Berapa Biaya Sekolah Pilot dan Apa Saja Tahapannya?

04 Oct 2021 by Laruan

Banyak orang yang mengidam-idamkan dirinya untuk memiliki profesi yang diinginkan, salah satunya seperti pilot. Namun memang jika menginginkan suatu hal tentu ada tantangannya tersendiri, termasuk juga untuk menjadi seorang pilot. Akan ada banyak hal yang harus dilewati sebelum bisa mengendarai pesawat terbang, mulai dari biaya sekolah pilot atau biaya sekolah penerbangan, pinjaman modal, tahapan sekolah dan hal lainnya.

Berapa Biaya Sekolah Pilot dan Apa Saja Tahapannya?

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai tahapan-tahapan yang harus Sobat Pintar lewati untuk menjadi seorang pilot dan siap mengendalikan pesawat terbang. Ada juga beberapa pembahasan mengenai Dana untuk sekolah pilot dan tips untuk mengajukan  pinjaman agar bisa bersekolah. Jadi, simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut!

3+ Tips Cara Menghadapi Tes Psikotes Online

Tahapan sekolah penerbangan

Hal pertama yang pastinya harus dirasakan oleh orang-orang yang ingin menjadi pilot adalah melakukan pendidikan di sekolah penerbangan. Sekolah penerbangan adalah sekolah khusus untuk yang mengadakan jurusan-jurusan mengenai penerbangan, mulai dari teknik penerbangan, management penerbangan dan tentu saja pilot. Dengan mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan diharapkan bisa menjadi seorang pilot, management penerbangan, dan profesi-profesi lainnya.

Namun memang untuk bisa mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan tentu memiliki tahapannya tersendiri belum bisa menjadi seorang pilot. Mulai dari dana sekolah penerbangan, syarat untuk pendaftaran, keadaan sekolah sampai lisensi dan juga magang. Untuk itu, ada beberapa pembahasan mengenai tahapan-tahapan dalam sekolah pilot terlebih dahulu sebelum menentukan untuk Dana untuk sekolah pilot. Berikut adalah tahapannya.

1. Syarat pendaftaran

Untuk memulai pendidikan tentu saja ada beberapa syarat yang harus Sobat Pintar tepati sebelum melakukan pendaftaran untuk bersekolah di sekolah penerbangan. Mulai dari bentuk tubuh yang ideal, tinggi dan berat badan harus sesuai, berperilaku baik, umur yang mencukupi, tidak mempunyai riwayat penyakit dan juga kemampuan akademik yang baik. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya.

Persyaratan umum
Laki-lakiPerempuan
Minimum SMA/SMK/sederajatMinimum SMA/SMK/sederajat
Sehat jasmani dan rohaniSehat jasmani dan rohani
Tinggi minimal 170 cmTinggi minimal 160 cm
Usia 17 – 24 tahun Usia 17 – 24 
Kesehatan 
Tidak memiliki tato
Bebas narkoba
Belum menikah
Tidak memiliki riwayat penyakit pernafasan
Tidak buta warna
Akademik
Berperilaku baik
Skill bahasa inggris

Namun perlu Sobat Pintar ketahui jika setiap sekolah penerbangan itu memiliki persyaratan-persyaratannya masing-masing sehingga Sobat Pintar harus pintar-pintar mencari sekolah penerbangan yang memang sudah sesuai dengan kriteria yang Sobat Pintar miliki. Selain itu, persiapkan juga dokumen-dokumen untuk melakukan pendaftaran. 

Saat melakukan pendaftaran nanti tentu saja Sobat Pintar harus melewati serangkaian tes terlebih dahulu sebelum dinyatakan layak atau tidaknya masuk sekolah penerbangan. Mulai dari tes akademik, kemampuan dasar, kebugaran, medis, penerbangan dan bahkan wawancara. Jadi, persiapkan semuanya dengan baik.

2. Menempuh pendidikan penerbangan

Setelah lolos tes dan juga pendaftarannya, Sobat Pintar sudah bisa mengikuti pembelajaran disekolah penerbanga. Sekolah ini akan lebih spesifik mengajarkan tentang sistem mesin, airframe, cuaca, navigasi, cara terbang pesawat dan pembelajaran-pembelajaran lainnya. Disini Sobat Pintar memang akan dibekali banyak teknik penerbangan untuk memastikan Sobat Pintar siap melakukan penerbangan dengan baik.

Selain itu, calon-calon pilot juga akan melakukan pendidikan dengan gaya militer karena memang seorang pilot harus memiliki fisik yang terlatih. Namun memang pelatihan ini tidak secara signifikan dilakukan terus-menerus dan secara ketat. Untuk itu, persiapan diri memanglah harus dilakukan dengan benar agar bisa melewati tahapan ini dengan baik.

Dalam beberapa bulan setelah Sobat Pintar mempelajari tentang berbagai macam materi penerbangan maka Sobat Pintar bisa melakukan simulasi penerbangan untuk bisa mengukur kemampuan dari materi penerbangan yang sudah dipelajari sebelumnya. Selain itu juga, simulasi penerbangan dilakukan untuk melatih para calon pilot agar lebih percaya diri dan siap dalam melakukan penerbangan.

3. Bekerja

Jika Sobat Pintar sudah menjadi taruna atau taruni yang sudah sah tentu Sobat Pintar sudah pasti mengantongi lisensi untuk menerbangkan pesawat, yaitu Student Pilot Licence (SPL). Namun untuk bisa menerbangkan pesawat Sobat Pintar harus mendapatkan lisensi yang lain karena memang lisensi untuk menerbangkan pesawat itu berbeda-beda mulai dari pemula sampai profesional. Adapun lisensinya mulai dari PPL, CPL, IR, MER, TLP dan tingkatan-tingkatan lisensi selanjutnya.

Namun bukan berarti jika sudah mendapatkan lisensi Sobat Pintar bisa langsung menjadi pilot, tentu belum. Apalagi untuk menjadi untuk menjadi pilot dalam penerbangan komersial, tentu masih ada perjalanan yang harus Sobat Pintar lewati juga. Salah satunya adalah mengenai jam terbang karena untuk menjadi pilot tentu Sobat Pintar harus memiliki jam terbang agar bisa terus melatih diri dan pengalaman dalam penerbangan.

Salah satu cara untuk menabung jam terbang selain memang menjadi staff penerbangan tentu Sobat Pintar juga bisa melakukan magang terlebih dahulu kepada maskapai-maskapai yang memang menyediakannya. Nah, setelah jam terbang Sobat Pintar mencukupi maka Sobat Pintar bisa diterima di maskapai penerbangan komersial dan siap menjadi pilot profesional.

Biaya sekolah pilot

Dana untuk sekolah pilot atau dana sekolah penerbangan ini memang merupakan hal penting juga untuk Sobat Pintar perhatikan karena ini berkaitan dengan modal yang harus Sobat Pintar keluarkan untuk mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan. Dana untuk sekolah pilot ini bukan hanya tentang pengorbanan waktu dan tenaga tapi berupa uang juga untuk bisa membiayai pendidikan tentang penerbangan.

Memang dana untuk sekolah pilot atau dana sekolah penerbangan itu memang terkenal tidak sedikit. Karena dalam pematerian itu tentu banyak memakan biaya sehingga pembayaran untuk sekolah penerbangan juga terbilang tinggi. Apalagi dana untuk sekolah pilot ini memang cenderung naik setiap tahunnya, bahkan melansir dari beberapa media dana sekolah penerbangan ditahun 2021 itu mencapai 900 juta untuk bisa mengenyam pendidikan dan mendapatkan lisensi penerbangannya.

Namun memang dana untuk sekolah pilot di masing-masing sekolah penerbangan itu tentunya berbeda-beda tergantung dari lisensi apa yang ingin Sobat Pintar dapatkan dan juga tergantung seberapa lama Sobat Pintar ingin mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan tersebut. Untuk itu, pastikan dan persiapkan baik-baik untuk modal dana sekolah penerbangan. Semakin banyak Sobat Pintar mengetahui informasi rincian biaya maka akan lebih mudah juga untuk menentukan sekolah pilot yang cocok untuk Sobat Pintar.

Pinjaman dari Kredit Pintar

Melihat dari besarnya total dana untuk sekolah pilot, tentu Sobat Pintar harus mempersiapkan pembiayaannya dari sekarang agar lebih mudah nantinya. Namun, jika Sobat Pintar membutuhkan modal tambahan maka Sobat Pintar bisa mengajukan dengan sangat mudah dan juga pencairan yang cepat.

Kredit Pintar adalah sebuah layanan yang menawarkan pinjaman untuk berbagai macam kebutuhan masyarakat yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Keuntungan menjadi pilot

Memang setelah membahas tahapan-tahapan yang akan Sobat Pintar lewati untuk menjadi seorang pilot membutuhkan banyak pengorbanan, baik itu waktu, tenaga, pikiran dan juga materi untuk biaya sekolah penerbangan. Namun saat Sobat Pintar menjadi pilot profesional tentu memiliki rasa bangga tersendiri, apalagi menjadi seorang pilot itu memiliki banyak keuntungan mulai dari meningkatkan status sosial walaupun hal ini dilakukan secara tidak langsung. Selain itu, menjadi seorang pilot juga bisa berjalan-jalan keliling dunia secara tidak langsung sehingga bisa menambah wawasan, pengalam dan juga relasi dengan bertemunya banyak orang baru dan berbagai belahan dunia. 

Terakhir, pilot juga merupakan salah satu profesi yang memiliki gaji tertinggi. Melansir dari beberapa media, pilot indonesia memiliki penghasilan sekitar 40.000.000,00 – 50.000.000,00 per bulannya, namun hal ini juga bisa disesuaikan dengan jabatan pilotnya masing-masing. Bisa saja lebih rendah dari ini ataupun bisa lebih tinggi dari ini. 

Akhir kata

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara untuk bisa menjadi pilot, dari mulai tahapan-tahapan yang harus dilalui, biaya sekolah pilot atau dana sekolah penerbangan, rekomendasi tambahan untuk pinjaman dengan Kredit Pintar dan bahkan membahas penghasilan seorang pilot di Indonesia. 

Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan memberikan wawasan lebih untuk Sobat Pintar sehingga bisa terinspirasi dan mengejar impian untuk menjadi seorang pilot profesional.

5 Rekomendasi Laptop 2 Jutaan Untuk Belajar Online

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload