8 Aplikasi Menggambar Gratis, Bisa Digunakan di PC

16 Nov 2021 by Laruan

Bagi seseorang yang memiliki hobi menggambar, bantuan dari berbagai aplikasi menggambar akan sangat bermanfaat. Gambar yang dibuat akan lebih bagus tampilannya jika menggunakan bantuan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi menggambar, keterbatasan-keterbatasan yang biasa dijumpai, tidak akan lagi dijumpai jika menggunakan aplikasi menggambar.

8 Aplikasi Menggambar Gratis, Bisa Digunakan di PC

Ada banyak perangkat yang bisa Anda gunakan untuk menggambar, salah satunya adalah menggunakan PC atau personal computer. Menggambar menggunakan PC akan lebih nyaman, karena layar yang lebar dan grafis yang lebih bagus. Anda bisa memilih aplikasi menggambar sesuai yang Anda inginkan.  Tersedianya banyak aplikasi, memberikan Anda pilihan mana aplikasi yang akan menunjang aktivitas menggambar Anda.

Beberapa aplikasi di bawah ini bisa Anda gunakan di PC tanpa biaya sama sekali atau gratis. Anda tidak perlu membeli aplikasi atau software yang canggih untuk mulai menggambar di PC. Beberapa aplikasi di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mulai menggambar. Anda juga perlu mengetahui bahwa aplikasi yang baik adalah aplikasi yang nyaman digunakan, terutama disesuaikan dengan PC yang dimiliki. Berikut adalah 10 aplikasi menggambar yang bisa digunakan di PC.

  1. Sketchbook

Aplikasi menggambar yang bisa didapatkan secara gratis yang bisa digunakan dibanyak platform atau biasa disebut multiplatform. Anda dapat menggunakan software ini di Windows, Android, dan iOS. Software pada Sketchbook akan memberikan Anda alat atau tool lengkap. Sketch dan ilustrasi bisa dilakukan dengan mudah dengan aplikasi Sketchbook. 

Dikarenakan aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis, maka siapapun bisa menggunakannya. Jika Anda masih pemula dalam bidang menggambar, Sketchbook bisa jadi pilihan untuk memulai. Aplikasi ini dinilai bagus karena tampilannya mudah digunakan. Hasil akhir pun terlihat bagus, gambar dengan pixel dan warna yang jelas.

  1. Krita

Aplikasi yang direkomendasikan bagi para pelukis profesional. Aplikasi ini populer karena dilengkapi dengan fitur HDR painting, grid perspektif, painting asisten, dan fitur canggih lainnya. Tentunya fitur ini akan mendukung Anda untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

Krita tersedia secara gratis. Keunggulan lain adalah Krita merupakan aplikasi yang mudah digunakan siapapun, fitur-fitur yang ada memudahkan para pengguna dalam menggambar. Aplikasi ini ditujukkan bagi para ilustrator atau pembuat komik khususnya komik manga. Anda bisa membuat gambar sendiri ataupun mengembangkan dari gambar yang sudah ada.

  1. Sketch.io

Aplikasi ini berbeda dari aplikasi lain karena file berbentuk Pdf dapat dimasukan ke dalam aplikasi. Anda bisa mendapatkan pengalaman menggambar yang menyenangkan dengan menggunakan Sketch.io. Selain itu, kelebihan lain yakni Anda bisa juga mengekspor karya berbentuk gambar yang sudah Anda buat. Kelebihan tersebut menjadi nilai plus pada aplikasi ini, karena tidak semua aplikasi bisa melakukan hal tersebut.

Adanya fitur undo dan fitur redo untuk melihat rentetan gambar sampai ke desain akhir, ada di aplikasi Sketch.io. Fitur lainnya yakni adanya fitur drag dan drop, krayon, kuas, pensil, dan sebagainya untuk mendukung kelancaran Anda menggambar.

  1. DrawPlus Starter Edition

Drawplus merupakan aplikasi editor grafis vektor dengan 2 dimensi. Aplikasi ini dianggap sebagai yang terbaik dalam hal ilustrasi vektor. Dikembangkan oleh Serif, yakni perusahaan software dari negara Inggris. Tool yang ada lengkap, mulai dari pensil hingga kuas. Lengkapnya tool untuk menggambar bisa Anda dapatkan dengan gratis dengan mengunduh aplikasi DrawPlus Starter Edition di PC milik Anda masing-masing.

Selain itu tool lain yang disediakan untuk menggambar vector, aplikasi ini juga menyediakan sikat Alam-Muncul yang realistis. Sehingga para pengguna dapat melukis dengan menggunakan cat air, minyak, air brush dan juga media tambahan. Beragam tool yang digunakan akan menampilkan hasil berbeda bagi setiap gambar.

  1. Artrage

Tidak kalah dengan aplikasi lain, Artrage menjadi aplikasi menggambar di PC yang banyak digemari. Tak hanya pada PC, aplikasi ini bisa juga digunakan pada perangkat lain, seperti iPad, Android, dan lainnya. Aplikasi Artrage memberikan gambar yang natural, sehingga bisa menampilkan gambar dengan apa adanya.

Artrage memiliki fungsi untuk dapat melukis secara digital dan sudah dilengkapi dengan tools lukis yang sangat lengkap. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernaung pada perusahaan Ambient Design Ltd. ini memiliki banyak pilihan alat gambar seperti acrylic, kapur, cat minyak, cat air, pena tinta, dan alat-alat lainnya. Cat air, air brush, dan cat minyak. Aplikasi ini dapat diunduh gratis bagi Anda yang tertarik. 

  1. InkScape

Aplikasi yang satu ini khusus dirancang untuk Anda yang suka menggambar dengan tools sederhana, agar bisa digunakan siapapun. InkScape tersedia bagi Anda untuk mendesain atau menggambar secara digital. Walaupun Anda masih awam dengan cara-cara menggambar, aplikasi ini akan membantu Anda karena kemudahannya. Anda tidak perlu khawatir jika masih bingung untuk menggambar, InkScape bisa menjadi aplikasi yang menuntun Anda perlahan jadi mahir menggambar.

Kelebihan InkScape adalah aplikasi ini stabil dan fleksibel digunakan. Anda bisa menggambar sesuatu yang simple hingga gambar kompleks. Bagi Anda yang sering membuat gambar-gambar vektor, aplikasi ini bisa dijadikan pilihan.

  1. Sumopaint

Anda bisa menggunakan Sumopaint dengan tujuan mengedit lukisan maupun gambar. Tools lengkap untuk mengedit gambar ada di aplikasi yang satu ini. Fitur-fitur yang ada seperti blur, blending mode, dan layering, menjaga kontras gambar, kecerahan gambar. Anda bisa juga menyimpan gambar tersebut dalam format JPG atau PNG. Tentu penyimpanan file tersebut akan bermanfaat untuk Anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi secara gratis. Aplikasi Sumopaint memang terlihat sederhana dengan fitur-fiturnya, namun tetap memberikan pengalaman terbaik untuk menggambar. Bagi Anda yang baru memulai menggambar, bisa mencoba aplikasi ini sebagai aplikasi untuk melatih Anda untuk menjadi profesional dalam bidang menggambar.

  1. Microsoft Paint 3D

Aplikasi ini khusus bisa digunakan bagi para pengguna Microsoft. Menawarkan fitur 3D pada gambarnya membuat pengguna bisa membuat gambar apapun dengan hasil akhir dalam bentuk 3D. Gambar yang dibuat akan terasa nyata dan berbeda, dengan perspektif sudut-sudut yang baru. Anda bebas mengatur kedalaman posisi gambar yang dibuat.

Keberadaan printer 3D juga bisa memberikan Anda gambaran sebenarnya akan gambar yang dibuat. Jika Anda sudah menggambar menggunakan Microsoft Paint 3D dan diprint, maka benda tersebut bisa benar-benar digunakan. Bagi Anda yang tertarik mencoba, aplikasi ini gratis namun hanya bisa digunakan pengguna Microsoft.

Beberapa aplikasi gambar di atas bisa menjadi referensi Anda dalam menggambar di PC. Manfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggambar. Aplikasi gratis dan mudah diunduh di internet, tentu akan semakin mempermudah Anda. Siapa tahu dengan aplikasi-aplikasi di atas, Anda bisa mendapat peluang untuk bisa menghasilkan pendapatan dari menggambar digital.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

16 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload