5 Bank Digital Terbaik di Indonesia

27 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 31 Oct 2022

Penyimpanan uang melalui Bank biasanya dilakukan secara langsung melalui kantor bank ataupun melalui setor tunai di ATM. Namun, seiring berkembangnya teknologi membuat perkembangan tempat penyimpanan uang kian berkembang pula. Anda tidak hanya bisa menabung uang di Bank seperti Mandiri, BRI, BCA, dan bank lainnya. Kini Anda bisa menggunakan bank digital untuk menabung maupun melakukan transaksi. Ini dia bank digital terbaik pilihan.

5 Bank Digital Terbaik di Indonesia

Bank digital yang ada di Indonesia saat ini sudah semakin beragam, mengingat banyak masyarakat yang juga mulai tertarik untuk menggunakan bank digital tersebut. Semakin banyak jenis bank digital, semakin banyak pula pilihan bank yang dapat digunakan. Jika Anda masih awam dengan bank digital maka perlu Anda cari tahu terlebih dahulu mengenai pengertiannya serta apa manfaatnya untuk Anda. Kemudian, Anda juga perlu mencari tahu mana saja bank digital terbaik di Indonesia sebelum menggunakannya. 

Apa Itu Bank Digital? 

5 Bank Digital Terbaik di Indonesia

Bank digital merupakan bank yang dijalankan secara online dimana semua fasilitas dan layanan bank tersebut menggunakan layanan platform digital. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bank digital didefinisikan sebagai bank yang berbadan hukum indonesia, yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usahanya melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat (KP), atau dapat menggunakan kantor fisik yang terbatas.

Baca juga: 10+ Tabungan Tanpa Biaya Admin Bulanan, Pilih Yang Mana?

Menurut Ekonom CORE Indonesia, yaitu Piter Abdullah, sebuah bank digital harus memenuhi enam syarat berikut:

  1. Harus memiliki model bisnis yang menggunakan teknologi inovatif dan aman agar dapat melayani serta memenuhi kebutuhan nasabah 
  2. Harus memiliki kemampuan dalam mengelola model bisnis bank digital yang prudent dan berkesinambungan
  3. Mempunyai manajemen risiko yang memadai
  4. Memenuhi aspek tata kelola sesuai dengan ketentuan OJK 
  5. Melindungi dan menyimpan secara aman data-data nasabah 
  6. Mampu mengupayakan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekosistem keuangan digital dan/atau inklusi keuangan. 

Adanya bank digital tentu diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Sehingga, segala hal yang berkaitan dengan kebijakan serta peraturan mengenai perbankan digital harus dipatuhi agar bukan hanya memberikan kemudahan saja tetapi menjamin keamanan pihak nasabah.  

5 Bank Digital Terbaik di Indonesia

5 Bank Digital Terbaik di Indonesia

Saat ini sudah terdapat banyak bank digital yang menawarkan berbagai fasilitas serta keuntungan untuk menarik hati nasabah. Mulai dari fasilitas untuk menabung, investasi dan melakukan transaksi lainnya. Hal ini tentu membuat masyarakat awam menjadi kebingungan untuk memilih bank digital mana yang tepat. Nah, untuk mengurangi kebimbangan Anda berikut 5 rekomendasi bank digital terbaik di Indonesia yang bisa dicoba. 

  1. Blu dari Bank BCA 

PT Bank Centra Asia Tbk (BCA) merupakan perbankan yang sudah sejak lama berdiri di Indonesia. Perbankan yang satu ini terus berinovasi mengembangkan bisnisnya agar dapat memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik bagi nasabahnya. Bank BCA baru membangun bank digital BCA lewat platform Blue pada tahun 2021. 

Meskipun tergolong muda, bank digital BCA mampu masuk dalam Top 100 Digital Bank Ranking 2022 dari The Asian Banker dengan peringkat ke 65. Kini Nasabah bank digital dari BCA ini sudah mencapai lebih dari 650.000 Nasabah.  Bank digital blue dari BCA ini sudah terdaftar di OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga lebih aman dan terpercaya. 

Baca juga: Tips Menabung Mudah Ala Kredit Pintar

  1. Jenius

Bank digital yang berdiri sejak tahun 2016 ini dirilis oleh bank BTPN. Jenius juga masuk ke dalam Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 oleh TAB Insights mendapatkan peringkat ke-75. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggan serta dukungan positif bagi bank BTPN untuk terus lebih berkembang.

Sejalan dengan hal tersebut, baru-baru ini bank digital Jenius merilis fitur baru pada platformnya yaitu Split Pay, Cicilan Jenius Pay, dan Moneytori. Pengguna Jenius saat ini sudah mencapai jutaan Nasabah. Tercatat per Maret 2022 pengguna bank digital Jenius sudah mencapai hingga 3,7 juta. 

  1. TMRW 

Bank digital terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam Global TOP 100 Digital Bank Ranking 2022 adalah TMRW. TMRW merupakan bank digital yang dirikan oleh Bank UOB Indonesia yang menawarkan berbagai fitur modern dan digital untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. 

Salah satu fitur layanan yang dibuat oleh TMRW adalah layanan tabungan untuk menabung. Layanan tabungan ini memiliki tiga jenis produk berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. Tiga jenis produk tabungan dari TMRW yaitu TMRW Everyday Account, TMRW Savings Account, dan TMRW City of Tomorrow. 

  1. Line Bank 

Line Bank merupakan salah satu bank digital di Indonesia dari bank KEB Hana. Berkat kerja keras dan layanan terbaik untuk nasabah, Line Bank berhasil masuk Global TOP 100 Digital Bank Ranking 2022 peringkat ke-86. Menuai banyak prestasi Line Bank terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaiknya. 

Pada tahun ini, Line Bank berhasil membidik pertumbuhan bisnisnya hingga 100%. Line Bank juga mulai menggarap kredit digital dengan merilis fitur Pinjaman Quick Credit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Banyak promosi menarik yang ditawarkan oleh bank digital ini, salah satunya adalah mendapatkan cashback hingga Rp 100.000. 

  1. Bank Jago

Bank Jago merupakan nama pengganti dari Bank Artos yang didirikan sejak tahun 2020. Memiliki banyak layanan fitur financial yang dapat memudahkan penggunanya untuk mengatur keuangan. Fitur utama pada bank digital ini adalah tiga kantong penyimpanan uang yang dapat mengatur keuangan penggunanya. 

Nah, ketiga fitur kantong tersebut adalah Kantong Utama (main pocket), Kantong Bayar (spending pocket), dan Kantong Nabung (saving pocket). Fitur-fitur ini dilengkapi dengan bunga yang bisa didapatkan oleh pengguna Bank Jago. Pada kantong nabung misalnya, Anda bisa mendapatkan bunga 3,5% p.a dan 0,5% p.a untuk kantong bayar. Bank digital seperti bank Jago ini tentu bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sering kali mengalami kesulitan untuk mengatur keuangan bulanan Anda. 

Baca juga: Nabung Saham, Begini Cara dan Tipsnya Supaya Cuan!

Lima bank digital terbaik di Indonesia yang sudah dipaparkan di atas, semoga dapat menjadi referensi Anda yang tertarik untuk menggunakan bank digital. Ada banyak fitur dari masing-masing bank digital yang bisa Anda dapatkan.

Tentunya Anda harus tepat dalam memilih bank digital, agar dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, termasuk dalam memilih bank digital terbaik. Jika prioritas keuangan Anda adalah untuk menabung, maka pilihlah bank digital yang menyediakan layanan fitur menabung aman dan terpercaya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download