9 Manfaat Bunga Rosella dan Cara Mengolahnya

28 Jun 2021 by Laruan
9 Manfaat Bunga Rosella dan Cara Mengolahnya

Bunga rosella (Hibiscus sabdariffa) atau juga dikenal dengan nama bunga kembang sepatu sangat populer di Indonesia karena memiliki banyak manfaat sehingga sering diseduh dan diminum sebagai teh herbal.

Jenis tanaman ini awalnya ditemukan di Afrika Barat dan memiliki spesies yang berbeda tergantung lokasi dan iklim tempat mereka tumbuh.

Tanaman rosella tumbuh di banyak negara, seperti Sudan, Meksiko, Jamaika, Brazil, Panama, hingga beberapa negara bagian Amerika Serikat dan Australia. 

Penelitian telah menemukan berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan minuman teh rosella, seperti menurunkan tekanan darah, melawan bakteri, bahkan membantu penurunan berat badan.

Apa manfaat bunga rosella untuk kesehatan?

Seperti tanaman herbal lainnya, bunga rosella mampu memberikan manfaat positif bagi yang sering dimanfaatkan dalam bentuk teh rosella. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sumber antioksidan

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan yang pertama adalah kaya dengan antioksida. Kandungan antioksidan pada kelopak bunga rosella empat kali lebih besar daripada antioksidan yang dimiliki oleh tanaman herbal seperti kumis kucing.

Zat lain dalam antioksidan seperti antosianin dan gossypetin memberikan perlindungan yang terjadi akibat penuaan seperti gejala diabetes, gejala penyakit jantung, hingga gejala kanker.

2. Pencegahan kanker

Hibiscus mengandung polifenol yang tinggi, yang merupakan zat yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker yang kuat.

Kandungan polifenol yang terdapat pada bunga rosella dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Kerusakan DNA sel dapat diatasi dengan manfaat bunga rosella, seperti pencegahan gejala kanker darah (leukemia).

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, bunga rosella dapat membantu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang kita ketahui, daya tahan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit.

Dengan mengkonsumsi rosella, sistem kekebalan tubuh kita meningkat secara bertahap. Konsumsilah teh rosella secara rutin di pagi hari.

4. Diet alami, manfaat bunga rosella dalam menurunkan berat badan

Bagi orang yang kelebihan berat badan dan ingin menurunkan berat badan, teh rosella adalah minuman diet yang sempurna.

Manfaat vitamin C dalam Rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan lemak dan kolesterol.

Konsumsi rosella di pagi dan malam hari sebelum tidur akan meningkatkan metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.

Ketika tubuh memiliki metabolisme yang baik, proses penurunan berat badan lebih mudah sehingga dapat memiliki berat badan ideal lebih cepat.

5. Menurunkan tekanan darah

Teh rosella bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah yang juga membantu orang dari masalah kolesterol.

Saat tekanan darah meningkat, secara keseluruhan metabolisme akan terganggu. Teh bunga rosella memiliki manfaat dalam mengontrol tekanan darah sehingga bekerja dengan baik untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

Ekstrak kelopak bunga rosella dapat menggantikan pemberian captopril pada penderita hipertensi. Di sebuah terapi teh rosella yang dikonsumsi selama 12 hari, terjadi penurunan tekanan darah sistolik mencapai 11,2%.

6. Dapat membantu melawan bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme bersel tunggal yang dapat menyebabkan berbagai infeksi, mulai dari bronkitis, pneumonia, hingga infeksi saluran kemih.

Selain memiliki sifat antioksidan dan antikanker, beberapa penelitian menemukan bahwa bunga rosella dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Faktanya, salah satu penelitian tabung menemukan bahwa ekstrak bunga rosella menghambat aktivitas E. coli, jenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti kram dan diare. 

Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa ekstrak tersebut melawan delapan jenis bakteri dan sama efektifnya dengan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

Namun, tidak ada penelitian pada manusia yang melihat efek antibakteri teh kembang sepatu, jadi masih belum jelas bagaimana hasil ini dapat diterjemahkan ke manusia.

7. Mengurangi rasa cemas

Bunga rosella juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan depresi. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terkandung dalam rosella.

Zat flavonoid dan vitamin membuat teh rosella cara dapat  mengurangi kecemasan dan depresi dengan membuat tubuh maupun pikiran lebih santai.

8. Melancarkan menstruasi, manfaat bunga rosella bagi wanita

Bunga rosella mempengaruhi estrogen yang berarti dapat memicu menstruasi. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, minum teh rosella dapat membantu melancarkan menstruasi atau haid, 

Selain itu, menyeduh secangkir teh rosella dapat membantu mengatasi kram

9. Memiliki rasa yang sedap dan mudah diolah

Selain manfaat kesehatan di atas, teh bunga rosella juga mudah disiapkan di rumah.

Cukup tambahkan bunga rosella kering ke teko dan tuangkan air mendidih di atasnya. Biarkan larut selama lima menit, lalu saring, maniskan jika perlu dan nikmati teh ini.

Cara Mengolah Bunga Rosella Menjadi Minuman Teh

Cara Mengolah Bunga Rosella Menjadi Minuman Teh

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dalam bunga rosella sebenarnya tidak begitu sulit. Kelopak bunga rosella bisa diolah menjadi teh yang menyehatkan.

Namun kesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan akan mempengaruhi efektifitas kandungan zat yang terkandung dalam bunga rosella.

Berikut adalah saran pengolahan bunga rosella menjadi teh herbal: 

  1. Untuk mendapatkan manfaat teh rosella, bunga yang sudah dipetik kemudian dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemisahan kelopak bunga dengan bijinya. Kemudian cuci dengan air bersih dan keringkan selama 3-5 hari.
  2. Peras kelopak bunga rosella, jika bisa menjadi bubuk berarti kadar air sudah mencapai 4-5%.
  3. Seduh 2-3 gram rosella dengan air panas sampai larut dan air berubah menjadi kemerahan.
  4. Tambahkan sedikit gula tapi untuk penderita diabetes gunakan gula rendah kalori. Teh rosella siap untuk dikonsumsi.

Bisa juga setelah dipisahkan dari bijinya, bunga rosella segar yang sudah dicuci bersih bisa langsung diseduh dengan air hangat.

Selain dibuat teh, Bunga Rosella juga bisa dibuat selai, rujak, hingga lauk makanan seperti untuk bubur. 

Teh rosella mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, B1 dan B2, kandungan kalsium yang lebih tinggi yaitu sekitar 486 mg / per 100 gr.

Teh rosella juga mengandung magnesium, Omega 3, Besi, kalium, beta karoten, asam asetat dan 18 jenis asam amino, termasuk lignin dan arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Dari berbagai kandungan zat yang dimiliki, zat yang paling menarik adalah zat flavonoid yang disebut gossypetine, hibiscetine dan sabdaretin, antioksidan yang cukup kuat untuk digunakan melawan radikal bebas yang merusak tubuh manusia.

Kesimpulan 

Bunga rosella dapat diseduh menjadi teh herbal yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, teh ini juga memiliki aroma dan rasa yang nikmat, cara mengolah pun tidak sulit. 

Sobat Pintar bisa membeli bunga rosella yang sudah kering di supermarket atau online. Beberapa juga tersedia dalam kantong teh yang siap saji. Tinggal diseduh dalam air panas, diangkat dan dinikmati. 

Inilah 9 manfaat yang baik untuk kesehatan dari meminum teh bunga rosella. Cara mengolah teh rosella juga mudah, bisa langsung coba.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload