Jenis Aplikasi Kredit Online Untuk Segala Kebutuhan

16 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 01 Apr 2022

Dengan segala kemajuan dalam dunia teknologi finansial, ada banyak pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit yang bisa diajukan melalui aplikasi. Hadirnya aplikasi kredit online membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana namun terkendala dengan akses perbankan.

aplikasi kredit online

Namun terkadang masyarakat merasa kebingungan dengan pilihan aplikasi pinjaman online langsung cair yang harus digunakan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dalam artikel ini, Kredit Pintar akan membahas segala jenis aplikasi kredit online untuk segala kebutuhan.

Apa Itu Aplikasi Kredit Online

Kredit online, seringkali dikenal dengan istilah pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit. Hal tersebut bukanlah istilah yang dilebih-lebihkan karena jika dibandingkan dengan pinjaman dana dari bank, pengguna aplikasi kredit online bisa mengajukan pinjaman dengan proses yang lebih cepat hanya dengan menggunakan aplikasi yang diinstal di smartphone.

Baca juga: 4 Syarat Pinjaman Online Mudah dari Kredit Pintar

Selain itu, aplikasi pinjaman online langsung cair juga tidak memberi syarat bagi calon peminjam untuk mengajukan pinjaman di kantor dan secara tatap muka. Bahkan, proses persetujuan pinjaman juga bisa dilakukan melalui sistem yang terintegrasi, sehingga calon peminjam tidak perlu menerima petugas survey pengajuan pinjaman.

Aplikasi pinjaman online langsung cair bisa didapatkan di Google Play Store atau App Store secara gratis. Ikuti panduan dalam aplikasinya untuk mengajukan pinjaman.

Kelebihan Kredit Online

Kredit online dinilai memiliki berbagai kelebihan yang lebih disukai masyarakat dibandingkan dengan pinjaman dari perbankan. Inilah berbagai kelebihan kredit online.

1. Persyaratan mudah

Untuk mengajukan pinjaman melalui aplikasi kredit online, umumnya Sobat Pintar hanya akan diminta untuk mengumpulkan data diri dan selfie KTP. Mungkin ada juga aplikasi sejenis yang meminta dokumen tambahan, namun umumnya hanya 2 data tersebut yang menjadi keharusan dalam pengajuan pinjaman.

pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit

2. Proses pengajuan singkat

Kecepatan proses pengajuan pinjaman online dibuktikan dengan adanya testimoni dari pengguna pinjaman online langsung cair yang menyatakan bahwa pada umumnya hanya butuh waktu 5 hingga 10 menit untuk melakukan pengajuan pinjaman. Tentu saja, proses pengajuan tersebut berlangsung tanpa harus pergi keluar rumah dan antre dengan nasabah lainnya.

Kelebihan ini merupakan salah satu keunggulan yang disukai oleh masyarakat daripada mengajukan pinjaman di bank yang harus mengantri lama.

3. Plafon pinjaman tidak sebesar pinjaman bank

Bagi masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan yang tidak direncanakan, kredit online bisa menjadi sebuah jawaban. Tidak seperti bank yang hanya melayani pinjaman dalam nominal mulai dari jutaan rupiah, dengan pinjaman online langsung cair, Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman mulai dari ratusan ribu rupiah.

Dengan begitu, pada saat tanggal jatuh tempo, pembayaran pinjaman bisa terasa ringan karena plafonnya yang tidak sebesar pinjaman bank.

Jenis Aplikasi Kredit Online

Bingung memilih pinjaman online tercepat untuk kebutuhanmu? Biar nggak bingung, yuk kenali berbagai jenis aplikasi pinjaman online berikut ini.

1. Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman online tanpa agunan adalah jenis pinjaman yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Dengan mengajukan kredit tanpa agunan, peminjamnya tidak perlu menyertakan agunan.

Namun, biasanya pinjaman jenis ini memiliki plafon yang kecil sehingga cocok untuk dipilih sebagai pinjaman untuk kebutuhan yang tidak direncanakan.

2. Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah pinjaman yang digunakan untuk pembayaran barang, seperti pembelian kendaraan, rumah, dan barang elektronik. Fungsinya, mirip seperti penggunaan kartu kredit untuk pinjaman namun nasabah bisa melakukan pembayaran pembelian tanpa menggunakan kartu kredit jika memilih pinjaman  ini.

3. Kredit Syariah

Kredit syariah juga tersedia sebagai aplikasi kredit online bagi calon peminjam yang mengutamakan prinsip syariah tanpa riba.

Cara Pembayaran Kredit Online

Setelah mengajukan pinjaman bulanan online langsung cair, bagaimana peminjam bisa melakukan pembayaran pinjaman? Tenang, pembayaran kredit online bisa dilakukan dengan banyak cara tanpa harus mendatangi kantor pemberi pinjaman.

Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman Online di Kredit Pintar

Meskipun setiap aplikasi pinjaman online menyediakan cara pembayaran yang berbeda, berikut ini adalah metode pembayaran yang umumnya ditawarkan.

1. Pembayaran melalui virtual account

Dengan memilih pembayaran melalui virtual account, peminjam bisa melakukan transaksi pembayaran dengan aman. Pasalnya nomor virtual account bisa mendeteksi jumlah pembayaran, pengirim, dan penerima dana secara otomatis.

Misal peminjam salah menuliskan nomor virtual account saat hendak melakukan pembayaran, sistem dapat langsung mendeteksi kesalahan sehingga peminjam tidak salah transfer.

2. Pembayaran di minimarket

Ada juga pinjaman online yang menyediakan pembayaran di jaringan minimarket tertentu. Opsi pembayaran ini cocok digunakan jika peminjam kesulitan mencari ATM yang sesuai dengan rekening yang dimilikinya.

Untuk menggunakan pembayaran ini, peminjam bisa menunjukkan instruksi pembayaran ke kasir atau melakukannya secara mandiri melalui mesin pembayaran yang ada di minimarket.

Sebelum Mengajukan Kredit Online, Lakukan Hal Ini

Tertarik mengajukan kredit online? Lakukan hal ini agar bisa mengajukan dengan aman.

1.       Mengecek apakah layanan pinjaman online telah terdaftar di OJK

2.       Membandingkan tiap perusahaan fintech

3.       Menghitung bunga secara akurat

4.       Mengambil tenor pendek

5.       Tidak menyembunyikan biaya dan besar pinjaman

Demikian penjelasan tentang jenis aplikasi pinjaman online. Hadirnya aplikasi ini bisa jadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan pinjaman uang cepat cair. 

Baca juga: Mengenal 4 Ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Sebelum mengajukan aplikasi kredit online, pastikan untuk mengetahui syarat, kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

01 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download