5 Ide Masak Hari Ini, Mudah dan Dijamin Enak!

13 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 12 Jul 2023

Menentukan ide masak hari ini tidak jarang membuat kita menghabiskan cukup banyak waktu. Salah satu faktornya adalah banyaknya ide yang mungkin saja bisa dieksekusi, namun terhambat karena kita memikirkan terlalu banyak pertimbangan seperti bahan masakan, usaha yang nanti akan dikeluarkan, hingga hasilnya yang mungkin saja tidak sesuai harapan. Simak beberapa ide masakan rumahan yang mudah untuk dibuat dan pastinya enak.

Ide Masak Hari Ini

Baca juga: 5 Resep Cara Masak Bihun Goreng untuk Santapan Keluarga Memasak dapat menjadi salah satu pilihan saat sobat pintar ingin menghemat tapi tetap bisa makan enak. Ini juga merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Walaupun terdengar sederhana, kegiatan ini juga terkadang terasa sangat merepotkan ketika dilanda kebingungan untuk menentukan menu makanan yang akan dimasak.Punya ide masak untuk hari ini juga bisa menjadi alternatif saat Sobat Pintar bosan beli makanan di luar yang notabene-nya tidak terlalu banyak variasi. Hal ini karena kita cenderung membeli makanan yang kita rasa enak di resto langganan untuk menghemat waktu. Apalagi saat sedang sibuk-sibuknya dengan kerjaan yang seperti tidak ada habisnya. 

5 Ide Masak Hari Ini 

Sekarang Sobat Pintar sudah tidak perlu pusing dan menghabiskan waktu yang banyak untuk menentukan pilihan menu yang akan dimasak. Pasalnya, rekomendasi ide masak hari ini tidak memerlukan teknik memasak yang hebat dan hanya perlu memakai bahan yang mudah untuk didapatkan. Berikut 6 rekomendasi ide masak yang bisa Sobat Pintar pilih untuk menu makan hari ini.

Ide Masak Hari Ini

Baca juga: Kompor Tanam: Kelebihan, Kekurangan, dan Memilih Kompor 

1. Telur Balado

Ide masak hari ini yang dapat Sobat Pintar coba adalah telur balado. Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan telur, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, gula, dan penyedap rasa. Ini untuk langkah-langkah pembuatannya:

  1. Rebus telur hingga matang, lalu kupas kulitnya;
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah dihaluskan menggunakan wajan dengan minyak panas;
  3. Masukan telur saat bumbu halus sudah matang;
  4. Tambahkan air dengan takaran sesuai selera lalu berikan garam, gula, serta penyedap rasa;
  5. Masak hingga bumbu mengental dan siap untuk dihidangkan.

2. Ayam Goreng Krispi

Ayam merupakan salah satu lauk yang memiliki banyak penggemarnya di seluruh dunia. Selain enak dan bergizi, lauk yang satu ini sangat mudah untuk didapatkan. Sobat Pintar membutuhkan 500 gram ayam, 2 butir telur, tepung bumbu serba guna, air secukupnya dan minyak goreng.

  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu dan keringkan dengan tisu dapur;
  2. Bagi dua tepung menjadi adonan kering dan adonan basah dengan air secukupnya;
  3. Celupkan ayam ke adonan basah, pastikan adonan tercampur merata;
  4. Pindahkan ayam ke dalam mangkok berisi telur yang sudah dipecahkan dan dikocok terlebih dahulu;
  5. Kemudian gulingkan ke adonan kering;
  6. Gunakan api kecil saat menggoreng ayam.

3. Cah Kangkung

Banyak orang yang suka dengan sayuran hijau ini sehingga sering disebut sebagai sayur sejuta umat. Pembuatannya yang tidak ribet membuat Cah Kangkung dapat menjadi ide masak hari ini yang enak. Cukup siapkan kangkung, bawang putih, cabai (untuk yang suka pedas), tomat, garam, merica bubuk, penyedap rasa, dan saus tiram untuk dapat membuat masakan tersebut.

  1. Tumis bawang putih yang telah dihaluskan, irisan bawang merah, dan irisan cabai;
  2. Masukkan sayur kangkung hingga setengah layu;
  3. Tambahkan irisan tomat, garam, merica bubuk, penyedap rasa, saus tiram, dan sedikit air sesuai selera.

4. Oseng Tempe

Sobat Pintar dapat membuat Oseng Tempe dengan bawang bombay, bawang putih cincang, irisan cabai merah, kecap manis, saus sambal, garam, merica bubuk, dan tempe tentunya. Selain rasanya yang enak, Sobat Pintar bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan harga yang relatif murah. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay, tunggu sampai setengah layu;
  2. Tambahkan cabai rawit dan tumis hingga cabai ikut layu;
  3. Masukkan tempe yang telah dipotong-potong;
  4. Tambahkan garam, merica, kecap manis, dan saus sambal sesuai selera.

5. Spaghetti Aglio e Olio

Rekomendasi ide masak hari ini selanjutnya adalah Spaghetti Aglio e Olio dengan tambahan udang. Masakan ini akan sangat cocok untuk Sobat Pintar yang sedang bosan makan nasi atau mie instan. Bahan yang diperlukan di antaranya, 250gram spaghetti, 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan, cabai kering, 250gram udang yang sudah dikupas, ¼ cangkir minyak zaitun, garam, merica, dan parsley cincang.

  1. Rebus spaghetti kemudian tiriskan dan jangan lupa untuk sisihkan sedikit air rebusan;
  2. Tumis bawang putih dan cabai kering di dalam wajan berisi minyak zaitun yang telah dipanaskan dengan api sedang;
  3. Tambahkan udang saat bawang putih berubah menjadi kecokelatan lalu angkat dan sisihkan udang saat sudah matang;
  4. Masukkan spaghetti, campur, dan tambahkan air, garam, merica, juga udang yang sebelumnya disisihkan;
  5. Hidangkan dengan taburan parsley.

Tips Sebelum Mulai Memasak

Buat Sobat Pintar yang ingin belajar memasak pakai rekomendasi ide masak hari ini tetapi masih ragu, dapat melakukan beberapa tips sebelum mulai memasak. Ini bisa membantu Sobat Pintar untuk lebih percaya diri dan membuat makanan enak anti gagal. Simak 3 tips sederhana namun penting di bawah ini.

Ide Masak Hari Ini

Baca juga: Begini Cara Bikin Spageti yang Legit

1. Membaca Resep dengan Teliti

Sering dianggap sepele, membaca resep dengan teliti merupakan hal yang harus dilakukan sebelum mulai memasak. Hal ini untuk memastikan kita membuat makanan sesuai yang diarahkan, sehingga kecil kemungkinan untuk gagal bahkan di percobaan pertama. Pastikan juga melihat alat dan bahan yang dibutuhkan agar memasak menjadi lebih mudah.

2. Mempersiapkan dan Membersihkan Bahan

Salah satu keuntungan makan masakan sendiri adalah dapat memastikan bahwa makanan tersebut bersih dan higienis. Makanan yang tidak higienis dapat memicu berbagai penyakit seperti sakit perut, diare, hingga penyakit berbahaya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan bahan dan alat yang diperlukan saat akan memasak nanti.

3. Takaran yang Tepat

Jika Sobat Pintar baru belajar memasak, ada baiknya untuk memiliki alat takar atau pengukur yang tepat. Takaran ini bisa berupa timbangan ataupun gelas ukur agar pekerjaan terasa mudah. Memastikan proporsi dan takaran sesuai dengan yang tertera dalam resep untuk menghindari kegagalan saat mencoba menu baru.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download