Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

30 Aug 2021 by Laruan

Sejak awal COVID-19, kita harus membuat perubahan besar dalam hal melakukan pekerjaan dan berinteraksi satu sama lain secara umum. Munculnya pembelajaran online adalah salah satu perubahan yang tidak dapat dihindarkan. Banyak orang telah mengambil kesempatan ini untuk mempelajari hal-hal baru dan mengambil keterampilan baru. Terdapat aplikasi edukasi dan situs web gratis yang menawarkan kegiatan pembelajaran online, yang dapat membantu menambah skill kita selama pandemi. 

Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

Kerja jarak jauh mungkin sesuatu yang baru bagi banyak orang, tetapi pembelajaran jarak jauh sebenarnya sudah ada sejak lama. Dengan cara yang sama anda melakukan panggilan video online melalui aplikasi desktop all-in-one untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja, sehingga anda dapat melakukan streaming langsung atau merekam kuliah dan seminar secara online. Banyak metode yang sekarang digunakan dalam dunia kerja telah lama digunakan untuk tujuan pembelajaran online.

Tetapi ada begitu banyak pilihan berbeda di luar sana dalam hal pembelajaran online, mungkin sulit untuk menentukan penyedia mana yang terbaik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi edukasi yang tentunya gratis untuk meningkatkan produktivitas anda selama “dirumah aja”.

Aplikasi edukasi gratis terbaik untuk Android

  1. Coursera 
Coursera, Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

Salah satu sumber belajar online paling populer di dunia yaitu Coursera yang memiliki ribuan kursus online dari penyedia pendidikan terkemuka. Pembelajaran dapat berasal dari universitas ternama seperti Stanford dan Princeton, serta perusahaan terkenal seperti IBM dan Google. Aplikasi edukasi ini menawarkan kursus gratis di sejumlah besar bidang studi dan pembelajaran yang berbeda.

Manfaat lain menggunakan situs ini adalah anda dapat menyelesaikan koleksi kursus yang saling berkaitan untuk benar-benar mempertajam pengetahuan Anda tentang topik tertentu. Coursera juga dapat diakses baik melalui situs web maupun aplikasi android. 

  1. Khan Academy
Khan Academy, Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

Misi Khan Academy adalah untuk “provide excellent free education to inquisitive minds around the world”. Khan Academy memberikan kuliahnya dalam bentuk video tutorial dan telah terbukti sangat populer di seluruh dunia. Jadi, jika anda ingin mengambil kursus baru dan mengembangkan skil, Khan Academy jelas merupakan tempat yang sangat bagus untuk dipilih.

Selain itu, Khan Academy menawarkan kursus yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk tes standar di berbagai kualifikasi, termasuk MCAT, SAT dan LSAT. Sama seperti Coursera, Khan Academy juga tersedia dalam bentuk web maupun aplikasi edukasi di android. Selain itu Khan Academy juga tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga pembelajaran akan berlangsung lebih mudah.

  1. edX
edX, Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

Bermitra dengan universitas terkenal di dunia, termasuk Harvard dan MIT, edX memiliki sekitar 2.500 program studi untuk dipilih. edX berfokus terutama pada bidang ilmu humaniora dan ilmu alam. Jadi jika anda ingin memperluas pemahaman tentang topik di bidang tersebut, edX adalah tempat yang bagus untuk memulai. Mulai dari bahasa dan ilmu komputer, merupakan beberapa mata pelajaran paling populer di edX, serta masih banyak kursus-kursus lainnya. 

Meskipun sebagian besar kursus edX gratis, ada beberapa kursus profesional yang akan dikenakan biaya tambahan, jadi pastikan anda tahu persis apa yang anda daftarkan sebelum melakukan apa pun. Aplikasi edukasi yang satu ini juga memberikan pilihan berbayar jika anda menginginkan sertifikat resmi setelah menyelesaikan kursus. Namun, jika sertifikat bukan prioritas, maka edX sudah cukup untuk meningkatkan produktivitas anda. 

  1. FutureLearn 
FutureLearn, Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

Dijalankan dengan konsep universitas terbuka, FutureLearn menawarkan berbagai kursus singkat secara gratis dalam berbagai mata pelajaran dan bidang ilmu yang berbeda. Kursus singkat tersedia gratis, dan anda dapat memperoleh sertifikat digital yang dapat dicetak setelah selesai yang akan dikenakan biaya tambahan. 

Terdapat total 14 bidang studi yang menawarkan berbagai kursus mulai dari kursus singkat hingga kursus yang lebih lama, tergantung pada seberapa dalam anda ingin memahami topik tersebut. Selain itu panjang kursus juga dapat disesuaikan dengan jadwal harian Anda.

Apa pun bidang yang anda sukai, FutureLearn menyediakan kursus dari berbagai bidang ilmu dan keahlian. FutureLearn memiliki kursus mulai dari perawatan kesehatan, sains, dan teknik hingga seni dan industri kreatif. FutureLearn juga menawarkan gelar online, meskipun ini dikenakan biaya kuliah. 

  1. OpenLearn
OpenLearn

Sama seperti FutureLearn, OpenLearn juga berbentuk oleh Universitas Terbuka. Keunggulan OpenLearn didedikasikan untuk hanya menawarkan kursus gratis. OpenLearn memiliki hampir 1.000 dari kursus, yang diklasifikasikan dalam tiga tingkat kesulitan dan kedalaman. Mulai dari kursus introduction, intermediate dan advanced. Pilihan tersebut memungkinkan anda untuk memilih kursus mana yang paling cocok untuk anda, tergantung pada tingkat pemahaman yang anda targetkan mengenai suatu bidang ilmu.

Beberapa kursus dapat dilakukan sesingkat 1-3 jam, sementara yang lain dapat memakan waktu hingga 24 jam secara total. Materi pelajaran cenderung terfokus pada pendidikan dan pembelajaran; terutama tahun-tahun awal dan pendidikan anak-anak. Jadi, jika anda ingin memperdalam kemampuan karir baru sebagai guru atau pengajar, OpenLearn bisa menjadi pilihan yang ideal.

  1. SoloLearn
SoloLearn

Perkembangan zaman meningkatkan kebutuhan kita akan teknologi. Sekarang banyak orang telah mengukir karir dalam bidang pemrograman, berharap untuk menjadi Bill Gates atau Mark Zuckerberg berikutnya. SoloLearn dengan motonya “The best way to learn to code” tentunya tempat yang tepat bagi anda yang ingin mengembangkan diri di bidang pemrograman. 

SoloLearn memberikan kursus bagi anda yang ingin mengasah keterampilan pemrograman. Apakah anda seorang pemula atau programmer berpengalaman yang ingin memperdalam keahlian anda, SoloLearn menawarkan banyak pilihan kursus yang mencakup bahasa pemrograman termasuk JavaScript, HTML, CSS, Python, Java, Swift, dan C++. Selain belajar melalui situs web, SoloLearn juga memberikan pengalaman belajar melalui aplikasi edukasi yang dapat di unduh pada smartphone anda. 

  1. Codecademy
Codecademy

Platform lain yang mendedikasikan dirinya untuk kursus coding adalah Codecademy. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan Codecademy adalah disediakannya tempat untuk melakukan praktik langsung, yang memungkinkan anda untuk mengerjakan dan berlatih coding sambil tetap dapat melihat materi kursus. Kursus dirancang agar dapat diakses dan dapat diikuti dengan mudah oleh siapa saja.

Seperti SoloLearn, Codecademy menawarkan kursus gratis yang mencakup berbagai bahasa pemrograman yang berbeda. Lebih dari 11 juta orang telah menyelesaikan kursus Codecademy sejauh ini, dan sebagian besar kursus ini dapat diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari 11 jam, sehingga anda dapat menyesuaikan waktu luang yang anda miliki. Anda juga dapat membayar biaya bulanan untuk akses ke paket premium di Codecademy. 

  1. Udemy
Udemy

Menawarkan lebih dari 130.000 pilihan video tutorial gratis, Udemy adalah salah satu aplikasi edukasi paling populer di luar sana. Di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang berbagai topik yang berbeda. Baik itu teknologi dan bisnis, penulisan kreatif, bahasa tubuh, atau bahkan yoga. Selain video pembelajaran gratis, Udemy juga memiliki tutor yang juga akan siap membantu Anda belajar.

Keuntungan lain menggunakan Udemy adalah memberi anda kesempatan untuk belajar dengan kecepatan yang sesuai untuk anda, sehingga walaupun anda memiliki kesibukan lain masih dapat menyesuaikan dengan jadwal pembelajaran. Anda dapat meminta bimbingan sesama siswa dan rekan di Udemy jika anda memiliki pertanyaan atau hal yang belum dipahami. Selain itu, Udemy juga tersedia dalam bahasa Indonesia.

Itulah beberapa aplikasi edukasi yang dapat anda akses melalui smartphone maupun langsung melalui situs web. Tidak ada lagi alasan bosan “dirumah aja” karena melalui aplikasi edukasi anda dapat meningkatkan produktivitas dan belajar skill-skill baru untuk sekedar mengisi waktu atau mengembangkan kemampuan anda. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload