Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas di Smartphone

17 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 19 Aug 2022

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling menggiurkan berkat jaminan nilai dan harga yang stabil. Logam mulia tersebut memiliki harga yang kian meningkat dari tahun ke tahun, serta modal untuk investasinya yang masih terjangkau. Tak heran kini banyak aplikasi investasi emas yang menyediakan layanan berinvestasi secara mudah dan praktis.

Aplikasi investasi emas

Bila berminat untuk mulai berinvestasi emas, Anda tak perlu khawatir harus menyiapkan brankas penyimpanan atau membayar sewa untuk tempat penyimpanan emas di bank. Aplikasi investasi emas berikut ini bisa membantu Anda berinvestasi tanpa harus memusingkan penyimpanan hingga perawatannya. 

Baca Juga : Investasi Emas di Pegadaian dan Cara Tabung Emas

Aplikasi investasi emas

1. Pluang

Pluang merupakan aplikasi kanal penjualan aset investasi dari PT PG Berjangka. Aplikasi investasi ini menyediakan berbagai layanan instrumen investasi, salah satunya adalah emas. Produk investasi emas di aplikasi Pluang secara resmi telah berlisensi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). 

Investasi emas di aplikasi ini dimulai dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sebesar Rp10.000 dengan spread transaksi rendah sebesar 1,75% dan tidak lagi dikenakan biaya admin. Aplikasi ini juga menyediakan layanan pembelian emas Antam dengan transaksi terkecil, yakni 0,01 gram hingga 850 gram per hari. Selain itu, Pluang menyediakan layanan autoinvest, cetak emas fisik hingga cicilan emas 0%.

2. Pegadaian Digital

Aplikasi Pegadaian Digital merupakan salah satu aplikasi investasi terpopuler dengan jumlah unduhan menembus angka 1 juta di Google Play. Pegadaian Digital tidak hanya menyediakan layanan gadai, namun juga membuka layanan tabungan emas. Layanan cicilan emas berlaku mulai dari 0,5 hingga 25 gram dengan uang muka sebesar 15%.

Terdapat juga layanan gadai tabungan emas ketika pengguna membutuhkan dana cepat, dan bisa langsung dicairkan ke rekening. Selain itu, pengguna bisa mengecek daftar harga emas setiap hari, bahkan bisa melihat pergerakan fluktuatifnya selama satu tahun ke belakang. Aplikasi ini juga menyediakan layanan pembayaran melalui berbagai bank konvensional.

3. Indogold

Indogold merupakan aplikasi investasi emas yang sudah berdiri sejak tahun 1978 dan telah memiliki sertifikasi ISO sebagai standar internasional transaksi keuangan digital. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan di antaranya jual beli emas, tarik emas, kirim emas, tarik saldo dan auto debet. Investasi emas di aplikasi ini bisa dimulai dengan harga Rp10.000 saja, dengan jaminan emas Antam atau UBS.

Selain investasi emas, Indogold juga menyediakan layanan kirim emas yakni mengirim emas kepada orang yang dituju. Sedangkan layanan auto debet akan memungkinkan penggunanya untuk investasi emas secara otomatis dengan memotong saldo wallet Indogold sesuai jumlah dan jangka waktu yang diinginkan. Layanan pembayaran untuk aplikasi ini juga banyak pilihannya, mulai dari berbagai bank konvensional hingga e-wallet seperti OVO, Gopay, dll.

4. Lakuemas

Lakuemas merupakan salah satu pionir aplikasi investasi emas yang awalnya berdiri sebagai butik emas, hingga kemudian merambah ke situs website dan aplikasi digital. Aplikasi ini menyediakan layanan jual-beli, transfer, tarik fisik dan laku tukar emas. Lakuemas juga tidak menarik biaya tambahan untuk penyimpanan emas milik pelanggannya.

Pembelian emas di aplikasi Lakuemas bisa dimulai dengan harga Rp50.000 saja. Layanan yang menarik adalah layanan Laku Tukar, di mana tabungan emas yang dimiliki pengguna bisa ditukarkan di toko perhiasan yang bekerja sama dengan Lakuemas.

5. Tamasia

Tamasia merupakan aplikasi investasi emas yang menjamin 100% logam mulia emasnya berasal dari PT Aneka Tambang (Antam). Aplikasi Tamasia menyediakan layanan jual-beli, transfer dan cetak emas. Pembelian emas bisa dimulai dari harga termurah yakni Rp10.000 atau seberat 0,02 gram saja.

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya pemisahan saldo tabungan emas untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, pengguna ingin berinvestasi emas untuk tujuan pemenuhan biaya pernikahan dan biaya pendidikan pribadi. Aplikasi Tamasia bisa mewujudkan berbagai impian pengguna dengan fitur tersebut.

Baca Juga : Daftar 10 Tempat Jual Beli Emas Terpercaya

Aplikasi investasi emas

6. Go Investasi

Go Investasi merupakan salah satu layanan yang ditawarkan di aplikasi Gojek. Layanan Go Investasi ini telah mengantongi sertifikasi BAPPEBTI dan lisensi syariah Digital Gold dari Majelis Ulama Indonesia. 

Pembelian emas di layanan Go Investasi ini tergolong murah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Cukup membeli emas 0,01 gram dengan harga Rp8.464 saja, Anda sudah bisa mulai berinvestasi emas. Selain itu, pengguna bisa mencairkan emasnya menjadi saldo Gopay. 

7. Tokopedia Emas

Tokopedia emas merupakan salah satu layanan investasi emas yang ada dalam aplikasi e-commerce. Uniknya, layanan Tokopedia Emas bekerja sama dengan PT PG Berjangka untuk pengelolaan risiko transaksinya. Selain itu, layanan ini juga bekerja sama dengan Pegadaian untuk layanan tabungan emas.

Pada layanan Tokopedia Emas, emas bisa dibeli mulai dari Rp5.000 saja, serta bisa dicairkan dengan sistem Pegadaian. Karena pengoperasiannya di aplikasi Tokopedia, membuat user interfacenya nyaman dan tidak membingungkan investor awam. Serta tersedia grafik harga beli dan harga jual emas yang selalu update setiap hari. 

8. Tabungan Emas Shopee

Tabungan Emas Shopee merupakan layanan investasi emas di aplikasi e-commerce Shopee. Tabungan Emas Shopee menjamin layanan penyimpanan emas dengan aman, mudah dan terpercaya. Tak lupa juga, Shopee menyediakan layanan tukar emas secara fisik.

Layanan Tabungan Emas Shopee bekerja sama dengan Pegadaian, sehingga pengoperasian layanannya sejalan dengan sistem investasi emas di Pegadaian. Uniknya, Tabungan Emas Shopee memberikan harga mulai Rp500 untuk bisa mulai berinvestasi emas. Harga yang paling murah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. 

9. Dana eMAS 

Dana eMAS merupakan salah satu layanan yang tersedia di aplikasi e-wallet Dana. Dana eMAS memiliki layanan jual-beli, penyimpanan dan DANA Protection. Setiap transaksi di Dana eMAS tercatat di Kliring Berjangka Indonesia, sehingga terjamin keamanannya.

Dana Emas memiliki keunikan tersendiri, yakni memperbolehkan pengguna untuk mulai berinvestasi dengan emas seberat 0,0001 gram atau yang setara dengan harga Rp100 saja. Selain itu, layanan DANA Protection menjamin pengembalian uang 100% bila ada kendala saat transaksi. User interface aplikasi Dana juga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. 

10. BukaEmas

BukaEmas merupakan layanan investasi emas di aplikasi e-commerce Bukalapak. Layanan ini bekerja sama dengan Indogold dalam sistem investasinya. Salah satu fitur uniknya adalah saldo emas bisa dikonversikan ke dalam saldo reksa dana. Selain itu, harga emasnya sama dengan Dana Emas, yakni mulai dari Rp100 untuk emas seberat 0,0001 gram.

Baca Juga : Serba Serbi Emas Antam dan Tata Cara Jual Belinya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download