8 Cara Menemukan Ide Bisnis Inovatif, Bisa Tahan Lama

24 Jun 2021 by Laruan
8 Cara Menemukan Ide Bisnis Inovatif, Bisa Tahan Lama

Saat ini kita disuguhi berbagai role model pemuda-pemudi yang sukses dengan merintis bisnisnya sendiri. Setelah melihat Ahmad Zaky, Adamas Belva, dan Rachel Vennya, banyak orang yang bercita-cita mendirikan start-up dan menjadi entrepreneur. Akan tetapi start-up merupakan istilah yang sangat luas. Bisnis seperti apa yang ingin Sobat Pintar buat? Apakah yang berhubungan dengan IT? Atau Sobat Pintar ingin menjual jasa? Jasa apa yang ingin Sobat Pintar tawarkan? Asuransi? Kredit? Atau Sobat Pintar ingin membuka usaha kuliner? Lantas bagaimana cara menemukan ide bisnis yang sesuai untuk Sobat Pintar?

1. Amati Kebutuhan Orang-Orang

Saat membuka bisnis, Sobat Pintar menjual sesuatu kepada orang lain. Maka dari itu jika Sobat Pintar ingin menemukan ide bisnis yang sukses, cara menemukan ide bisnis yang terbaik adalah dengan mengamati kebutuhan orang lain yang akan menjadi calon pelanggan Sobat Pintar.

Walau harus fokus pada kebutuhan orang lain, Sobat Pintar juga dapat mulai dari mengamati masalah yang Sobat Pintar sendiri alami. Hal ini karena kemungkinan besar masalah yang Sobat Pintar alami juga dialami banyak orang. Maka perhatikan sisa-sisa makanan yang dibuang dari dapur rumah, padahal banyak orang yang kelaparan, atau rasa frustasi yang Sobat Pintar alami saat koneksi internet lambat. Masalah-masalah kecil seperti ini dapat Sobat Pintar kembangkan menjadi suatu ide usaha.

Kemudian perhatikan sekitar Sobat Pintar. Amati warung yang berada di sebelah rumah Sobat Pintar, mengapa produknya banyak yang tak laku sampai berdebu? Mengapa makanan yang banyak peminatnya malah tidak di-restock?

2. Lakukan Wawancara

Selain mengamati, akan sangat baik jika Sobat Pintar juga mencari lebih banyak lagi informasi dengan bertanya. Hanya dengan bertanya Sobat Pintar bisa mendapatkan informasi lebih mendetail yang tidak dapat didapatkan hanya dengan mengamati. Dari wawancara dengan pemilik warung, Sobat Pintar akan tahu bahwa ternyata warung tidak bisa memilih barang apa yang mereka jual dan hanya menerima apa yang diberikan oleh agen. Inilah yang membuat mereka terkadang malah me-restock barang yang sebenarnya kurang laku. Kumpulkanlah permasalahan-permasalahan itu. Masalah yang terlihat kecil dan sepele pun bisa menjadi sasaran ide bisnis Sobat Pintar.

3. Membaca

Cara menemukan ide bisnis yang lain adalah dengan rajin membaca. Membaca merupakan jendela yang menghubungkan Sobat Pintar dengan pengetahuan. Semakin banyak Sobat Pintar membaca tentang berbagai topik, ide-ide akan muncul dengan sendirinya dari otak Sobat Pintar.

Selain itu dengan membaca Sobat Pintar juga dapat belajar dari pengalaman orang lain. Pelajari dasar-dasar dari ide bisnis yang sukses, serta bagaimana merealisasikannya. Di sisi sebaliknya, mempelajari apa yang membuat ide-ide lain gagal juga sangat penting supaya Sobat Pintar tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan orang lain. Rajin membaca juga akan membantu mengasah kemampuan analisis Sobat Pintar, yang akan sangat berguna dalam mengembangkan ide bisnis Sobat Pintar nantinya.

4. Ide Bisnis berdasarkan Kebutuhan Dasar Manusia

Ada juga beberapa “masalah” yang pasti ada dalam masyarakat, yaitu kebutuhan dasar manusia. Setiap daerah pasti membutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal, uang, koneksi internet, agen pengiriman, dan sebagainya. Bisa dibilang ada beberapa bidang usaha yang pasti dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat, dan Sobat Pintar dapat mendirikan bisnis dalam bidang-bidang itu.

5. Analisis Solusi Berdasarkan Karakteristik Masyarakat

Setelah mengetahui permasalahan dalam masyarakat, pikirkanlah dengan kritis. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah itu?

Amati permasalahan dari segala bidang. Sobat Pintar tidak bisa memandang permasalahan tersebut hanya menggunakan kacamata bidang keahlian Sobat Pintar. Penting untuk melakukan analisis yang menyeluruh terhadap ide bisnis Sobat Pintar.  Sobat Pintar bisa mencari informasi dari internet, jurnal-jurnal penelitian, dan juga diskusi dengan ahli. Selanjutnya, generasikanlah solusi yang dapat Sobat Pintar tawarkan kepada masyarakat.

Jangan pernah berpikir bahwa ide Sobat Pintar terlalu muluk. Dengan teknologi yang ada sekarang dan yang akan terus berkembang, hal-hal yang terlihat tidak mungkin bisa diwujudkan dengan mudah. Apalagi pada masa Industri 4.0, dengan menggunakan Artificial Intelligence, Internet of Things, Big Data, dan beragam teknologi lainnya, Sobat Pintar dapat mendirikan start-up yang menjawab problema masyarakat.

Sementara itu, untuk bisnis yang didasarkan atas kebutuhan dasar manusia tadi, Sobat Pintar juga tetap harus berpikir kritis. Dalam hal ini, Sobat Pintar tetap harus mengamati masyarakat sekitar, cari tahu karakteristik masyarakat dan buatlah agar bisnis Sobat Pintar memiliki keunggulan dibanding bisnis lain dalam bidang yang sama.

Jika Sobat Pintar ingin membuka warung nasi goreng, kira-kira apa yang bisa membuat warung lebih diminati dibandingkan nasi goreng lainnya? Tentunya yang pertama adalah dalam hal rasa, tapi terkadang nasi goreng satu dengan yang lainnya rasanya tidak berbeda jauh dan semuanya enak-enak saja, jadi memiliki keunggulan lain akan lebih menguntungkan. Misalkan Sobat Pintar membuka usaha di daerah dekat kampus, Sobat Pintar dapat membuka warung 24 jam karena mahasiswa banyak yang suka nongkrong sampai subuh untuk mengerjakan tugas. Selain itu Sobat Pintar dapat menyediakan meja-meja lesehan yang nyaman untuk duduk berjam-jam. 

Teruslah analisis dan berpikirlah kritis mencari cara untuk terus-menerus mengembangkan ide bisnis Sobat Pintar.

6. Menyesuaikan dengan Minat dan Kualifikasi Sobat Pintar

Terkadang seseorang menemukan ide bisnis yang bagus, tetapi saat merealisasikannya mengalami hambatan karena idenya kurang sesuai dengan minatnya sendiri. Pada dasarnya manusia bekerja lebih baik bila pekerjaan itu menarik baginya, maka dari itu membuka bisnis yang sejalan dengan minat Sobat Pintar sendiri akan membantu memudahkan dalam pengembangan ide.

7. Menemukan Partner yang Tepat untuk Bekerja Sama

Walau begitu, bukan berarti Sobat Pintar tidak bisa membangun usaha yang tidak sesuai dengan minat dan kualifikasi Sobat Pintar. Sebenarnya malah hampir mustahil Sobat Pintar akan mampu untuk menjalankan semua bagian dari bisnis Sobat Pintar. Maka dari itu, saat menemukan bagian dari ide bisnis yang kurang sesuai dengan keilmuan Sobat Pintar, yang harus Sobat Pintar lakukan hanyalah menyerahkan pekerjaan itu kepada orang lain. 

Dan memang kemungkinan besar, dalam merintis bisnis Sobat Pintar akan butuh untuk bekerja sama dengan pihak lain. Mulai dari vendor, penjual bahan, sampai programmer dan developer web. Partner-partner ini akan mengambil peran yang sangat besar dalam pembangunan bisnis Sobat Pintar, maka dari itu penting untuk bekerja sama dengan pihak yang tepat.

Sejak awal saat Sobat Pintar baru dalam tahap pengembangan ide bisnis, Sobat Pintar bisa langsung mulai mencari partner kerja sama. Dengan begitu Sobat Pintar akan memiliki seseorang untuk berdiskusi dan saling bertukar pandangan untuk mengembangkan ide bisnis yang ingin Sobat Pintar bangun.

8. Mengestimasi dan Mencari Modal Usaha

Sobat Pintar sudah memahami cara menemukan ide bisnis dan Sobat Pintar sudah merumuskan bisnis seperti apa yang Sobat Pintar ingin buat. Saat masih dalam tahap mengembangkan ide, Sobat Pintar sudah harus mengetahui estimasi berapa banyak modal awal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis Sobat Pintar.

Modal yang diperlukan untuk mendirikan sebuah bisnis tidaklah sedikit. Jika Sobat Pintar ingin membuka warung makan, Sobat Pintar harus membeli bahan dan menyewa tempat, belum lagi membeli perabot yang sesuai serta mendekorasi tempatnya. Terutama bila Sobat Pintar ingin mendirikan start-up berbasis IT, Sobat Pintar harus membayar developer dan jasa iklan untuk mempromosikan jasa Sobat Pintar supaya dikenal masyarakat. Maka penting untuk mengestimasi modal sejak awal, supaya Sobat Pintar tahu apakah Sobat Pintar dapat menjalankan ide bisnis yang sudah Sobat Pintar kaji.

Kredit Pintar dapat menjadi solusi untuk Sobat Pintar yang ingin mendirikan bisnis. Dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar dapat melakukan pinjaman modal untuk memulai bisnis Sobat Pintar. Kredit Pintar menawarkan jasa pinjaman instan dengan bunga yang rendah sehingga cocok sebagai sumber pinjaman modal usaha. Tunggu apa lagi? Wujudkan bisnis impianmu!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jun 2021
mobile-closeKredit PintarDownload