Apakah Kredit Pintar Penipu? Lihat Faktanya Di Sini!

02 Feb 2021 by Andro
di sini

Perkembangan zaman di era digital memudahkan orang untuk bertransaksi, termasuk aktivitas peminjaman dana tunai. Aplikasi pinjaman online yang terdapat di Google PlayStore sudah puluhan hingga ratusan jumlahnya. Sebagai generasi milenial yang melek teknologi, Kamu harus pintar-pintar memilah dan rajin mencari informasi terkait pinjaman dana tunai berbasis aplikasi android. Jangan sampai, tergiur dengan iming-iming aplikasi bodong yang ilegal.

Baru-baru ini, banyak oknum nakal yang memanfaatkan kemudahan pengajuan pinjaman online hanya dengan KTP. Hingga mengatasnamakan salah satu aplikasi pinjaman  yaitu Kredit Pintar. Akibatnya, banyak orang menjadi ragu untuk mengajukan pinjaman dana tunai di Kredit Pintar. Jadi, Apakah Kredit Pintar Penipu? Cari tahu jawabannya di artikel kali ini!

Kenali Ciri Pinjaman Online Penipuan

1.Penawaran produk terkesan memaksa

Penawaran diberikan melalui pesan singkat di akun sosial media. Apalagi yang disampaikan hanya kalimat persuasif tanpa penjelasan mendetail.

2.Syarat sangat mudah dan tidak masuk akal

Jika umumnya, aplikasi legal memberikan syarat minimal KTP, lain halnya dengan aplikasi bodong. Tidak ada syarat khusus, biasanya cukup nomor HP saja, dana sudah bisa dicairkan. Jika Kamu, mendapatkan tawaran seperti ini maka jangan tergiur sedikit pun.

3.Meminta uang muka

Jangan terburu-buru menerima penawaran pinjaman dana tunai jika mereka meminta uang muka. Sudah dipastikan mereka adalah pinjaman online abal-abal yang dapat melarikan uang muka tersebut.

4.Informasi aplikasi pinjaman online yang tidak valid

Sebelum mengajukan pinjaman dana tunai pada aplikasi online, pastikan terlebih dahulu kejelasan identitas perusahaan. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui alamat situs resmi, ataupun mengecek melalui Google Maps. dan pastikan alamat surel atas nama perusahaan.

5.Meminta informasi pribadi

Aplikasi bodong dan ilegal tidak akan segan-segan meminta informasi pribadi Kamu, seperti password dan pin ATM. pihak aplikasi legal tidak akan meminta data pribadi.

6.Bayar tagihan ke nomor rekening pribadi bukan perusahaan

Perusahaan fintech yang legal pasti memiliki sistem pembayaran yang sudah terintegrasi. Jika pembayaran ditujukan ke nomor rekening prbadi, artinya Kamu telah ditipu.

Mengenal Aplikasi “Kredit Pintar” Lebih Dekat

Aplikasi pinjaman tanpa agunan Kredit Pintar merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT. Kredit Pintar Indonesia. Kredit Pintar bukan sekadar wadah untuk melakukan pinjaman, tetapi juga aplikasi yang bertujuan membangun Indonesia menuju kesejahteraan finansial.

Untuk menentukan apakah aplikasi kredit pintar penipu atau tidak, kamu harus mengetahui beberapa faktanya dengan melihat review selama tahun 2019 – 2020. Berikut fakta tentang Kredit Pintar yang perlu Kamu ketahui :

  1. PT. Kredit Pintar Indonesia memiliki daftar peminjam aktif hingga 398 ribu, dengan total pinjaman sejak didirikan adalah Rp. 12 T.  Angka tersebut cukup fantastis bagi aplikasi yang baru didirikan sejak  2018 itu.                                                                              
  2. Per 22 Januari 2021, terdapat 148 aplikasi fintech P2P lending yang telah terdaftar secara resmi di OJK, salah satunya adalah Kredit Pintar.  Kredit Pintar resmi terdaftar di OJK  dengan nomor Kep-83/D.05/2019, dan telah mematuhi segala aturan keuangan yang ada di Indonesia.   Untuk lebih jelasnya, cek di sini.
  3. Pihak Kredit Pintar tidak pernah melakukan penagihan melalui sosial media. Penagihan pinjaman dilakukan melalui pesan singkat, telepon atau  WA.
  4. Pihak Kredit Pintar  tidak pernah menggunakan rekening pribadi   sebagai tujuan pembayaran pinjaman. Pembayaran resmi melalui virtual account, transfer ATM atau Alfa Group.
  5. Layanan call center yang dapat dihubungi secara aktif selama jam kerja. Jadi, untuk menyampaikan segala pertanyaan dan keluhan pelanggan Kamu bisa menghubungi nomor (021) 505 9888 2 .            
  6. Kredit pintar tidak pernah meminta nasabah untuk mengirimkan password atau kode verifikasi akun. Kode verifikasi yang dikirim melalui sms harus diinput dalam aplikasi.

Bagaimana Proses Pengajuan Pinjaman

Proses pengajuan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Kredit Pintar yang dapat diunduh gratis di Google PlayStore.    Langkah- langkah yang harus dilakukan calon nasabah sebelum mengajukan pinjaman adalah :

  1. Mengunduh aplikasi Kredit Pintar

Karena proses pengajuan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi, maka Kamu wajib mengunduhnya di PlayStore.  Pengajuan Kredit Pintar tidak dapat dilakukan lewat website. Oleh karena itu, calon peminjam  harus mempunyai smartphone berbasis android yang cukup memadai untuk menginstall aplikasi Kredit Pintar, mengambil foto selfie dan mengunggah KTP.  

Sesuai ketentuan OJK terbaru, Kredit Pintar akan mengakses data ke ponsel, namun hanya mengambil data kamera, lokasi dan memori saja.

  • Memilih limit pinjaman

Selanjutnya, Kamu harus memilih limit pinjaman sesuai kebutuhan. Kredit Pintar sudah menetapkan limit dan tenor pinjaman, antara lain :

  • Rp. 600.000 dengan tenor pinjaman selama 14 hari
  • Rp. 1.200.000 dengan tenor pinjaman selama 14 hari
  • Rp. 1.200.000 dengan tenor pinjaman selama 28 hari
  • Rp. 2.300.000 dengan tenor pinjaman 3 bulan

Kredit Pintar juga menetapkan bunga layanan dan jumlah dana yang harus dikembalikan. Kamu harus memilih salah satu sebelum melanjutkan proses pengajuan.

  • Pengisian data.

Kamu harus mem-foto KTP dan berfoto selfie sambil memegang KTP. Pastikan hasil jepretan tidak blur dan jelas, agar pengajuan tidak ditolak oleh sistem.

Pastikan juga dalam pengisian data pribadi, Kamu menuliskan alamat email dan nomor rekening yang benar. Nama yang tercantum di buku rekening haruslah nama yang sama persis dengan KTP, termasuk ejaan dan gelar. Jika ada sedikit saja perbedaan,pengajuan akan ditolak.

  • Pencairan Dana

Pengajuan pinjaman Kredit Pintar dilakukan 100% melalui aplikasi, tanpa tatap muka, jadi pastikan semua data yang dibutuhkan diunggah dengan benar. Sistem akan melakukan verifikasi data untuk menguji kelayakan kredit dalam waktu 1×24 jam.

Hasil pengajuan akan diinfokan melalui aplikasi, jika disetujui dana akan langsung dikirim ke nomor rekening terdaftar.

  • Pembayaran Pinjaman Kredit Pintar

Seperti yang diulas di atas, pembayaran dilakukan melalui bank menggunakan virtual account atau membayar melalui Alfa Group. Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda tergantung dengan limit dan tenor pinjaman. Semua sudah diinfokan di awal, sebelum proses pengajuan dimulai.

Apabila terjadi gagal bayar akan dikenakan denda keterlambatan yang dapat dilihat secara transparan di aplikasi Kredit Pintar.

Kredit Pintar Sebagai Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021

Kredit Pintar merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terbaik 2021, karena sudah terdaftar secara resmi di OJK. Di aplikasi kredit pintar selain terdapat logo OJK, juga terdapat logo AFPI.

Selain itu, website resmi Kredit pintar dapat diakses kapan saja dan di mana dengan infografis yang menarik.

Alamat Kantor Kredit Pintar

PT Kredit Pintar Indonesia

District 8 Treasury Tower lt 53 Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52-54 Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190

(021) 50598882

cs@kreditpintar.com

Baca Juga:

Belanja Apapun di Hari Raya Imlek 2021 dengan Pinjaman Online

mobile-closeKredit PintarDownload