atau sekedar syarat perjalanan.

Berikut beberapa kondisi yang biasanya membutuhkan surat keterangan sehat:

  • Melamar posisi atau pekerjaan di perusahaan tempat kerja
  • Sebagai syarat melakukan ibadah haji atau umroh
  • Syarat masuk sekolah atau akademi pendidikan tertentu
  • Sebagai salah satu dokumen pendukung perjalanan ke luar negeri
  • Pelengkap dokumen pribadi seseorang
  • Syarat pernikahan, dan lain-lain

Setiap kondisi di atas biasanya memiliki ketentuan surat keterangan sehat yang berbeda. Maka dari itu pastikan kamu menanyakan surat keterangan yang menyatakan sehat dalam aspek apa saja.

Agar nantinya saat kamu mengurus surat ke klinik atau rumah sakit, kamu sudah tahu harus menemui dokter umum atau harus ke dokter spesialis tertentu.

Baca Juga : Cara Cek Jamsostek Atau BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP

Syarat membuat surat keterangan sehat

Pembuatan dokumen surat ini sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan persyaratan yang ribet. Hal yang paling utama adalah, kamu harus datang sendiri.

Proses pembuatan surat keterangan sehat tidak bisa diwakilkan. Sebab, untuk mendapatkan pernyataan kalau kamu sehat, pastinya kamu harus menjalani serangkaian tes medis.

Jadi tidak mungkin dong, dokter bilang kamu sehat kalau yang datang bukan kamu. Nah selain itu, berikut beberapa dokumen yang perlu kamu bawa kalau mau membuat surat keterangan sehat:

  • Fotocopy kartu identitas diri. Umumnya rumah sakit atau Puskesmas akan meminta fotocopy KTP untuk membuat surat keterangan sehat. Kalau tidak ada, kamu bisa bawa fotocopy SIM atau kartu identitas diri lainnya
  • Kartu BPJS, kartu Indonesia sehat (JKN-KIS), atau kartu asuransi. Kalau kamu memiliki asuransi baik dari pemerintah maupun asuransi swasta, kamu bisa bawa siapa tahu klinik atau rumah sakit yang kamu datangi menerima penggunaan asuransi tersebut untuk pembuatan surat sehat.
  • Pas foto. Tidak semua pusat Kesehatan meminta dokumen ini, namun untuk jaga-jaga, ada baiknya kamu menyiapkannya dari rumah ya.

Selain dokumen tersebut, pastikan siapkan juga uang untuk membayar biaya pembuatan surat keterangan sehat. Sedikit tips, kamu disarankan juga kamu membawa pulpen dari rumah.

Biasanya sebelum melakukan tes, kamu diminta untuk mengisi formular. Nah, pulpen di pusat kesehatan biasanya terbatas, dan kalau mau pakai harus bergantian. Kalau kamu bawa sendiri dari rumah pastinya bisa lebih menghemat waktu, kan?

Baca Juga : Harga Bersihkan Karang Gigi Bisa BPJS

Biaya pembuatan surat keterangan sehat

Setiap pusat kesehatan biasanya mematok tarif yang berbeda. Untuk rumah sakit atau puskesmas milik pemerintah biasanya lebih terjangkau ketimbang di klinik swasta.

Berikut beberapa tarif pembuatan surat keterangan sehat:

  1. Biaya membuat surat keterangan sehat di Puskesmas

Melansir situs SIPPN, untuk surat keterangan sehat biasa, biasanya membutuhkan biaya antara Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000. 

Sementara untuk surat keterangan sehat khusus seperti untuk keperluan haji membutuhkan biaya Rp. 50.000. Itu belum termasuk biaya pendaftaran mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp 20.000.

  1. Tarif pembuatan surat keterangan sehat di rumah sakit

Tarif di rumah sakit tidak jauh berbeda dengan di puskesmas. Pembuatan surat keterangan sehat jasmani di rumah sakit RSUD Gresik misalnya, mematok Tarik Rp. 25.000.

Sementara tarif membuat surat keterangan sehat rohani adalah sebesar Rp. 300.000. Itu belum termasuk biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000.

Setiap puskesmas atau rumah sakit di daerah lain mungkin memiliki tarif yang berbeda. Namun, untuk layanan Kesehatan milik pemerintah biasanya tidak memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Prosedur pembuatan surat keterangan sehat

Setelah mengetahui apa saja persyaratan dan biayanya, kamu juga perlu mengetahui apa saja prosedur yang harus dilewati untuk mendapatkan surat sehat ini.

Prosedur membuat surat sehat di rumah sakit tidak jauh berbeda dengan prosedur yang ada di puskesmas kok.

Berikut beberapa tahapan yang harus kamu lewati untuk mendapatkan surat sehat di Puskesmas ataupun rumah sakit:

  1. Kamu harus datang ke puskesmas sendiri dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan
  2. Ambil nomor antrian yang biasanya terdapat di loket atau pintu kedatangan
  3. Setelah nomor antrian diambil, kamu selanjutnya akan diarahkan ke loket pendaftaran. 
  4. Isi formular pendaftaran dan serahkan dokumen yang diminta
  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membayar uang administrasi pendaftaran
  6. Setelah selesai di loket pendaftaran, kamu akan diminta untuk meunggu dipanggil oleh dokter umum.
  7. Dokter akan melakukan pemeriksaan dasar mulai dari tinggi badan, berat badan, tensi darah, tes golongan darah, dan biasanya kamu juga akan ditanya mengenai Riwayat Kesehatan kamu.
  8. Selesai proses skrining, kamu akan diminta untuk menunggu hasil pemeriksaan
  9. Setelah ini kamu juga akan diminta untuk membayar biaya pemeriksaan di kasir
  10. Jika sudah jadi, kamu bisa mengambil surat sehat yang sudah ditandatangani dokter di bagian Tata Usaha

Nah itu dia ulasan mengenai cara pembuatan, persyaratan, hingga biaya membuat surat keterangan sehat di Puskesmas dan Rumah Sakit. Semoga bermanfaat!  

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download