Arti CSR pada Perusahaan

21 May 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Mungkin banyak dari masyarakat yang sering mendengar arti CSR. Istilah ini erat hubungannya dengan sebuah perusahaan. Dalam bahasa Indonesia, CSR disebut dengan tanggung jawab sosial perusahaan. Adapun singkatan dari CSR adalah Corporate Social Responsibility.

Lalu, apa arti CSR itu sendiri? Apa arti CSR pada perusahaan dan apa tujuan diterapkannya CSR pada perusahaan serta ada apa saja jenis-jenis CSR? Jika Anda mencari tahu itu semua maka Anda membaca artikel yang tepat. Simak penjelasan detail mengenai CSR dalam artikel ini.

Baca juga: CSR Kredit Pintar ajak penerima bantuannya untuk meraih impian

Arti CSR

Corporate Social Responsibility adalah bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh manajemen suatu perusahaan terhadap stakeholder serta pihak-pihak lainnya yang memiliki kepentingan.

Pihak-pihak yang dimaksud antara lain adalah pegawai di dalam perusahaan tersebut, konsumen, masyarakat serta pemerintah yang berkaitan dengan perusahaan. CSR hadir karena perusahaan sadar bahwa bisnis mereka berdampak pada berbagai aspek seperti ekonomi, sosial dan lingkungan.

Adapun arti CSR pada perusahaan secara sederhana adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab pada masyarakat atau lingkungan di mana perusahaan tersebut beroperasi.

CSR sendiri tertulis dalam dua Peraturan Pemerintah yakni No.47 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Sosial No. 9 tahun 2020.

Untuk Apa Ada CSR?

Setiap kegiatan pasti memiliki maksud dan tujuannya sendiri, begitu pula dengan diadakannya CSR pada suatu perusahaan. Beberapa tujuan dari terselenggaranya CSR antara lain adalah :

1. Mematuhi Peraturan Pemerintah

Meskipun berbasis sosial, CSR pada dasarnya dilakukan perusahaan untuk mematuhi dua peraturan pemerintah yakni PP No. 47 yang dikeluarkan tahun 2012 mengenai tanggung jawab sosial lingkungan PT.

Satu lagi adalah PP No. 9 tahun 2020 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mengadakan CSR mengingat semua perusahaan yang merupakan subjek hukum punya tanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

2. Menjaga Citra Perusahaan

Tujuan berikutnya perusahaan menyelenggarakan CSR adalah untuk menjaga citra positif dan nama baik perusahaan baik di mata masyarakat maupun stakeholder-nya.

Dengan diadakannya kegiatan berbasis CSR oleh perusahaan, harapannya nama perusahaan makin dikenal sebagai pihak yang bertanggung jawab. Sehingga di kemudian hari, perusahaan akan mendapat kemudahan ketika ingin berkembang lebih jauh lagi.

3. Menyelesaikan Masalah di Lingkungan Sekitar

Selanjutnya adalah membantu mencari solusi dan menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar perusahaan tersebut berdiri. Adapun masalah yang biasanya muncul bisa terjadi dari berbagai segi baik dari sosial, lingkungan dan ekonomi.

Dengan kehadiran program-program CSR, harapannya adalah masyarakat di lingkungan sekitar akan terbantu dalam mencari solusi dari permasalahan yang terjadi di lingkungan yang tidak dapat tertangani oleh mereka sendiri.

4. Arti CSR pada Perusahaan

Bagi perusahaan, CSR memiliki arti yang besar karena menyangkut citra diri perusahaan dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar serta stakeholder. Dengan hadirnya CSR diharapkan adanya keselarasan tujuan.

Dalam arti terjadinya hubungan yang harmonis antara peran serta perusahaan dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Di samping itu juga adanya CSR akan memberi keselarasan antara perusahaan, masyarakat, serta nilai budaya yang ada dalam lingkungan.

Jenis-jenis CSR

Setelah mengetahui arti CSR, tujuan diselenggarakannya CSR dan makna CSR bagi perusahaan, sekarang Anda akan mengetahui lebih dalam jenis-jenis CSR berdasarkan proses pelaksanaannya. Setidaknya ada 5 jenis CSR yaitu :

1. Cause Promotion

Pada dasarnya tujuan utama dari Cause Promotion adalah sebagai media promosi bagi perusahaan. Dalam kegiatan ini, perusahaan berusaha untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah yang ada di sekitarnya.

Biasanya bentuk kegiatan dari program Cause Promotion adalah donasi atau bantuan dana untuk mendukung suatu kegiatan sosial atau community service.

2. Cause Related Marketing

Tujuan dari program ini adalah memberikan bantuan dana pada pihak-pihak yang membutuhkan guna membantu program terkait kemasyarakatan yang didapat dari keuntungan penjualan suatu produk perusahaan.

3. Corporate Societal Marketing

Bentuk dari CSR jenis Corporate Societal Marketing ini adalah kampanye yang dilakukan oleh perusahaan. Kampanye yang umum dilakukan adalah kampanye yang berkaitan dengan isu-isu kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan.

Tujuan utama dari CSR jenis ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan kualitas hidup yang lebih baik lagi dan mengedukasi masyarakat mengenai isu-isu yang berkaitan dengan tema kampanye yang diangkat.

4. Corporate Philanthropy

Charity dan pemberian sumbangan baik dalam bentuk uang maupun barang secara langsung adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh CSR jenis Corporate Philanthropy. Tujuan utamanya adalah memang memberikan bantuan langsung pada masyarakat atau lembaga yang membutuhkan.

5. Community Volunteer

Kegiatan Community Volunteer ini adalah mengajak serta karyawan yang bekerja pada perusahaan untuk terjun langsung ke lapangan dan membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial yang dilakukan.

Biasanya kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan adalah pelayanan gratis untuk masyarakat seperti pemeriksaan kesehatan dan event-event yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Manfaat CSR

Meskipun terdengar kalau CSR adalah sebuah bentuk pencitraan perusahaan terhadap masyarakat, namun arti CSR sendiri memiliki makna dan dampak yang cukup luas bagi kebaikan seluruh komponen yang terlibat.

Manfaat CSR dapat dirasakan oleh perusahaan, masyarakat maupun pihak-pihak lain seperti pemegang saham, pemerintah hingga konsumen.

Baca juga: 5 Platform Donasi Online Terpercaya

Bagi perusahaan, manfaat yang terasa adalah perusahaan dapat melakukan inovasi kegiatan untuk membantu masyarakat dan lingkungan sekitar, memperoleh media promosi serta membuka kesempatan bekerja bagi masyarakat sekitar.

Untuk masyarakat sendiri, adanya CSR artinya kesejahteraan bagi mereka meningkat dari berbagai aspek. Masyarakat akan mendapat banyak bantuan soal lingkungan dan program-program pemberdayaan yang membuat skill mereka terasah.

Bagi pemerintah, dengan hadirnya program-program CSR ini akan sangat membantu pembangunan negara dari berbagai sektor terutama ekonomi, sosial dan lingkungan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, CSR artinya pertanggungjawaban sosial yang dilakukan sebuah perusahaan pada masyarakat serta stakeholder dan lingkungan tempat di mana suatu perusahaan tersebut berdiri dengan maksud dan tujuan tertentu.

Contoh-contoh dari program CSR yang dapat diaplikasikan pada masyarakat dan lingkungan antara lain mengadakan program untuk pengembangan UMKM atau memberikan dana bantuan sebagai modal usaha.

program-program CSR sendiri tidak terbatas hanya soal bantuan ekonomi, bisa juga menyelenggarakan program-program yang berkaitan dengan bidang kesehatan seperti donor darah, pengobatan maupun vaksinasi gratis.

Contoh lain program CSR yang bertujuan untuk membantu berbagai sektor adalah pembangunan rumah ibadah, mengadakan program pelatihan atau seminar untuk meningkatkan skill masyarakat dan menggelar festival kesenian daerah.

Wujud dari pertanggungjawaban perusahaan terhadap terselenggaranya program CSR ini adalah dengan menunjukkan secara transparan tentang penggunaan dana yang dikeluarkan untuk kegiatan-kegiatan CSR pada para pemegang saham.

Dengan adanya pelaporan dan transparansi dana ini, harapannya adalah perusahaan akan terus meningkatkan kredibilitasnya dan memegang kepercayaan yang telah diberikan baik oleh masyarakat maupun para pemegang saham.

Baca juga: 4 Jurus Jitu Penangkal Kejahatan Pinjol Ilegal

CSR telah diatur dalam peraturan pemerintah sehingga setiap perusahaan harus mengatur kegiatan serta dana untuk menjalankan program-program CSR-nya dengan baik. Sekarang Anda sudah paham bukan tentang arti CSR dan serba-serbi mengenai CSR ini?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download