Beberapa Cara Presentasi yang Baik Untuk Menarik Audience

Beberapa Cara Presentasi yang Baik Untuk Menarik Audience

01 Jun 2021 by kreditpintar
Beberapa Cara Presentasi yang Baik Untuk Menarik Audience

Untuk menarik perhatian audiens sangat diperlukan keterampilan dalam berpresentasi. Masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam menyampaikan presentasi yang baik. Hasilnya para audience pun kehilangan ketertarikan terhadap presentasi yang dibawakan. Tentunya kita tidak mau hal itu terjadi. Ada beberapa cara yang bisa Sobat Pintar coba untuk melakukan presentasi yang baik sehingga dapat menarik perhatian para audience. Berikut ini adalah beberapa cara presentasi yang baik.

1. Harus Percaya Diri

Menampilkan kepercayaan diri adalah salah satu cara presentasi yang baik. Dalam melakukan presentasi Sobat Pintar harus percaya diri bahwa Sobat Pintar mampu membawakan presentasi ini dengan baik. Sobat Pintar harus meyakinkan para audience bahwa apa yang Sobat Pintar presentasikan ini sangatlah menarik. 

Jika Sobat Pintar tidak mempunyai rasa percaya diri, bagaimana Sobat Pintar bisa meyakinkan para audience terkait apa yang ada presentasikan ini.

Kuncinya adalah bahwa Sobat Pintar harus yakin pada diri Sobat Pintar sendiri. Sobat Pintar bisa melakukan yang terbaik dan Sobat Pintar mampu memberikan yang terbaik kepada para audience.

2. Menguasai dan Memahami Materi dengan Baik

Sebelum Sobat Pintar melakukan presentasi Sobat Pintar harus menguasai materi yang akan Sobat Pintar presentasikan. Ketika Sobat Pintar telah paham dengan apa yang akan Sobat Pintar presentasikan maka Sobat Pintar bisa fokus kepada para audience.

Sobat Pintar bisa memahami apa yang audience inginkan dan Sobat Pintar bisa mengetahui apa yang diharapkan para audience dari presentasi Sobat Pintar.

3. Pembukaan Presentasi yang Menarik

Pembukaan presentasi menjadi kunci dari cara presentasi yang baik. Membuka sebuah presentasi merupakan suatu hal yang cukup sulit. Karena itu adalah momen untuk memberikan kesan pertama yang menarik kepada audience. Sehingga audience tertarik untuk mengikuti presentasi tersebut. 

Jika kesan pertama Sobat Pintar menarik perhatian audience gagal, maka kemungkinan presentasi Sobat Pintar juga akan gagal. 

4. Sampaikan Materi dengan singkat atau To The Point

Jika Sobat Pintar menyampaikan materi presentasi jangan bertele-tele. Karena audience akan bosan, sehingga presentasi tidak akan efektif. Sampaikan poin-poin yang penting saja dari tema presentasi yang Sobat Pintar bawakan. Dan fokuslah pada pembukaan dan penutupan presentasi, karena itu adalah bagian yang paling diingat para audience.

5. Bersikap Rileks saat Presentasi

Ketika membawakan presentasi Sobat Pintar jangan kaku atau hanya berdiam diri saja di depan audience. Sobat Pintar bisa berjalan kesana kemari dan sesekali mendekati audience. 

Sehingga tidak ada batasan dan kesan kaku saat presentasi. Tapi Sobat Pintar harus pastikan juga apakah acara tersebut bersifat formal atau tidak.

6. Presentasi Memanfaatkan Teknologi 

Sobat Pintar ingin presentasi yang menarik dan tidak monoton? Sobat Pintar bisa memanfaatkan teknologi. Dengan bantuan teknologi presentasi Sobat Pintar akan menjadi semakin menarik dan memukau. 

Misalnya, Sobat Pintar bisa memanfaatkan handle remote. Sehingga Sobat Pintar bisa bebas berjalan kesana kemari, sambil tetap bisa menampilkan poin-poin yang ada di dalam slide presentasi. 

Sobat Pintar juga bisa memasukkan potongan animasi atau video yang berhubungan dengan tema presentasi Sobat Pintar. Cara ini bisa membuat audience tidak bosan dan akan semakin tertarik dengan presentasi Sobat Pintar.

7. Lakukan Kontak Mata dengan Audience

Mengapa harus melakukan kontak mata ? karena kontak mata sangat penting untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan audience. Saat Sobat Pintar presentasi di depan jumlah audience yang sedikit, akan lebih mudah melakukan kontak mata.

Tapi jika audience Sobat Pintar banyak sampai puluhan bahkan ratusan audience, Sobat Pintar juga harus tetap melakukan kontak mata.

8. Mengenali Audiens

Dengan mengenali siapa saja audiens Sobat Pintar, maka Sobat Pintar akan membuat materi yang tepat dan tahu cara yang pas untuk menyampaikannya. 

Sobat Pintar bisa mengenali audience Sobat Pintar dengan melihat latar belakang mereka, seperti jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, atau pekerjaan mereka. Materi dan gaya penyampaian presentasi Sobat Pintar tentu akan berbeda ketika Sobat Pintar presentasi di depan para bos dengan presentasi di depan mahasiswa.

9. Memperhatikan Penampilan

Memperhatikan penampilan Sobat Pintar sangat penting dalam melakukan presentasi secara langsung di hadapan audience. Jika Sobat Pintar berpenampilan rapi, maka audience Sobat Pintar akan merasa dihargai.

Penampilan yang sesuai dengan presentasi yang dibawakan juga akan meningkatkan rasa percaya diri Sobat Pintar.

10. Bersikap Profesional

Sobat Pintar bisa menunjukkan sikap profesional Sobat Pintar dengan datang sebelum waktu yang telah ditentukan. Sehingga Sobat Pintar bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum presentasi dimulai. Presentasi pun bisa dimulai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. 

Selain itu, sikap profesional juga dapat ditunjukkan ketika ada audience mengajukan pertanyaan. Dan jawablah pertanyaan tersebut dengan baik dan benar. 

Itulah 10 cara presentasi yang baik. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk