Begini Cara Masak Daun Singkong, Dijamin Nikmat

22 Feb 2024 by kreditpintar, Last edit: 27 Feb 2024

Daun singkong, bahan makanan yang melimpah di sebagian besar wilayah tropis, memiliki potensi rasa yang luar biasa. Keberlimpahan daun ini sering kali diabaikan, padahal cara masak daun singkong dapat menghasilkan hidangan yang lezat dan bergizi. Dalam tulisan ini, kita akan membahas dengan mendalam bagaimana mengolah daun singkong menjadi hidangan yang nikmat.

Bukan sekadar panduan, tapi juga perjalanan menuju kelezatan tradisional yang tak terlupakan.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Singkong Yang Wajib Kamu Ketahui!

Permulaan Cara Masak Daun Singkong

Sebelum masuk ke cara masak daun singkong, langkah awal yang perlu diperhatikan adalah memilih daun singkong yang segar dan berkualitas baik. Pastikan daun-daun yang dipilih tidak layu, dan warnanya cerah. Hal ini sangat penting karena kualitas bahan dasar akan memengaruhi cita rasa akhir hidangan. 

Setelah memperoleh daun singkong yang optimal, langkah selanjutnya adalah membersihkannya dengan teliti. Cuci daun singkong menggunakan air bersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin menempel pada permukaannya.

Membumbui dengan Cinta dan Rasa

Setelah membersihkan daun singkong, saatnya untuk memasaknya dengan bumbu-bumbu yang lezat. Cara masak daun singkong yang paling umum adalah dengan merebusnya. Dalam panci besar, rebus air dengan sedikit garam. Setelah air mendidih, masukkan daun singkong ke dalam panci dan biarkan merebus selama 10-15 menit. 

Agar cita rasa lebih meresap, tambahkan sedikit gula dan kaldu ayam atau sapi sesuai selera Anda. Bumbu ini tidak hanya memberikan rasa gurih pada daun singkong, tetapi juga menjadikan hidangan ini lebih istimewa.

Kreativitas dalam Penyajian: Daun Singkong Gulung

Selain merebus, cara cara masak daun singkong lain yang bisa Anda coba adalah menggulung daunnya. Proses ini memerlukan sedikit keterampilan, tetapi hasil akhirnya patut dicoba. Pertama-tama, kukus daun singkong sampai matang. Setelah itu, letakkan satu lembar daun singkong di permukaan datar dan letakkan isian yang diinginkan di tengahnya, misalnya ikan atau daging cincang. 

Gulung daun singkong seperti ketupat, pastikan isian terbungkus rapi. Kukus kembali hingga matang sempurna. Hasilnya adalah hidangan daun singkong gulung yang lezat dan menggugah selera.

Inovasi di Dapur: Daun Singkong Goreng Crispy

Tidak hanya itu, daun singkong juga bisa diolah menjadi hidangan yang renyah dan lezat, yaitu daun singkong goreng crispy. Pertama-tama, celupkan daun singkong ke dalam adonan tepung yang sudah dibumbui dengan garam, lada, dan sedikit merica. Pastikan setiap bagian daun terbalut adonan dengan merata. 

Setelah itu, goreng daun singkong dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan. Hasilnya adalah camilan yang renyah di luar, tetapi tetap melembut di dalam.

Pemanfaatan dalam Olahan Tradisional

Cara masak daun singkong juga bisa diaplikasikan dalam olahan tradisional yang khas daerah tertentu. Sebut saja “Pepes Daun Singkong” yang merupakan hidangan khas Sunda. Daun singkong diisi dengan ikan yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang. 

Proses ini menghasilkan hidangan dengan aroma harum khas daun pisang yang membungkusnya. Pepes Daun Singkong memperlihatkan keberagaman dan kekayaan kuliner Indonesia.

Baca juga: 5 Ide Masak Hari Ini, Mudah dan Dijamin Enak!

Resep Daun Singkong Tumis

Bahan-bahan

Daun singkong segar, bersihkan dan potong-potong (sekitar 500 gram)

2 sendok makan minyak sayur

3 siung bawang putih, cincang halus

2 buah cabai merah, iris tipis (sesuaikan selera pedas)

1 batang serai, memarkan

1 lembar daun salam

1 lembar daun jeruk

1 sendok teh terasi, bakar sebentar

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Langkah-langkah

1. Persiapan Daun Singkong

Pilih daun singkong yang segar dan cerah.

Cuci daun singkong dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran.

Potong-potong daun singkong sesuai selera, bisa besar atau kecil tergantung preferensi.

2. Membuat Bumbu Tumis

Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang.

Tumis bawang putih hingga harum dan kecokelatan.

Tambahkan cabai merah, serai, daun salam, dan daun jeruk. Aduk rata.

3. Menambahkan Terasi

Masukkan terasi yang sudah dibakar sebentar ke dalam tumisan. Aduk rata dan biarkan terasi matang dengan api kecil.

4. Menyajikan Daun Singkong

Masukkan potongan daun singkong ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga daun singkong tercampur rata dengan bumbu.

Tambahkan garam dan gula secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Aduk kembali hingga bumbu meresap.

5. Simpan dengan Baik

Setelah daun singkong matang dan bumbu meresap, angkat dari wajan.

Sajikan dalam piring saji, siap dinikmati sebagai pelengkap nasi hangat.

6. Tambahan Variasi

Untuk variasi rasa, Anda dapat menambahkan kelapa parut sangrai sebagai taburan sebelum disajikan.

Jika suka, tambahkan potongan tomat cherry untuk memberikan kesegaran pada hidangan.

Manfaat Daun Singkong

Daun singkong, selain menjadi bahan dasar hidangan lezat, juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang penting. Berikut adalah beberapa manfaat daun singkong.

1. Kaya Nutrisi

Daun singkong mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan zat besi. Nutrisi ini mendukung fungsi tubuh dan sistem kekebalan.

2. Sumber Antioksidan

Daun singkong mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid, yang berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang memiliki potensi merusak sel-sel dan memicu berbagai penyakit.

3. Menunjang Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun singkong dapat mendukung kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kornea mata dan menjaga kesehatan retina.

4. Membantu Pencernaan

Daun singkong mengandung serat yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, membantu mengoptimalkan proses pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, serta mendukung kesehatan usus secara keseluruhan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam daun singkong dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

6. Mendukung Kesehatan Jantung

Antioksidan dan serat dalam daun singkong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang pada gilirannya mendukung kesehatan jantung.

7. Pemeliharaan Kesehatan Tulang

Daun singkong mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan kepadatan tulang.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam daun singkong berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit.

9. Menyehatkan Rambut

Nutrisi seperti vitamin A dan zat besi dalam daun singkong dapat mendukung kesehatan rambut, mencegah kebotakan, dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.

10. Anti-Inflamasi

Ada beberapa senyawa dalam daun singkong mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh manusia.

Dalam setiap langkah cara masak daun singkong, kita dapat melihat betapa kaya ragamnya hidangan yang bisa dihasilkan dari bahan yang sederhana ini. Dengan mencoba berbagai cara pengolahan, kita bisa menemukan kelezatan tradisional yang terungkap dari setiap daun singkong yang kitaolah. 

Tidak hanya lezat, tapi juga bernutrisi tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang cerdas untuk memasukkan ke dalam menu sehari-hari. Mari eksplorasi kreativitas di dapur dan temukan kelezatan yang tak terlupakan melalui cara masak daun singkong yang inovatif dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Rekomendasi Resep Masakan Catering Paling Diminati!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Feb 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download