Aplikasi Edukasi Gratis untuk Menambah Skill

09 Jan 2023 by Laruan, Last edit: 09 Jan 2023

Sejak 2020 ada berbagai inovasi yang muncul berkat pembatasan aktivitas akibat pandemi, salah satunya adalah aplikasi edukasi gratis. Aplikasi tersebut mampu memfasilitasi penggunanya menikmati pengalaman kursus secara online. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi edukasi yang menyediakan kursus gratis di dalamnya. 

aplikasi edukasi

Baca juga : Rekomendasi Platform Belajar, Bebas Biaya!

1. Coursera 

Coursera memiliki ribuan kursus online dari penyedia pendidikan terkemuka, seperti; Stanford dan Princeton, serta perusahaan terkenal seperti IBM dan Google. Ada banyak materi kursus yang tersedia di sini, baik secara gratis maupun berbayar. Situs inipun mudah diakses melalui smartphone, maupun komputer. 

2. Khan Academy

Khan Academy memberikan materi edukasinya dalam bentuk video tutorial dan telah terbukti sangat populer di seluruh dunia dan bisa menjadi pilihan tepat untuk mengembangkan kemampuan. Khan Academy menawarkan kursus yang dapat membantu persiapan tes standar di berbagai kualifikasi, termasuk MCAT, SAT dan LSAT. Sama seperti Coursera, Khan Academy juga tersedia dalam bentuk web maupun aplikasi edukasi di Android. Selain itu Khan Academy juga tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga pembelajaran akan berlangsung lebih mudah.

3. edX

Bermitra dengan universitas terkenal di dunia, termasuk Harvard dan MIT, edX memiliki sekitar 2.500 pilihan program studi. Selain kursus gratis, aplikasi edukasi yang satu ini juga memberikan pilihan kursus sertifikasi berbayar. Namun, jika sertifikat bukan prioritas, kursus gratis yang tersedia edX juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan skill tertentu. 

4. FutureLearn 

Dijalankan dengan konsep universitas terbuka, FutureLearn menawarkan berbagai kursus singkat secara gratis dalam berbagai mata pelajaran dan bidang ilmu. Terdapat total 14 bidang studi yang menawarkan berbagai kursus mulai dari kursus singkat hingga jangka panjang. FutureLearn juga menawarkan program gelar perkuliahan yang dapat diakses secara online dengan biaya yang kurang lebih setara dengan biaya perkuliahan pada umumnya. 

5. OpenLearn

OpenLearn memiliki hampir 1.000 dari kursus, yang diklasifikasikan dalam tiga tingkat kesulitan dan kedalaman. Mulai dari kursus introduction, intermediate dan advanced. Pilihan tersebut memungkinkan anda untuk memilih kursus mana yang paling cocok untuk anda, tergantung pada tingkat pemahaman yang anda targetkan mengenai suatu bidang ilmu.

Beberapa kursus dapat dilakukan sesingkat 1-3 jam, sementara yang lain dapat memakan waktu hingga 24 jam secara total. 

Brainly

6. SoloLearn

SoloLearn memberikan kursus bagi anda yang ingin mengasah keterampilan pemrograman. Bagi programmer pemula maupun calon programmer, SoloLearn menawarkan banyak pilihan kursus yang mencakup bahasa pemrograman termasuk JavaScript, HTML, CSS, Python, Java, Swift, dan C++. Selain belajar melalui situs web, SoloLearn juga memberikan pengalaman belajar melalui aplikasi edukasi yang dapat di unduh pada smartphone. 

7. Codecademy

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan Codecademy adalah kesempatan praktek langsung, yang memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan dan berlatih coding sambil tetap dapat melihat materi kursus. Kursus dirancang agar dapat diakses dan dapat diikuti dengan mudah oleh siapa saja.

Seperti SoloLearn, Codecademy menawarkan kursus gratis yang mencakup berbagai bahasa pemrograman yang berbeda. Lebih dari 11 juta orang telah menyelesaikan kursus Codecademy sejauh ini, dan sebagian besar kursus ini dapat diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari 11 jam. 

Baca juga: Mau Belajar Investasi? Ini Rekomendasinya

8. Udemy

Menawarkan lebih dari 130.000 pilihan video tutorial gratis, Udemy adalah salah satu aplikasi edukasi paling populer di luar sana. Di sini pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang berbagai topik yang berbeda, baik dalam teknologi dan bisnis, penulisan kreatif, bahasa tubuh, atau bahkan yoga. Selain video pembelajaran gratis, Udemy juga memiliki tutor yang juga akan siap membantu Anda belajar.

Keuntungan lain menggunakan Udemy adalah memberikan kebebasan kecepatan pembelajaran agar bisa disesuaikan dengan waktu pengguna. Pengguna juga dapat meminta bimbingan sesama siswa dan rekan di Udemy jika memiliki pertanyaan atau hal yang belum dipahami. Selain itu, Udemy juga tersedia dalam bahasa Indonesia.

9. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi edukasi gratis yang memfasilitasi penggunanya untuk belajar bahasa asing dalam berbagai kompetensi dasar, seperti; menulis, berbicara, mendengarkan, dan membaca. Terdapat lebih dari 50 bahasa tersedia dalam aplikasi ini untuk diakses secara gratis. Tertarik mencobanya? Yuk, download aplikasi Duolingo dari smartphone milikmu!

10. Brainly

Meskipun dikemas dalam bentuk aplikasi edukasi gratis, sebenarnya Brainly adalah sebuah forum untuk konten pendidikan. Umumnya, forum ini terkenal di kalangan pelajar untuk berdiskusi seputar materi maupun tugas rumah yang dirasa sulit untuk dipahami. Pengguna dapat mengakses Brainly melalui situs web dan aplikasi smartphone (Android dan iOS).

11. Google Classroom

Google Classroom merupakan aplikasi edukasi dalam bentuk platform integrasi pembelajaran online antara murid dan guru, yang berarti pengguna aplikasi ini terdiri dari tenaga pengajar dan pelajar. Google Classroom menyediakan layanan gratis dan berbayar. Dengan mengakses layanan berbayar, tenaga pengajar bisa mengintegrasikan proses pembelajaran online dengan lebih efisien, termasuk pada pemberian evaluasi materi serta penilaian. 

Baca juga: Inilah Tahapan Pendaftaran Sekolah Online, Berminat?

Itulah beberapa aplikasi edukasi yang dapat diakses melalui smartphone maupun langsung melalui situs web. Semoga membantu! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

09 Jan 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download