6 Cara Jitu Dapat Beasiswa S2 Luar Negeri

17 Sep 2021 by Laruan

Bagi sebagian besar pelajar Indonesia, mendapatkan beasiswa S2 luar negeri adalah impian terbesar. Selain untuk menambah pengalaman, output setelah belajar di luar negeri akan berdampak pada kemudahan pencapaian karir. Pasalnya, pasti banyak perusahaan yang lebih berminat pada lulusan luar negeri.

Kesempatan belajar di luar negeri sebetulnya selalu ada. Hanya saja, peluang untuk mendapatkan beasiswa masih dirasa cukup sulit. Padahal sebetulnya, kesempatan melanjutkan jenjang S2 ke luar negeri lumayan mudah, apabila tahu triknya. Jika penasaran, simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini

Waspada Membagikan Foto Selfie KTP

6 Cara Jitu Dapat Beasiswa S2 Luar Negeri

Negara Tujuan Beasiswa S2 Luar Negeri Yang Layak Dicoba

Ada yang masih bingung, negara mana saja yang membuka kesempatan pelajar dari luar untuk belajar di sana? Hingga sekarang, Jerman menjadi negara tujuan kuliah S2 paling populer. Padahal sebetulnya, cukup banyak negara lain di dunia yang membuka kesempatan beasiswa pelajar asing seperti diantaranya adalah

1. Australia

Australia bisa menjadi salah satu negara tujuan ketika ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi S2. Pemerintah Australia bahkan berani menginvestasikan dana sebesar $200 juta per tahunnya untuk kegiatan pendidikan. Cukup banyak universitas terbaik di Australia yang layak dicoba.

Mulai dari The University of Melbourne, University of Sydney, hingga Australian National University (ANU). Beberapa universitas tersebut terbukti memberikan beasiswa parsial bagi pelajar internasional. Belum lagi tambahan perlindungan kesehatan yang ditujukan untuk pelajar dengan prestasi akademik tinggi.

2 Inggris

Selanjutnya adalah negara Inggris. Beberapa universitas di Inggris terkenal dapat membekali para pelajar asing berbagai keterampilan khusus. Sehingga menjadi pembeda dengan para pesaingnya di negara asalnya nanti. Selain itu, bagi pelajar berprestasi Inggris juga memberikan fasilitas yaitu pilihan universitas terbaik yang terdaftar di QAA.

Tidak hanya itu saja, para pelajar berprestasi tersebut bahkan diberikan kesempatan untuk bisa jalan-jalan keliling eropa. Hal ini bisa dipergunakan sebagai ajang untuk mencari pengalaman. Inggris merupakan pilihan negara tujuan Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri yang layak untuk dipertimbangkan.

3. Kanada

Kanada juga termasuk salah satu negara yang menawarkan peluang beasiswa bagi pelajar asing berprestasi. Pada umumnya, beasiswa yang diberikan sebagian besar universitas di Kanada sifatnya parsial. Artinya, biaya hanya akan ditanggung sebagian saja. Selain itu, apabila berminat mencoba, semua berkas yang diperlukan harus langsung dikirim ke universitasnya.

4. Selandia Baru

Siapa sangka, Selandia baru juga membuka peluang besar untuk beasiswa bagi pelajar asing dari Asia Tenggara. Tidak terkecuali dari Indonesia. Banyak universitas di sana yang menawarkan layanan beasiswa parsial untuk setiap jenjang pendidikan tinggi. Mulai dari tingkat sarjana (S1), sampai dengan pasca sarjana yaitu S2 dan S3.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga bisa dipilih sebagai negara tujuan bagi yang berminat mencari Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri. Rata-rata universitas di sana menawarkan beasiswa berdasarkan prestasi pelajar (Merit-based). Syarat utamanya tentu saja adalah prestasi akademik yang gemilang serta faktor pendukung lainnya. Seperti pengalaman organisasi hingga ekstrakurikuler.

Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Kalau penjelasan yang pertama tadi adalah beberapa negara tujuan beasiswa luar negeri. Kini saatnya mengetahui, bagaimana cara supaya bisa dapat Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri dengan mudah. Faktanya, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya

1. Persiapan Tes TOEFL dan IELTS

Untuk bisa belajar di luar negeri, tentu syarat utama adalah mahir berbahasa asing. Oleh sebab itu, kemampuan tersebut bisa dilihat dari tes TOEFL serta IELTS. Skor untuk tes TOEFL adalah minimal 550, sedangkan IELTS minim harus 6,0. Meskipun begitu, kemungkinan besar, setiap universitas di luar negeri akan menerapkan syarat yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana jika ingin menempuh pendidikan di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama? Cobalah untuk belajar bahasanya sehingga bisa mendapatkan nilai tambah. Misalnya ingin dapat beasiswa di universitas Cina, jadi perdalam bahasa mandarin, sehingga peluang akan diterima makin besar.

2. Lakukan Riset Tentang Universitas Dan Bidang Studi Yang Diminati

Sebelum mendaftar Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri, ada sebaiknya pelajari dulu tentang universitas serta bidang studi yang diminati. Setidaknya pikirkan mengapa memilih kampus tersebut? Lalu mengapa memutuskan mengambil bidang studi itu? Pertanyaan seperti ini ketika ada yang bertanya harus bisa jawab di luar kepala.

3. Upayakan Untuk Mempunyai Pengalaman Kerja Sesuai Bidang Yang Diminati

Setelah lulus S1, tidak ada salahnya untuk menambah pengalaman dengan bekerja di sektor apa pun. Sambil menunggu pengajuan Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri diproses. Hanya saja, usahakan bekerja sesuai dengan bidang peminatan yang diambil untuk kuliah S2. Hal ini jelas akan mempermudah keberhasilan mendapatkan beasiswa.

4. Perbanyak Menulis Karya Ilmiah

Sebagai informasi saja, bahwa bukan pengalaman kerja saja yang dapat mendukung keberhasilan mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri. Pengalaman menulis karya ilmiah juga ternyata bisa sangat membantu. Maka, ada baiknya perbanyak menulis karya ilmiah atau jurnal yang berhubungan dengan bidang studi.

Coba juga dengan menulis buku atau beberapa essay yang juga harus masih ada kaitannya dengan bidang studi yang dipilih. Tidak ada salahnya mulai memikirkan rencana untuk membuat penelitian saat menjalani studi S2 nanti. Bisa jadi, hal ini akan ditanyakan saat sesi wawancara. Dengan begitu, bisa memberikan gambaran tentang tujuan mengambil studi tersebut.

5. Ada Surat Rekomendasi

Adanya surat rekomendasi pun sangat mendukung pencapaian keberhasilan mendapatkan beasiswa S2 luar negeri. Surat rekomendasi ini akan memberikan kepercayaan pada para penilai jika memang pemohon benar-benar punya kemampuan. Pada umumnya, surat rekomendasi yang dikhususkan untuk kepentingan beasiswa luar negeri harus ditulis oleh minimal 2 orang.

Maka dari itu, ada baiknya pilih 2 orang untuk menulis surat rekomendasi tersebut. Pastikan keduanya masih terkait dengan bidang studi yang dipilih. Mungkin dari pihak dosen, atau bisa juga atasan kantor tempat kerja. Biasanya, pihak-pihak seperti ini akan membantu menonjolkan kemampuan positif yang dimiliki.

6. Berkonsultasi Dengan Orang Berpengalaman

Apabila sudah sangat bingung sekali ketika ingin mencoba daftar beasiswa S2 ke luar negeri ada cara paling mudah. Coba saja bertanya langsung pada orang-orang yang sebelumnya pernah mencoba dan terbukti berhasil. Cara berkenalan dengan orang tersebut bisa dengan bergabung pada forum-forum atau lembaga edukasi yang memfasilitasi kegiatan beasiswa.

Dari sana, akan banyak informasi tentang bagaimana cara daftar beasiswa S2 ke luar negeri. Apa saja syaratnya, alur prosesnya, dan masih banyak lagi. Selain itu, para profesional rekan-rekan penerima beasiswa pun biasanya tidak akan segan berbagi trik yang bisa diterapkan. Sehingga persiapan jadi lebih matang.

Itu dia tadi informasi tentang cara supaya dapat Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri. Ada banyak hal yang harus dilakukan mulai dari persiapan tes TOEFL, memperbanyak tulisan karya ilmiah, dan lainnya. Semua itu bisa lebih lancar jika ada dana yang mendukung. Kredit Pintar adalah solusi terbaik bagi yang butuh dana cair untuk membeli kebutuhan persiapan S2 di luar negeri.

Hari-hati Terhadap Penipuan Melalui Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload