Kuliah Gratis? Ini Beasiswa Kuliah 2022 (S1, S2, dan S3)

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 06 Jul 2022

Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi tentu menjadi mimpi banyak orang. Apalagi jika beasiswa yang didapatkan adalah beasiswa bergengsi. Bayangkan saja, dari ribuan pendaftar Anda berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa untuk kuliah gratis! dari Beasiswa Kuliah 2022 Keren, bukan?

Kuliah Gratis? Ini Beasiswa Kuliah 2022 (S1, S2, dan S3)

Baca Juga: Panduan Singkat Cara Monetisasi YouTube Untuk Pemula

Program beasiswa tentunya sangat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta pendidikan di negeri ini. Melalui program beasiswa, anak-anak muda berbakat dapat mengasah potensinya untuk memberikan kontribusi yang bermakna bagi negara nantinya. Selain itu, program beasiswa juga memberikan kesempatan yang sama bagi anak-anak berprestasi kurang mampu untuk meningkatkan kualitas hidupnya demi masa depan yang lebih baik.

Meskipun begitu, untuk dapat menjadi penerima beasiswa kuliah bukan perkara mudah. Anda harus melewati serangkaian proses seleksi yang ketat dan bersaing dengan anak-anak muda berbakat lainnya dari seluruh Indonesia. Perlu ketekunan dan kerja keras yang tinggi agar mampu mendapatkan beasiswa kuliah.

Nah, jika Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui program beasiswa, yuk simak daftar beasiswa kuliah 2022 berikut ini yang dapat Anda dicoba!

Manfaat Mendapatkan Beasiswa

Kuliah Gratis? Ini Beasiswa Kuliah 2022 (S1, S2, dan S3)

Baca Juga: Jadwal PPDB Jakarta 2022 dan Cara Daftar Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan beasiswa kuliah. Pertama, tentunya Anda dapat lebih fokus menuntut ilmu tanpa harus memikirkan biaya kuliah tiap semesternya. Dengan program beasiswa, biaya kuliah Anda akan dibiayai penyelenggara beasiswa sesuai dengan skema beasiswa yang didapatkan, misalnya secara parsial atau full.

Manfaat yang kedua adalah kesempatan untuk mendapatkan uang saku untuk menunjang kebutuhan biaya hidup selama berkuliah. Kebanyakan beasiswa pasti memberikan sejumlah uang saku kepada penerima program. Meskipun begitu, Anda harus lebih hati-hati dalam mengelola keuangan agar uang saku tidak cepat habis, ya.

Manfaat selanjutnya sebagai penerima beasiswa adalah menambah prestasi. Sebagai penerima beasiswa, Anda pasti akan merasa bangga atas prestasi yang telah dicapai. Hal ini juga dapat menjadi poin plus bagi Anda saat melamar pekerjaan nantinya.

Selain ketiga manfaat di atas, beasiswa juga dapat memperluas jaringan pertemanan maupun profesional Anda. Apalagi jika penyelenggara beasiswa adalah institusi asing. Pastinya jaringan Anda akan semakin luas hingga mencakup negara-negara dari berbagai penjuru dunia.

Terakhir, beasiswa dapat membantu Anda mengasah dan menambah skill, khususnya di bidang pengembangan diri. Banyak program beasiswa yang mewadahi penerimanya dengan berbagai kelas pengembangan diri eksklusif sehingga para penerima beasiswa dapat menambah pengetahuan dan kemampuan baru yang bermanfaat untuk menunjang karir di masa depan.

Kuliah Gratis? Ini Beasiswa Kuliah 2022 (S1, S2, dan S3)

Baca Juga: Arti CSR pada Perusahaan

Daftar Beasiswa Kuliah 2022 Dalam Negeri untuk S1, S2, dan S3

Berikut daftar beasiswa kuliah 2022 dalam negeri yang dapat Anda coba:

  1. Beasiswa D3/D4/S1 Peningkatan Prestasi Akademik – Bantuan Biaya Pendidikan (PPA – BBP) 

Beasiswa PPA – BBP adalah bantuan biaya pendidikan yang disediakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tingkat diploma dan sarjana di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 400.000 per bulan selama 6 bulan.

  1. Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto Foundation merupakan program beasiswa yang disediakan oleh Tanoto Foundation. Beasiswa ini hanya ditujukan untuk mahasiswa semester 1 di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. 

Selain memberikan biaya pendidikan hingga sebesar Rp 5.000.000 per semester, beasiswa ini juga mewadahi para penerima beasiswa untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke luar negeri maupun program-program capacity building.

  1. Beasiswa S1 BCA Finance

Beasiswa BCA finance adalah program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa S1 di seluruh Indonesia. Namun, Anda harus telah melewati semester 2 perkuliahan untuk dapat mendaftar beasiswa ini. 

  1. Beasiswa S1/S2/S3 LPDP

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa penuh untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S1, S2, maupun S3. 

Beasiswa ini pun menawarkan beberapa jenis beasiswa dalam negeri maupun luar negeri, seperti BPI Program Magister dan Doktor, BPI Program Afirmasi, dan Beasiswa Santri. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya perkuliahan secara penuh, biaya hidup, dan biaya buku.

  1. Beasiswa S2/S3 Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)

Beasiswa PMDSU ditujukan untuk lulusan S1 yang telah menyelesaikan pendidikannya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. 

Beasiswa ini dimaksudkan bagi para bibit unggul bangsa yang ingin menjadi dosen dengan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) selama empat tahun. Setelah menyelesaikan program beasiswa ini, Anda akan langsung diangkat menjadi calon dosen oleh Kemristek Dikti.

Beasiswa Kuliah 2022 Luar Negeri untuk S1, S2, dan S3

Berikut daftar beasiswa kuliah 2022 ke luar negeri yang dapat Anda ikuti:

  1. Beasiswa S1 Monkubagusho

Beasiswa Monkubagusho adalah program beasiswa kuliah S1 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jepang. 

Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi tingkat D2, D3, atau S1 di Jepang. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang menanggung seluruh biaya perkuliahan hingga lulus.

  1. Beasiswa S1 Orange Tulip Scholarship (OTS)

Beasiswa OTS adalah salah satu program beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Belanda. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan bagi para lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan di berbagai universitas Belanda.

  1. Beasiswa S1 Jardine

Beasiswa Jardine diselenggarakan oleh Pemerintah Inggris bagi siswa SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana di University of Oxford dan University of Cambridge di Inggris. 

Program ini menargetkan penerima beasiswa dari berbagai negara di Asia termasuk Indonesia. Selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan penuh, beasiswa ini juga menutupi biaya makan, penginapan, serta semua biaya insidentil lainnya.

  1. Beasiswa S2/S3 Fulbright

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan Magister atau Doktor di Amerika Serikat, Anda dapat mencoba beasiswa Fulbright. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang menawarkan  beberapa jenis beasiswa dengan target penerima beasiswa yang berbeda. 

  1. Beasiswa S2 Chevening

Beasiswa Chevening merupakan beasiswa pendidikan yang juga diselenggarakan oleh Pemerintah Inggris. 

Bedanya, beasiswa ini mewajibkan para pelamar untuk memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun sebelum mendaftar beasiswa. Beasiswa ini menanggung biaya pendidikan, tunjangan hidup, biaya penyusunan tesis, dan uang saku bulanan.

Tips Mendapatkan Beasiswa

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri ke salah satu maupun beberapa program beasiswa di atas, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Rajin mencari informasi terbaru tentang beasiswa yang dituju
  2. Pertahankan nilai akademik yang baik selama menempuh pendidikan di jenjang sebelumnya
  3. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan dari beberapa bulan sebelumnya
  4. Kuasai Bahasa Asing, khususnya bahasa ibu negara tujuan beasiswa

Demikian ulasan singkat mengenai daftar beasiswa kuliah 2022 yang dapat dijadikan referensi. Jangan lupa untuk memperkuat usaha dan doa agar dapat meraih beasiswa impian Anda. Selamat berjuang!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download