Cara Verifikasi Akun Dapodik Operator Dan PTK

10 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 02 Mar 2022

Cara verifikasi akun dapodik – Sejak rilis aplikasi dapodik 2021 versi terbaru, banyak perubahan yang signifikan mulai dari perbaikan dan pembaruan pada aplikasi dapodik 2021. Saat pekerja sekolah mendownload dan menginstal aplikasi dapodik versi 2021, kemudian harus mendownload prefill dapodik dan harus registrasi secara offline dan online dengan prefill yang telah didownload tadi.

Banyak yang kaget karena status akun operator sekolah tidak terverifikasi. Padahal emailnya aktif, tapi kok akun sekolahnya tidak terverifikasi? Di aplikasi Dapodik terbaru kita perlu memverifikasi akun sekolah melalui Manajemen Dapodik di laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.

Verifikasi akun operator sekolah atau operator dapodik sangat penting dan harus dilakukan, karena jika akun pada sistem dapodik tidak diverifikasi sebelum jangka waktu yang ditentukan, maka data sekolah yang sudah diisi di dapodik akan dihapus.

Jika hal ini terjadi tentunya akan banyak kerugian bagi pihak sekolah.Untuk proses verifikasi akun operator dapodik supaya berjalan lancar, pastikan akun operator menggunakan alamat email yang aktif atau valid.

Cara Verifikasi Akun Dapodik Operator Sekolah (Tahap Persiapan)

  1. Email yang akan digunakan verifikasi akun harus email aktif dan bisa dibuka.
  2. Jika email akun dapodik tidak bisa dibuka/lupa password, silahkan buat email baru kemudian laporkan ke admin layanan untuk membuat akun baru menggunakan email aktif atau valid.
  3. Temukan waktu yang tepat untuk mengakses pengelolaan dapodik. Biasanya sangat mudah dan cepat untuk terkoneksi dari jam 01.00 hingga dini hari, karena jika lalu lintas penuh maka kita akan kesulitan mengakses halaman pengelolaan dapodik menggunakan sso dapodik.

Cara Verifikasi Akun Dapodik Operator Sekolah

Jika persiapan sudah matang makan silakan lakukan verifikasi. Berikut ini cara verifikasi akun dapodik operator sekolah tahun 2021.

  1. Bukan laman manajemen dapodik: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  2. Silakan login menggunakan SSO.
  3. Masukkan username berupa email dan password operator dapodik yang aktif, lalu klik Enter.
  4. Pilih Menu Akun, pilih Jenis akun administrator, dan klik tampilkan.
  5. Klik tombol pensil biru, masukkan email baru jika ingin mengganti email dan password (usahakan mengandung huruf besar dan kecil serta angka).
  6. Klik Update, logout, dan tunggu minimal 1×24 jam.
  7. Masuk kembali ke situs verifikasi akun dapodik https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.
  8. Setelah masuk, jendela pop-up akan muncul.
  9. Kemudian akan muncul jendela pop-up untuk memasukkan kode verifikasi, buka email operator yang masuk, masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui email dan klik lanjutkan.
  10. Akun operator dapodik sudah terverifikasi.
  11. Silahkan sinkronkan di aplikasi dapodik, status akun dapodik anda berubah menjadi terverifikasi

Cara Verifikasi Akun Dapodik Operator PTK

Setelah verifikasi akun operator sekolah sekarang kita lanjut cara verifikasi akun dapodik untuk PTK. Karena dalam lembaga pendidikan tidak hanya satu akun saja yang harus diaktifkan dan terverifikasi. Melainkan ada banyak mulai dari kepala sekolah hingga para siswa.

Jika akun PTK kamu terkena imbas dari update dapodik tahun 2020 sehingga menjadi belum terverifikasi tak perlu panik. Tenang kami share cara verifikasi akun dapodik mudah dan cepat. Jangan skip dan baca sampai tuntas ya!

Kini solusi mengelola akun yang belum terverifikasi menjadi akun terverifikasi di dapodik tidak bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Dapodik. Melainkan harus melalui proses verifikasi di situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id (bagi PTK yang sudah mendaftar akunnya). Sedangkan bagi PTK yang belum memiliki akun dapodik harus terlebih dahulu menambah/membuat akun PTK di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.

  1. Kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian login menggunakan SSO.
  3. Pada halaman utentikasi pengguna Dapodik PTK, masukkan akun dan password Dapodik PTK, lalu klik Login!

Email yang digunakan untuk login adalah email akun PTK dapodik versi sebelumnya atau email PTK yang beru dibuat di web https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.

  1. Jika autentikasi akun berhasil, kamu akan diarahkan ke dashboard utama.
  2. Pilih menu biodata di bagian atas.
  3. Klik menu akun!
  4. Klik Verifikasi sekarang!

Setelah kamu klik menu Akun, maka kamu akan lihat tampilan nama akun, username, status belum terverifikasi, dan waktu pembaruan akun. Langsung klik tombol “VERIFIKASI SEKARANG”

  1. Klik lanjutkan!

Sebelum lanjut ke proses verifikasi akun, pastikan email yang tertera sebagai username/akun PTK adalah email aktif dan dapat menerima kiriman email kode verifikasi.

  1. Buka email kode verifikasi akun dapodik!

Setelah Anda mengeklik tombol “Lanjutkan” seperti pada penjelasan poin ke-8 di atas, maka secara otomatis website dapodikdasmen telah mengirimkan kode 4 digit/angka ke mail dapodikmu. Untuk itu, silakan login email yang terdaftar di akun dapodik gunakan misalnya login di gmail.com, lihat kotak masuk. Jika tidak ada emai verifikasi di kotat email utama, coba buka di kotak spam.

  1. Nah, jika sudah ada kiriman kode verifikasi dari email resmi Dapodik Kemdikbud, silakan copy kodenya. Setelah itu, silakan kembali ke halaman verifikasi akun PTK.
  2. Paste kode verifikasi yang kamu copy dari email resmi dapodik dan klik simpan!
  3. Setelah berhasil menyimpan proses verifikasi dengan kode, maka tampilan akun PTK kamu akan seperti di bawah ini.
  4. Status Terverifikasi

Silakan klik menu akun kamu jika sudah terverifikasi maka akan muncul tulisan di Status Verifikasi : Sudah.

Sampai langkah ini, akun PTK KAMU sudah berhasil terverifikasi terbukti pada hasil pengecekan seperti di atas, selain itu KAMU juga dapat mengecek verifikasi di halaman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id menggunakan login akun admin dapodik operator sekolah.

Taman-teman jika proses verifikasi telah berhasil bukan berarti Akun PTK kalian di halaman Aplikasi Dapodik telah berubah menjadi Akun Terverifikasi secara otomatis. Melainkan masih tetap “Akun belum terverifikasi” sebelum lakukan sinkronisasi dapodik versi 2021.

Nah, langsung saja lakukan pengisian data dapodik dan segera lsinkronisasi. Supaya akun PTK segera menjadi “Akun telah terverifikasi”.

Okay kawan pejuang dapodik semua cara verifikasi akun dapodik operator sekolah dan PTK. Semoga dapat membantu mengatasi permasalahan verifikasi akun dapodik yang belum terselesaikan.

Bila teman-teman punya cara verifikasi akun dapodik yang paling terbaru dan lebih mudah. Kalian boleh kok sharing sama-sama di kolom komentar. Jangan sungkan untuk berbagi, karena berbagi itu indah dan memperbanyak teman.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download